Ini Dia Beragam Manfaat Menari untuk Tumbuh Kembang Anak

15 November 2017

Menari adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Tidak hanya orang tua, anak-anak juga banyak yang senang melakukan aktivitas ini. Apakah si kecil termasuk salah satunya? Jika iya, Anda bisa memasukkannya ke dalam kelas tari karena manfaat menari sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Proses tumbuh kembang si kecil yang semakin pesat membuat mereka aktif bergerak dan mempelajari berbagai hal di sekitarnya. Untuk itulah, peran orang tua di sini sangat penting untuk memastikan pertumbuhannya berjalan dengan baik. Menari adalah kegiatan yang cukup efektif dan memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengembangkan kemampuan motorik anak. Selain itu, ada juga beragam manfaat menari lainnya untuk tumbuh kembang anak. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

Memperkuat daya ingat

Memperkuat daya ingat

Memperkuat daya ingat

Kegiatan menari ternyata dapat melatih anak Anda dalam mengoordinasikan antara gerak tubuh dan pikiran. Selain itu, menghafal gerakan dalam sebuah tarian juga melatih memori anak secara otomatis. Jadi secara tidak langsung, aktivitas menari dapat membantu memperkuat daya ingat si kecil.

Menumbuhkan rasa percaya diri

Menumbuhkan rasa percaya diri

Menumbuhkan rasa percaya diri

Manfaat menari lainnya adalah menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Dengan terbiasa menari atau tampil di hadapan publik, si kecil akan lebih percaya diri dibandingkan anak lainnya.

 Melatih otot

Melatih otot

Melatih otot

Gerakan-gerakan dalam menari memerlukan kekuatan otot tubuh yang baik. Jadi, dengan rutin menari, otot sang buah hati akan terlatih menjadi lebih kuat. Selain itu, latihan menari juga dapat membuat tubuh anak lebih bugar dan lentur.

 Meningkatkan kesehatan fisik

Meningkatkan kesehatan fisik

Meningkatkan kesehatan fisik

Menari adalah salah satu bentuk latihan aerobik sehingga manfaatnya sangat besar pada fisik si kecil. Bagi si kecil yang memiliki berat badan berlebih, latihan menari akan membantu menurunkannya. Sementara itu, kegiatan menari yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik si kecil lho!

 Meningkatkan kreativitas

Meningkatkan kreativitas

Meningkatkan kreativitas

Aktivitas menari dapat memicu kreativitas anak serta mengembangkan apresiasi seninya. Latihan menari secara rutin akan membantu mengasah keterampilan sang buah hati dalam menguasai gerakan, panggung, serta menghadapi penonton saat tampil. Menurut Family Talk Magazine, anak-anak yang aktif dalam kelas tari cenderung memiliki nilai yang tinggi dalam pelajaran Sains dan Matematika.

Mengembangkan kemampuan bersosialisasi

Mengembangkan kemampuan bersosialisasi

Mengembangkan kemampuan bersosialisasi

Dalam menari, anak tidak akan belajar sendirian. Ada banyak teman, mulai dari yang berusia lebih muda, sebaya, hingga lebih tua darinya. Hal tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan sosial si kecil. Jika anak Anda termasuk pribadi yang pemalu, kelas tari dapat membantu mengatasi sifat tersebut sehingga kemampuan bersosialisasinya lebih baik.

 Melatih kemampuan emosi

Melatih kemampuan emosi

Melatih kemampuan emosi

Seni selalu memiliki ikatan emosi yang kuat dengan seseorang. Tanpa emosi, suatu karya seni akan terasa hambar. Memasukkan anak Anda dalam kelas menari ternyata bermanfaat untuk melatih kemampuan emosinya. Dalam setiap gerakan tari, pasti ada emosi dan pesan di baliknya. Dari sinilah, anak Anda dapat mempelajari berbagai jenis emosi di dalam kehidupan. Selain itu, manfaat menari juga dapat membantu mengontrol emosi si kecil lho.

Itu dia beragam manfaat menari yang baik untuk tumbuh kembang anak. Nah, mulai sekarang tidak ada salahnya mempertimbangkan kelas tari untuk membantu tumbuh kembang anak.

Sebagai orang tua, Anda harus selalu memberikan dukungan penuh kepada si kecil agar dia bisa melakukan kegiatannya dengan semangat. Selain itu, hindarilah untuk memaksanya karena hanya akan memberikan kesan buruk pada si kecil. Sebaliknya, berikan pengertian bahwa menari adalah kegiatan yang baik dan sangat bermaanfaat untuknya.

 

Leave a reply
6 Cara Mudah Mengajari Anak Mengikat Tali Sepatu Sendiri5 Makanan Berserat yang Baik untuk Pencernaan Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!