Trik Jitu untuk Menghadapi Anak yang Manja

2 March 2018

Semua orang tua pasti menyayangi anak-anaknya sehingga mereka berusaha untuk selalu memberikan apa pun yang diinginkannya. Tak jarang, orang tua juga membiarkan anak melakukan kesalahan dan tidak menegur atau memarahi karena tak tega. Hal tersebut tidak salah, tapi jika rasa sayang yang ditunjukkan oleh para orang tua melalui cara didik yang tidak tepat akan memengaruhi perkembangan si kecil, salah satunya memiliki sifat manja berlebihan. Tentu akan sulit menghadapi anak yang manja.

Perlu diingat bahwa hampir semua anak menangis, merengek, dan membuat ulah. Namun, masalah muncul saat sikap orang tua tidak mampu menghadapinya dengan baik, misalnya tidak disiplin atau terlalu lembek dalam menghadapi anak. Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghadapi anak yang manja.

Berusaha Konsisten dengan Apa yang Dikatakan

Berusaha Konsisten dengan Apa yang Dikatakan-cdn.idntimes.com

Berusaha Konsisten dengan Apa yang Dikatakan-cdn.idntimes.com

Sifat manja muncul disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah tidak konsistennya orang tua pada anak. Saat anak meminta sesuatu, Anda mengatakan bahwa tidak dapat memenuhinya. Namun, ketika mereka merengek dan menangis, Anda tidak tega dan memberikan apa yang mereka inginkan. Hal ini akan membuat anak mempelajari bahwa mereka bisa mendapatkan apa yang diinginkan dengan cara menangis atau merengek.

 

Jika Anda memang mengatakan tidak di awal, pertahankan hal tersebut meskipun mereka menangis. Jika anak menangis, Anda bisa memberitahu alasannya secara baik-baik kepada anak. Jangan sampai sikap si kecil membuat para orang tua selalu memenuhi permintaannya karena dapat memicu sifat manja yang berlebihan nantinya.

Memberikan Penjelasan yang Dapat Dimengerti oleh Anak

Memberikan Penjelasan yang Dapat Dimengerti oleh Anak-fthmb.tqn.com

Memberikan Penjelasan yang Dapat Dimengerti oleh Anak-fthmb.tqn.com

Saat Anda tidak bisa memenuhi permintaan anak, maka berikanlah penjelasan yang mudah dimengerti olehnya. Si kecil berhak untuk meluapkan perasaannya, baik itu sedih, marah, ataupun kecewa jika keinginannya tidak dapat dipenuhi. Namun, memberikan penjelasan terkait alasan kenapa Anda tidak bisa memenuhi permintaan anak akan membantu mereka mengerti, Cara ini cukup efektif untuk menghadapi anak yang manja.

 

Melibatkan Anak dalam Kegiatan Sosial

Melibatkan Anak dalam Kegiatan Sosial-2.bp.blogspot.com

Melibatkan Anak dalam Kegiatan Sosial-2.bp.blogspot.com

Melibatkan si kecil dalam berbagai kegiatan sosial akan membantunya belajar berbagi dengan sesama, berkomunikasi, dan mengontrol egonya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menghadapi anak yang manja dengan mengajarinya berbagai pelajaran hidup serta nilai moral saat berada dalam kelompok sosial dengan bahasa yang sederhana.

Memberikan Pujian

Memberikan Pujian-istyle.id

Memberikan Pujian-istyle.id

Saat anak melakukan suatu kebaikan, tidak ada salahnya untuk memberikan pujian. Cara ini dapat memotivasinya untuk selalu melakukan kebaikan, meskipun dalam hal kecil.

Memberitahu dan Menjelaskan Perilaku Baik dan Buruk pada Si Kecil

Memberitahu dan Menjelaskan Perilaku Baik dan Buruk pada Si Kecil-www.merries.co.id

Memberitahu dan Menjelaskan Perilaku Baik dan Buruk pada Si Kecil-www.merries.co.id

Memberitahu suatu perilaku yang baik kepada anak mungkin sudah biasa Anda lakukan, tapi penting juga untuk menjelaskan hal buruk dan akibatnya kepada si kecil. Sebagai contoh, ketika Anda bepergian ke suatu tempat dengan sang buah hati dan melihat anak lain mengamuk karena meminta sesuatu, Anda bisa mengatakan kepada mereka bahwa perilaku tersebut tidak baik untuk dilakukan.

Memberikan Hukuman kepada Anak

Memberikan Hukuman kepada Anak-netdna-cdn.com

Memberikan Hukuman kepada Anak-netdna-cdn.com

Memberikan hukuman tidak selalu berdampak buruk pada anak asalkan dengan cara yang benar. Hukuman ini cukup efektif untuk menghadapi anak yang manja dan membuat si kecil jera untuk mengulangi kesalahannya lagi. Contohnya, Anda akan menyita mainan kesukaan si kecil saat mereka tidak merapikan kamar tidurnya.

 

Itu dia trik jitu yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi anak yang manja. Jadi, para orang tua harus tegas dan tidak membiarkan sang buah hati memiliki sifat manja berlebihan karena akan berdampak buruk pada mereka kelak.

Leave a reply
Ini Dia Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak yang Bisa Dilakukan oleh Para Orang TuaJangan Lakukan Kebiasaan-Kebiasaan Ini Jika Tak Mau Punya Anak Manja

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!