6 Cara Mudah Mengajari Anak Mengikat Tali Sepatu Sendiri

14 November 2017

Saat menginjak usia 4 tahun, rasa ingin tahu si kecil pasti akan semakin meningkat. Ia akan menyentuh apa saja yang terlihat asing, juga menirukan semua hal yang terasa baru dan menarik baginya. Bunda bisa memanfaatkan keingintahuan ini dengan melatih dan mengajari anak mengikat tali sepatu.

Memang, melatih si kecil agar mahir mengikat tali sepatunya sendiri bukan pekerjaan yang mudah. Bunda dan Ayah harus sabar dalam mengajari bagaimana membuat simpul yang mudah untuk diingat dan ditirukan. Pastinya akan lebih mudah jika Bunda membelikan si kecil sepatu tanpa tali saja. Akan tetapi, hal ini justru akan membuat si kecil kesulitan jika harus mengikat sesuatu nantinya. Supaya lebih mudah saat mengajari anak mengikat tali sepatu sendiri, Bunda bisa melakukan cara berikut:

Duduklah di Samping Si Kecil

Duduk Samping Sikecil - assets.kompas.com

Duduk Samping Sikecil – assets.kompas.com

Supaya si kecil tidak kesulitan ketika menirukan Bunda yang sedang mengikat tali sepatu, sebaiknya ajak si kecil duduk di samping Bunda. Jika si kecil duduk di depan Bunda, ia akan memiliki daya tangkap yang berbeda untuk posisi kanan dan kiri. Hal ini justru akan membuatnya kebingungan.

Mulailah dengan Mengajarkan Cara Memegang Tali Sepatu yang Benar

Memegang Tali Sepatu - womens-advisor.com

Memegang Tali Sepatu – womens-advisor.com

Sebelum mulai mengajari anak mengikat tali sepatu sendiri, sebaiknya Bunda mengawali dengan bagaimana mengajari si kecil memegang tali sepatu dengan benar. Beritahu mana tali sebelah kanan dan kiri dan bagaimana membuat kedua tali menjadi sama panjang. Ilmu dasar ini sangat penting untuk si kecil.

 Ajarkan Metode “Kuping Kelinci”

Kuping Kelinci - anakvidoran.com

Kuping Kelinci – anakvidoran.com

Si kecil pasti akan kesulitan saat mengikat tali sepatunya pertama kali. Supaya lebih mudah, Bunda bisa menggunakan istilah lucu, seperti simpul “kuping kelinci”. Simpul ini merupakan jenis simpul paling mudah dan sederhana yang bisa Bunda ajarkan pada si kecil.

Mengajari anak mengikat tali sepatu sendiri dengan metode ini diawali dengan memegang kedua ujung tali yang sama panjangnya. Kemudian, Bunda bisa mulai mengaitkan kedua tali hingga menyilang. Lalu, ajarkan si kecil bagaimana membuat lengkungan yang mirip dengan telinga kelinci pada masing-masing tali. Setelah si kecil berhasil membuatnya, ajari ia mengaitkan ujung kedua telinga kelinci tadi, dan bagaimana cara mengeratkan ikatannya agar tidak mudah lepas.

Gunakan Lagu atau Cerita

Gunakan Lagu atau Cerita - i2.wp.com

Gunakan Lagu atau Cerita – i2.wp.com

Jika si kecil merasa kesulitan ketika mendengarkan penjelasan Bunda, artinya Bunda perlu mencari cara yang bisa membuat si kecil mudah mengerti. Bunda bisa membuat lagu sederhana atau cerita yang menarik ketik mengajari si kecil berlatih. Lagu disinyalir akan menstimulus daya ingat si kecil lebih baik karena adanya perbedaan tinggi rendahnya suara. Pasti si kecil akan menjadi lebih mudah mengingat cara-cara yang Bunda ajarkan.

 Biarkan Anak Berkreasi

Biarkan Anak Berkreasi - i.pinimg.com

Biarkan Anak Berkreasi – i.pinimg.com

Saat belajar, bukan tidak mungkin si kecil akan menemukan cara mengikat tali sepatu yang menurutnya lebih mudah dilakukan atau diingat. Biarkan ia berkreasi ya Bunda, karena tidak ada yang salah ataupun benar dalam membuat simpul. Bunda hanya perlu mendampinginya setiap kali si kecil berlatih dan memberinya semangat agar si kecil semakin giat berlatih.

Berlatihlah Setiap Hari

Berlatih Setiap Hari - 4.bp.blogspot.com

Berlatih Setiap Hari – 4.bp.blogspot.com

Tidak hanya sekali, tapi Bunda harus mengajari anak mengikat tali sepatu sendiri setiap hari. Jika si kecil masih kesulitan untuk mengikat tali sepatunya, Bunda bisa mencoba mengajarinya dengan menggunakan pita. Mungkin, pita yang berwarna-warni akan membuat si kecil lebih mudah dalam mengingat setiap gerakan membuat simpul yang Bunda ajarkan. Selamat mencoba!

Leave a reply
Ini Dia Pentingnya Mengajari Anak Berdoa Sejak DiniIni Dia Beragam Manfaat Menari untuk Tumbuh Kembang Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!