7 Keterampilan Sosial yang Penting Dikuasai Si Kecil

21 April 2018

Keterampilan sosial menentukan sejauh mana anak dapat berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Social skills pun sering dijadikan ajang untuk melihat potensi tersembunyi si kecil. Keterampilan ini sangat penting dalam tumbuh kembang anak karena berpengaruh terhadap karakter buah hati Anda.

Agar anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang hebat, ada sejumlah keterampilan sosial yang harus diajarkan pada si kecil, antara lain sebagai berikut.

Mengenal Diri

Keterampilan Sosial

ngfs.org

Mengenal diri sendiri merupakan salah satu keterampilan sosial yang sangat wajib dikuasai buah hati Anda karena berkaitan dengan kecerdasan intrapersonal. Proses mengenal diri pada anak tidak hanya mengenai identitasnya saja, seperti siapa namanya, jenis kelaminnya, orang tuanya, dan tempat tinggalnya, melainkan juga tentang apa impian dan cita-citanya.

Ajarkan anak untuk lebih memahami apa yang yang dia sukai dan tidak. Dengan begitu proses penemuan jati diri pun lebih cepat. Untuk membantu buah hati Anda, ajak ia bermain peran, selain mengasyikkan, role playing merupakan cara terbaik bagi anak untuk mengenal dirinya sendiri. Si kecil pun cepat mengerti apa yang diinginkannya.

Emosi

Keterampilan Sosial

dentist123-wpengine.netdna-ssl.com

Tahukah Anda bahwa anak yang memiliki keterampilan sosial mengenal emosi jauh lebih cerdas ketimbang anak lainnya? Kecerdasan emosi (EQ) sangat penting karena memengaruhi kesuksesan si kecil nantinya. Alangkah bijak, jika Anda mulai mengajari anak untuk menunjukkan emosinya. Perhatikan apa saja yang dapat membuat emosinya berubah.

Berikan pemahaman pada si kecil tentang emosi yang dimiliki manusia, seperti marah, senang,  sedih, takut, cemas, dan tertekan dengan contoh atau gambaran melalui sebuah cerita agar ia lebih mudah mengerti.

Anak yang memiliki keterampilan sosial ini akan matang secara emosional, ia akan tumbuh menjadi pribadi yang menawan, mudah mengontrol emosi, dan mampu membedakan emosi negatif dengan emosi positif.

Simpati dan Empati

Keterampilan Sosial

parentmap.com

Menumbuhkan rasa simpati dan empati pada anak memang tidak mudah. Tidak cukup dengan memberinya cerita saja, harus disertai dengan tindakan nyata. Anda sebagai orang tua wajib memberinya contoh baik.

Agar anak dapat menghargai orang lain, ikut merasakan perasaan orang lain, dan peduli terhadap lingkungan, ajak ia untuk mengikuti kegiatan bakti sosial. Jelaskan mengenai pentingnya kegiatan tersebut, apa manfaatnya bagi si kecil dan orang lain.

Dengan contoh yang Anda berikan secara langsung, anak akan mengingat pelajaran berharga yang didapatkannya.

Berbagi

Keterampilan Sosial

i.ytimg.com

Jika si kecil telah memiliki rasa simpati dan empati di dalam dirinya, lebih mudah mengajarkan anak untuk berbagi dengan orang lain. Keterampilan sosial ini bertujuan agar buah hati Anda tumbuh menjadi pribadi yang penuh kasih, peduli sesama, pemurah, dan tidak egois.

Menolong

Keterampilan Sosial

cdn.cnn.com

Keterampilan sosial ini erat kaitannya dengan rasa simpati dan empati terhadap orang lain. Ketika si kecil telah memiliki kedua rasa tersebut maka dengan sendirinya ia akan membantu orang lain yang tengah kesusahan. Hal ini terjadi karena di dalam diri anak telah terpatri rasa peduli yang tinggi terhadap orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Anda tak perlu khawatir jika buah hati belum memiliki rasa simpati dan empati karena dengan ajaran dan contoh yang tepat, seperti mengajarkan si kecil untuk membantu Anda merapikan tempat tidurnya.

Dengan begitu, lambat laun si anak akan mengerti bahwa manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Menolong merupakan salah satu bentuk kepedulian manusia terhadap sesamanya.

Bekerja Sama

Keterampilan Sosial

cdn.deseretnews.com

Keterampilan sosial bekerja sama dibutuhkan untuk menumbuhkan rasa saling menghormati, menghargai perbedaan, menciptakan kebersamaan, dan meningkatkan kemampuan anak dalam bersosialisasi.

Bersaing

Keterampilan Sosial

stuckonyou.media

Bantu anak dengan mengasah keterampilan sosial dalam menghadapi persaingan. Menjadi unggul dan mengalahkan orang lain secara tidak langsung mengajarkan si kecil untuk mengetahui sejauh mana kemampuannya dan kekurangan lawan. Alhasil, si anak cenderung untuk terus mengasah potensinya demi menjadi yang terbaik.

Itulah sejumlah keterampilan sosial yang sangat penting untuk diajarkan pada anak Anda sedini mungkin.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
5 Manfaat Musik Klasik Bagi Tumbuh Kembang BalitaBelajar Jadi Mengasyikkan dengan 5 Permainan Edukatif Ini!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!