Belajar Membaca Sambil Bernyanyi Bersama

25 November 2016

Bagi anak-anak, terutama anak TK, mempelajari sesuatu yang menurut mereka tidak menyenangkan akan dilakukan dengan setengah hati. Fokus mereka dalam belajar pasti akan terbagi dengan hal-hal lainnya seperti bermain dan menonton TV. Dalam belajar membaca misalnya, jika anak-anak dipaksa untuk terus-menerus belajar mengeja huruf, yang padahal bukan kegiatan favoritnya, mereka bisa jadi jenuh dan semakin malas belajar.

Dibutuhkan trik khusus ketika ingin mengajarkan membaca kepada anak-anak usia lima tahun ke bawah. Trik ini diperlukan agar mereka tetap fokus belajar dan perhatian mereka tidak teralihkan dengan hal lainnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak mereka untuk belajar membaca sambil bernyanyi. Ini agar anak-anak bisa merasa nyaman dan senang dalam kegiatan belajar tersebut. Dengan bernyanyi, secara tidak langsung anak-anak tidak akan merasa sedang belajar, tapi sedang bersenang-senang.

Mengenal Huruf dengan Lagu

Mengenal Huruf dengan Lagu

Mengenal Huruf dengan Lagu

Mengajarkan anak untuk belajar membaca sambil bernyanyi merupakan cara yang mudah dan bisa diterapkan baik di sekolah maupun di rumah. Ajak anak-anak untuk menyanyikan lagu alfabet bersama-sama agar mereka lebih mudah menghafalkannya. Setelah mereka hafal dan ingat bentuk-bentuk huruf alfabet, ajak mereka untuk menyanyikan rangkaian kata yang tersusun dari huruf vokal atau konsonan. Rangkaian kata yang dibentuk haruslah berbeda dengan masing-masing kata yang lain. Dengan menerapkan metode seperti ini, anak-anak yang sebelumnya malas untuk belajar diharapkan menjadi lebih tertarik.

Kenapa Musik Baik untuk Membantu Anak Belajar?

Kenapa Musik Baik untuk Membantu Anak Belajar?

Kenapa Musik Baik untuk Membantu Anak Belajar?

Musik memang dapat menjadi sarana yang baik untuk membantu anak-anak dalam belajar sesuatu. Apalagi bagi anak-anak TK, kegiatan menyanyi merupakan salah satu kegiatan yang paling mereka sukai. Musik yang santai dan enak didengarkan serta lirik yang mudah dihafal menjadi faktor penting supaya lagu itu dapat dengan mudah dinyanyikan oleh anak-anak. Dengan begitu, tanpa memaksa mereka untuk belajar membaca, dengan sendirinya mereka sudah belajar lewat lagu-lagu yang dinyanyikannya.

Ada beberapa bagian yang dapat difungsikan dengan baik lewat kegiatan ini, seperti:

  1. Relaksasi, yang membuat anak-anak menjadi santai ketika belajar.
  2. Atensi, yang membuat anak-anak menjadi lebih fokus dan memperhatikan materi.
  3. Memori, yang bisa ditingkatkan lewat kegiatan belajar seperti ini dibandingkan dengan kegiatan belajar konvensional.
  4. Retensi, yang membuat anak-anak mengulang materi yang diterima dengan sendirinya.
  5. Kognisi, yang membuat anak-anak memperoleh pengetahuan lewat kegiatan yang dilakukannya.
  6. Motivasi, yang mendorong anak-anak untuk belajar lebih giat lagi, dan
  7. Komunikasi, yang membuat anak-anak berlatih kekuatan vokal, ekspresi, dan berbicara efektif.

Belajar Sambil Bernyanyi di Rumah dan Sekolah

Belajar Sambil Bernyanyi di Rumah dan Sekolah

Belajar Sambil Bernyanyi di Rumah dan Sekolah

Kegiatan ini juga sebaiknya jangan hanya dilakukan di sekolah saja, tapi juga rutin dilakukan ketika di rumah. Ketika anak menyukai sebuah lagu, dia pasti akan menyanyikannya berulang-ulang, di mana pun dan kapan pun. Maka dari itu, kita sebagai orang tua juga wajib mendukung mereka ketika mulai bernyanyi. Bernyanyilah bersama agar mereka merasa mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekatnya. Sesekali biarkan mereka bernyanyi sendiri di depan orang lain untuk melatih kepercayaan dirinya.

Biarkan Anak Berekspresi dengan Gerakan

Biarkan Anak Berekspresi dengan Gerakan

Biarkan Anak Berekspresi dengan Gerakan

Anak-anak juga biasanya tidak mau diam. Mereka terbiasa bergerak ke sana ke mari. Mereka juga sering terlalu ekspresif dalam menyampaikan berbagai macam hal. Ini juga terjadi ketika mereka bernyanyi. Tanpa sadar, mereka juga menggerakkan seluruh anggota badannya. Agar kegiatan belajar semakin menarik lagi, kita juga bisa memasukkan sedikit gerakan-gerakan kecil ketika bernyanyi.

Tidak hanya bernyanyi, anak-anak juga akan menari mengikuti musik yang diputar. Gerakan yang dilakukan juga bukanlah gerakan yang sulit, cukup gerakan sederhana saja. Misalnya, bernyanyi lagu ABC sambil menirukan bentuk huruf-huruf atau bernyanyi lagu menanam jagung sambil menirukan gerakan mencangkul. Dengan dikombinasikan dengan sedikit gerakan tersebut, anak-anak diharapkan menjadi lebih mudah menghafalkan huruf dan belajar mengeja kata.

Selain belajar membaca, belajar menulis dan menghitung pun dapat dilakukan sambil bernyanyi. Mulai sekarang, sebaiknya ajak anak-anak untuk mendengarkan lagu-lagu yang sesuai dengan usia mereka. Lebih baik lagi jika lagu yang didengarkan bisa membantu dalam kegiatan belajar mereka.

Leave a reply
Tingkatkan Kreativitas Anak dengan Melatih Otak KanannyaCara yang Tepat Mengajar Anak TK
All comments (3)
  • Online Music Arranger
    30 June 2017 at 21:39

    Terimakasih gan... sangat membantu sekali.

    Reply
  • Aman
    24 July 2018 at 16:59

    Gimana cara memberikan pembelajaran pada anak yang baru masuk sd agar anak lebih cepat memahamj

    Reply
  • Aman
    24 July 2018 at 16:59

    Gimana cara memberikan pembelajaran pada anak yang baru masuk sd agar anak lebih cepat memahamj

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!