Bertemu Anak Kecil Ketika Arisan atau Pesta, Jangan Lakukan 5 Hal Ini

10 August 2018

Bersosialisasi merupakan kegiatan yang harus dilakukan di lingkungan mana pun Anda berada. Apalagi jika memiliki anak yang sudah mulai mendudukibangku sekolah, kegiatan berkumpul atau saling berkunjung semakin banyak. Misalnya acara arisan orang tua murid, pesta ulang tahun teman-teman anak, atau pesta anak Anda sendiri.Pada acara seperti ini sudah pasti ibu-ibu atau orang tua yang lain akan membawa serta anak mereka. Sudah tahukah Anda? ada hal-hal yang tak boleh dilakukan ketika bertemu anak kecil, utamanya anak-anak orang lain. Simak ulasan berikut.

Jangan menyuapi tanpa izin

Bertemu Anak Kecil

Sumber : hipwee.com

Ketika Anda sedang menikmati makanan, mungkin ada anak kecil yang memperhatikan Anda. Anda pun beranggapan bahwa diamenginginkannya, apalagijikaekspresinyasangatmenggemaskan. Namun Anda tidak disarankan langsung menyuapi ketika bertemu anak kecil yang seperti ini.

Sebaiknya Anda bertanya kepada orang tua atau orang dewasa yang bersamanya, apakah boleh menyantap makanan yang sedang Anda pegang. Sebab Anda tidak tahu kemungkinan anak mempunyai alergi makanan atau riwayat penyakit yang mempunyai pantangan makan makanan tertentu. Reaksi terhadap alergi makanan dapat membahayakan anak, mulai dari gatal-gatal, kulit kemerahan, muntah, diare, hingga sesak napas dan pingsan.

Jangan membandingkan kepintaran anak

bertemu anak kecil

Sumber : orami.com

Bertanya tentang prestasi atau keterampilan, wajar bagi orang tua yang bertemu anak kecil pada usia sekolah. Akan lebih baik lagi jika Anda menyertakandenganpujian dan motivasi agar anak semakin bersemangat mengembangkan kemampuannya.

Namun, jangan sesekali membandingkannya dengan anak-anak lain. Mungkin anak lain lebih baik pada bidang itu, tetapi dia lebih berprestasi dalam bidang yang lain. Karena dibanding-bandingkan, anak akan merasa berkecil hati dan tidak nyaman, bahkan menjadi turun semangatnya.

Jangan meremehkan anak-anak

Bertemu Anak Kecil

Sumber : hellosehat.com

 

Apabila Anda yang menjadi tuan rumah acara, layani semua tamu dengan baik termasuk anak-anak. Meski mereka masih kecil, Anda perlu bersikap sopan ketika menawarkan makanan atau mengantar ke kamar kecil ketika mereka memerlukan. Dengan demikian anak merasa dihargai dan akan berpengaruh pada sikapnya kelak jika sudah dewasa. Sebaliknya, Anda tentu menginginkan anak Anda sendiri diperlakukan dengan baik oleh orang lain bukan?

Jangan memarahi anak secara berlebihan

bertemu anak kecil

Sumber : momonganak.org

 

Memang sudah sifat anak-anak, menjadikan setiap tempat adalah arena bermain. Kadang Anda juga harus berhadapan dengananak yang hiperaktif. Perilakunya yang tidak bisa diam membuat Anda khawatir dia akan merusakkan barang-barang dan mengganggu tamu yang lain.

Tetapi Anda tidak boleh marah begitu saja jika bertemu anak kecil semacam ini. Katakan kepada orang tuanya agar mengendalikan anak mereka. Biasanya anak akan lebih patuh kepada orang tuanya sendiri.

Hindari menghardik anak dan mengatakan,”Kamu nakal sekali, ya!” Anda juga harus mengerti nalurinya sebagai anak-anak. Alih-alih marah, Anda dapat berkata misalnya, “Tolong duduk diam ya, nanti kalau lompat-lompat kamu bisa jatuh.”

Jangan mencium anak sembarangan

bertemu anak kecil

Sumber : loudountribune.com

 

Ketika bertemu anak kecil yang terlihat lucu, kadang orang dewasa refleks mencium pipinya. Mungkin Anda juga termasuk di dalamnya. Sebenarnya, Anda tidak dianjurkan mencium anak orang lain tanpa izin. Terlebih lagi jika Anda dalam keadaan flu atau baru datang dari perjalanan yang terpapar dengan debu dan kuman. Hal ini bisa menyebabkan anak terkena penyakit.

Selain itu, mencium dengan tiba-tiba bisa menyebabkan anak merasa tidak nyaman. Alhasil mereka akan bereaksi seperti memukul, mendorong, atau mengelap pipi. Belum lagi jika orang tuanya tidak senang dengan perbuatan Anda. Maka sebaiknya hati-hati mencium anak kecil, apalagi terhadap bayi yang masih lemah kekebalan tubuhnya.

Itulah 5 hal yang tidak boleh Anda lakukan apabila bertemu anak kecil saat berkumpul dalam pesta atau acara tertentu. Meski kedengarannya sepele, Anda tetap perlu memperhatikannya demi kebaikan anak-anak dan diri sendiri.

Leave a reply
7 Permainan Tradisional untuk Melatih Kecerdasan Gerak Kinestetik AnakSeberapa Penting Sekolah Untuk Masa Depan Anak?

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!