Ini Dia Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak yang Bisa Dilakukan oleh Para Orang Tua

1 March 2018

Daya ingat atau memori adalah proses dalam mempertahankan, menyimpan, mengolah, serta mengingat berbagai kejadian di masa lampau yang diserap oleh otak. Otak manusia membentuk neuron untuk menyimpan berbagai informasi. Pembentukan neuron yang dilakukan secara intensif akan meningkatkan ketajaman daya ingat seseorang. Daya ingat seseorang sangat singkat dan spesifik sebelum berusia tiga tahun. Oleh karena singkatnya daya ingat pada usia tersebut, para orang tua harus selalu sabar mengingatkan anak untuk melakukan sesuatu.

Daya ingat seorang anak akan meningkat seiring dengan pertumbuhannya. Namun, dengan dorongan yang tepat, para orang tua dapat membantu mengasah daya ingat si kecil. Berikut ini ada beberapa cara meningkatkan daya ingat anak yang bisa Anda lakukan.

Bermain Sambil Belajar

Bermain Sambil Belajar-wordpress.com

Bermain Sambil Belajar-wordpress.com

Bermain adalah kegiatan yang bisa Anda lakukan sebagai cara meningkatkan daya ingat anak. Anda bisa melakukan aktivitas menyenangkan bersama si kecil, misalnya bermain sambil belajar. Ada sejumlah permainan yang bisa Anda mainkan bersama kecil untuk membantu merangsang daya ingatnya, seperti flash card, puzzle, atau permainan aneka warna dan bentuk.

 

Mengajak Anak Bernyanyi

Mengajak Anak Bernyanyi-jatengprov.go.id

Mengajak Anak Bernyanyi-jatengprov.go.id

Cara meningkatkan daya ingat anak bisa dengan mengajaknya bernyanyi. Jangan lupa juga untuk mengajak si kecil berjoget atau bertepuk tangan untuk menambah semangat dan kegembiraannya dalam belajar. Jika kegiatan ini dilakukan dengan rutin, anak akan menirukan nada serta lirik lagu yang kerap dinyanyikan dan mengingat informasi di dalamnya.

 

Bercerita Bersama

Bercerita Bersama-1.bp.blogspot.com

Bercerita Bersama-1.bp.blogspot.com

Anda dapat mendongengkan si kecil berbagai cerita sebelum tidur atau saat waktu luang sebagai salah satu cara meningkatkan daya ingat anak yang cukup efektif. Setelah selesai, ajak anak untuk mengingat jalan cerita, seperti nama tempat, tokoh, dan lain sebagainya. Pengulangan ini akan membuat mereka terbiasa mendengarkan serta merekamnya di dalam ingatan.

 

Memancing Anak untuk Bertanya

Memancing Anak untuk Bertanya-mmc.tirto.id

Memancing Anak untuk Bertanya-mmc.tirto.id

Pancing si kecil untuk bertanya tentang materi yang dipelajari. Anda bisa mengajak mereka untuk mencari jawabannya bersama di dalam buku. Menemukan jawaban saat membaca atau mendengarkan dipercaya dapat membantu meningkatkan daya ingat seorang anak.  Selain itu, mereka akan merasakan kepuasan tersendiri ketika berhasil menemukan jawaban.

 

Memanfaatkan Rasa Ingin Tahu Si Kecil

Memanfaatkan Rasa Ingin Tahu Si Kecil-cdn.rockingmama.id

Memanfaatkan Rasa Ingin Tahu Si Kecil-cdn.rockingmama.id

Seorang anak biasanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka akan terpukau dengan suatu hal yang baru, terlebih dengan hal yang berkaitan dengan apa yang mereka sukai. Jika ingin mengajarkan materi belajar yang menarik, Anda bisa menyajikannya dalam kemasan berbeda untuk meningkatkan rasa penasarannya.

 

Me-review Materi yang Dipelajarinya

Me-review Materi yang Dipelajarinya-cdn.idntimes.com

Me-review Materi yang Dipelajarinya-cdn.idntimes.com

Saat anak pulang dari sekolah, luangkanlah waktu untuk menanyakan apa saja yang dipelajari atau dilakukannya. Anda bisa meminta si kecil untuk menuliskannya dalam kertas menggunakan spidol berwarna, lalu gunakan kertas tersebut untuk me-review keesokan harinya. Hal ini bertujuan untuk membuat rangkaian ingatan di dalam otak anak.

 

Memperhatikan Asupan Nutrisi Anak

Memperhatikan Asupan Nutrisi Anak-hellosehat.com

Memperhatikan Asupan Nutrisi Anak-hellosehat.com

Selain melakukan beberapa cara sederhana di atas, Anda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh si kecil. Sumber makanan yang tepat dan kaya akan gizi berperan penting untuk meningkatkan daya ingat anak lho. Cukupilah asupan nutrisi dengan memberikannya makanan yang kaya akan vitamin, asam lemak esensial, asam folat, seng, dan zat besi untuk merangsang fungsi otaknya.

Nah, itu dia beberapa cara meningkatkan daya ingat anak yang bisa dilakukan oleh para orang tua. Sederhana bukan? Jadi, peran orang tua terbilang penting untuk membantu mengasah daya ingat anak ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Cara Mengatasi Anak yang Suka Pilih-Pilih MakananTrik Jitu untuk Menghadapi Anak yang Manja
All comments (1)

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!