4 Makanan Sumber Nutrisi Otak untuk Buah Hati Anda

16 October 2017

Kecerdasan seorang anak memang dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk asupan gizi yang terkandung dalam makanan yang tiap hari dikonsumsi. Sebagai orang tua, tentu kita sadar bahwa sejak dini anak harus diajarkan berbagai keterampilan dan pengetahuan yang akan berguna bagi masa depannya. Apalagi saat zaman seperti sekarang ini, persaingan yang terjadi makin berat sehingga Anda harus membantu meningkatkan kecerdasan yang dimiliki anak. Salah satunya dengan memberikan makanan sumber nutrisi otak agar anak jadi cerdas dan pintar.

Anda dapat melihat perkembangan kecerdasannya dari berbagai hal, misalnya apakah anak dapat dengan cepat menyerap pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah secara mudah. Bagi anak-anak yang telah memasuki usia sekolah, Anda bisa mengecek pekerjaan rumah, nilai ulangan harian maupun rapor dari guru.

Jika nilai pekerjaan rumah atau rapornya tidak mencapai angka maksimal atau ditandai dengan huruf “A” berarti kecerdasan anak belum bisa dikatakan maksimal. Apalagi jika nilainya hanya berada di bawah rata-rata, jangan buru-buru memarahi anak. Hal tersebut justru akan membuat anak takut dan panik, serta berakibat buruk bagi kesehatan mentalnya.

Yang perlu Anda lakukan adalah terus berusaha untuk meningkatkan kecerdasan otaknya. Selalu dampingi anak untuk mencapai prestasi tertinggi dengan dukungan Anda. Lalu, apa solusinya? Anda bisa memberikan makanan sumber nutrisi otak untuk anak Anda. Berikut adalah daftar makanan yang dapat membantu kerja otak anak serta bagus untuk kecerdasannya.

Ikan Salmon, Sumber Omega 3 Terbaik

Ikan Salmon

Ikan Salmon

Asam lemak omega 3 merupakan nutrisi yang penting bagi perkembangan dan pertumbuhan fungsi otak anak. Kandungan asam lemak ini juga terdapat dalam ikan tuna atau di beberapa daerah disebut tongkol, cakalang. Namun, kandungan omega 3 dalam salmon jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ikan tuna.

Untuk mendapatkan daging salmon, Anda bisa membelinya di swalayan-swalayan besar karena memang harganya cukup mahal. Salmon juga tidak bisa ditemukan di perairan Indonesia, sehingga harus mengimpor dari luar negeri. Anda dapat mengolah ikan salmon dengan berbagai cara, salah satunya dibuat menjadi steak ikan salmon. Jika Anda kesulitan mendapatkan daging ikannya, Anda dapat menggantinya dengan minyak ikan salmon yang bisa didapatkan di apotek maupun toko obat.

Daging Sapi

Daging Sapi

Daging Sapi

Makanan sumber nutrisi otak selanjutnya adalah daging sapi. Kandungan zat besi daam daging sapi mampu membantu anak berkonsentrasi menerima pelajaran saat di sekolah. Selain itu, daging sapi yang kaya akan mineral seng serta sudah dibersihkan dari lemak dapat menjaga daya ingat anak.

Namun, karena daging sapi memiliki harga yang tinggi sehingga sebagian besar anak Indonesia tidak bisa sering-sering mengonsumsinya. UntuK menyiasati hal ini, Anda dapat mengganti daging sapi dengan kacang-kacangan, seperti kacang hitam dan kedelai. Kacang-kacangan merupakan sumber zat besi dan protein yang dapat menggantikan daging sapi.

Susu

Susu

Susu

Produk susu atau pun olahannya, seperti yoghurt sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Susu dapat menjadi sumber energi bagi otak karena kandungan protein dan vitamin B yang terdapat di dalamnya. Susu dan yoghurt memegang peran penting dalam pertumbuhan jaringan otak, enzim serta neurotransmitter. Selain itu, susu dan yoghurt juga bisa mengenyangkan perut sehingga menjadi cadangan energi bagi otak.

Telur

Telur

Telur

Dibandingkan ketiga makanan sumber nutrisi otak yang telah dijelaskan sebelumnya, telur lebih mudah dijumpai dan harganya pun terjangkau. Warga Indonesia yang bermukim di desa pun bisa mendapatkannya. Selain mengandung protein untuk energi, telur juga memiliki nutrisi lain, yakni vitamin A, vitamin B12, zat besi, seng, fosfor, serta DHA dan kolin. Semua kandungan tersebut merupakan nutrisi yang penting bagi otak.

Demikianlah 4 makanan sumber nutrisi otak yang baik untuk buah hati Anda. Semoga dapat memberi wawasan untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak Indonesia.

Leave a reply
Cegah Obesitas pada Anak dengan 4 Bahan Pengganti Gula PasirBingung Jenis Dongeng untuk Anak? Inilah Dongeng yang Sesuai Usia Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!