Cara yang Tepat Mengajar Anak TK

26 November 2016

Mengajar anak TK bagi sebagian guru merupakan hal yang mudah, tapi ada pula yang beranggapan jika mengajar anak TK memiliki tantangan tersendiri. Mudah atau susah, semuanya tergantung dari cara mereka dalam mengajar. Cara mengajar anak TK memang membutuhkan trik-trik khusus. Di usia mereka yang masih dipenuhi dengan kegiatan bermain, belajar bisa jadi kegiatan yang sangat menjemukan bagi mereka. Oleh karena itu, agar anak-anak TK tertarik dalam belajar, guru perlu menyampaikan materi dengan cara yang menyenangkan.

Belajar sambil Bermain

Belajar Sambil Bermain

Belajar Sambil Bermain

Dalam mengajar anak TK, guru sesekali dapat menggunakan metode bermain sambil belajar untuk menarik perhatian anak-anak didiknya. Walaupun diisi dengan berbagai macam permainan, kegiatan tersebut harus tetap dapat mengembangkan kemampuan kognitif, psikomotorik, dan juga afektif. Seorang guru juga harus mampu memberikan pengetahuan yang berkualitas dengan cara yang mudah dimengerti. Di usia emasnya ini, semua informasi yang anak dapatkan akan terus melekat hingga dia dewasa.

Mengenali Anak-Anak

Mengenali Anak-Anak

Mengenali Anak-Anak

Sebelum mengajar, guru harus melakukan pendekatan yang baik dulu kepada anak-anak didiknya. Dengan pendekatan yang baik, anak-anak akan menjadi nyaman ketika belajar dengan guru. Buat anak-anak supaya menganggap gurunya sebagai teman, bukannya ancaman. Dengan begitu, anak-anak tidak menganggap sosok guru sebagai sosok yang menyeramkan. Jangan sampai perasaan negatif juga ikut terbawa ketika mengajar.

Lantas bagaimana cara mengajar anak TK yang baik dan benar? Berikut sedikit ulasannya.

Mengajarkan Pendidikan Budi Pekerti

Mengajarkan Pendidikan Budi Pekerti

Mengajarkan Pendidikan Budi Pekerti

Seperti sudah disebutkan di atas, kemampuan anak untuk menyerap informasi di usia emasnya ini sangatlah kuat. Pendidikan budi pekerti yang mencakup norma dan nilai-nilai sosial sejak dini akan terus tertanam di ingatan anak hingga dia dewasa. Ajarkan kepada mereka tentang pentingnya membantu orang lain, tenggang rasa, menghormati orang yang lebih tua, menyayangi sesama, dan lain sebagainya.

Belajar sambil Bernyanyi

Belajar sambil Bernyanyi

Belajar sambil Bernyanyi

Menggabungkan musik dengan kegiatan belajar memang pas. Anak-anak TK pasti langsung bersemangat jika diajak bernyanyi. Guru bisa mengajarkan membaca, berhitung, dan menghafal sambil bernyanyi bersama-sama. Musik dipakai sebagai salah satu bahan ajar yang efektif karena dengan musik, daya ingat anak juga dapat meningkat.

 Membuat Kelompok

 Membuat Kelompok

Membuat Kelompok

Hal ini bukan dimaksudkan untuk mengotak-kotakkan mereka, tapi untuk melatih kerja sama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Dengan bekerja di dalam kelompok, anak-anak akan belajar untuk lebih pengertian dan tidak egois.

Melatih Kreativitas dan Bakat

Melatih Kreativitas dan Bakat

Melatih Kreativitas dan Bakat

Sejak usia TK, bakat anak-anak sudah mulai terlihat. Hal ini juga sebaiknya menjadi perhatian guru ketika mengajar. Kembangkan potensi-potensi yang ada pada diri anak didik agar dapat maksimal. Asah kreativitas anak didik melalui berbagai macam aktivitas seperti menggambar, berdeklamasi, bermain drama, dan lain-lainnya. Perlu diingat, bakat setiap anak berbeda-beda. Oleh karena itu, guru perlu menemukan cara yang tepat untuk mengasah bakat tersebut.

Bebaskan Mereka dalam Bermain

Bebaskan Mereka dalam Bermain

Bebaskan Mereka dalam Bermain

Tidak perlu terlalu mengekang para anak didik untuk terus belajar di dalam kelas. Sesekali biarkan mereka bebas bermain-main dengan semua permainan yang disediakan di sekolah. Dengan bebas bermain, anak-anak akan menjadi lebih santai ketika kembali menerima pelajaran. Sebagian pelajaran juga bisa disampaikan dengan permainan. Walaupun bermain sambil belajar, materinya sudah jelas terstruktur dan mengikuti kurikulum yang berlaku, sehingga target pembelajaran pun akan tercapai.

Waktu istirahat dan bermain sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Ini akan membuat suasana hati mereka lebih ceria dan lebih fokus ketika menyimak pelajaran yang disampaikan oleh guru. Guru hanya perlu mengawasi anak-anak didiknya ketika beristirahat dan bermain. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kira-kira seperti itulah cara mengajar anak TK dengan baik dan benar. Didik anak-anak agar tumbuh menjadi pribadi yang berhati mulia, cerdas, dan dapat membanggakan orang lain di sekitarnya, termasuk guru-gurunya.

Leave a reply
Belajar Membaca Sambil Bernyanyi BersamaBermain juga Bagian dari Belajar

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!