5 Tips Agar Anak Kembali Semangat Bersekolah Usai Nikmati Liburan Panjang

24 July 2019

Libur sekolah adalah saat yang menyenangkan bagi anak-anak, terlebih setelah melewati aktivitas belajar yang padat. Tak hanya bebas bermain di rumah ataupun bepergian ke tempat-tempat wisata, anak juga bisa melewati hari-harinya dengan lebih santai karena tak memiliki beban tugas belajar.

Sayangnya saat liburan panjang usai, muncul masalah baru. Anak-anak menjadi tak bersemangat dan susah menyesuaikan ke rutinitas harian mereka seperti sebelumnya. Bagi para orang tua, berikut tips yang bisa dicoba agar anak kembali semangat bersekolah.

Atur Jadwal Tidur Anak

Anak Kembali Semangat Bersekolah

pixabay.com

Saat memasuki liburan sekolah, orang tua sering membiarkan anak-anak tidur hingga larut malam. Hal tersebut akan membuat mereka bisa bangun siang. Padahal kebiasaan ini justru memberikan efek negatif saat jadwal masuk sekolah dimulai. Anak-anak akan menjadi tidak bersemangat karena harus meninggalkan kenyamanan saat berlibur.

Karena itu, biasakan anak bersikap disiplin dengan selalu tidur malam tepat waktu. Batasi penggunaan gadget karena jadi salah satu penyebab anak begadang. Bangunkan mereka di pagi sesuai dengan waktu pergi ke sekolah. Beri kegiatan lain seperti bersepeda atau berkebun bersama agar mereka kian termotivasi untuk bangun pagi. Bila telah menjadi kebiasan rutin, maka setelah liburan usai anak kembali semangat bersekolah.

Membaca Buku

Anak Kembali Semangat Bersekolah

pixabay.com

Liburan sekolah selama dua atau tiga minggu terkadang membuat anak lupa akan materi pelajaran. Apalagi bila terlalu sibuk bermain sehingga tak pernah lagi membaca buku-bulu pelajaran. Karena itu, sangat penting untuk terus membangun minat membaca anak agar ia tak merasa malas bila kembali menekuni buku pelajaran nanti.

Ajak anak ke toko buku dan belilah majalah, komik atau buku cerita yang sesuai dengan umurnya. Buku-buku tersebut bisa ia baca di sela-sela kegiatan bermain sepanjang liburan. Luangkanlah waktu untuk menemaninya membaca atau sekedar bertanya mengenai buku yang sudah ia baca. Selain membeli buku baru, Anda juga bisa mengajaknya membaca atau meminjam buku ke perpustakaan.

Membeli Perlengkapan Sekolah Baru

Anak Kembali Semangat Bersekolah

pixabay.com

Salah satu hal yang membuat anak kembali semangat bersekolah adalah memiliki perlengkapan sekolah yang baru. Saat liburan sekolah hampir usai, ajaklah anak untuk berbelanja kebutuhan sekolahnya. Biasanya banyak diskon khusus yang ditawarkan oleh pusat perbelanjaan.

Tak hanya perlengkapan tulis-menulis serta buku pelajaran yang baru, periksa juga apakah seragam anak masih layak pakai, misalnya sudah kekecilan atau pendek. Hal ini penting diketahui agar orang tua tidak kelabakan saat anak hendak berangkat ke sekolah. Mengingat akan ada biaya ekstra yang harus Anda keluarkan, maka siapkanlah dana tersebut dari jauh-jauh hari.

Tetap Berkomunikasi dengan Teman Sekelas

Anak Kembali Semangat Bersekolah

pixabay.com

Meskipun sedang dalam masa liburan, tetap bebaskan anak berkomunikasi dengan teman-teman sekelasnya. Bila memungkinkan, Anda bisa mengajak teman si kecil untuk mengisi waktu liburan bersama. Misalnya pergi ke perpusatakaan atau taman kota. Karena hubungan yang erat tersebut, maka anak kembali semangat bersekolah untuk bertemun dengan temannya.

Bangun Suasana Positif

Anak Kembali Semangat Bersekolah

pixabay.com

Bangun komunikasi dengan anak dan ketahui apa harapan mereka saat kembali ke sekolah. Cari tahu apakah ada hal yang membuat mereka cemas. Yakinkan si kecil kalau guru bisa ia jadikan tempat berbagi kecemasan. Sangat penting membangun suasana positif agar anak kembali semangat bersekolah. Ceritakan mengenai beragam aktivitas menyenangkan yang bisa ia lakukan bersama teman maupun seorang diri. Agar ia menjadi lebih percaya diri, Anda bisa mengantar si kecil ke sekolah pada hari pertama masuk sekolah.

Demikianlah 5 tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat sang buah hati kembali bersemangat kembali ke sekolah usai berlibur. Semoga bermanfaat!

Leave a reply
5 Cara untuk Dapat Meningkatkan Ikatan Emosional dengan Anak5 Tips Jitu agar Anak Menyukai Olahraga Sejak Dini

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!