Cara Mengatasi Anak yang Suka Pilih-Pilih Makanan

28 February 2018

Perilaku anak yang suka pilih-pilih makanan memang sering kali dikeluhkan oleh para orang tua. Sebenarnya, sikap ini wajar terjadi pada si kecil. Namun, sebagai orang tua tentunya Anda ingin memberikan asupan nutrisi yang baik dan cukup bagi anak. Mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan tentunya sangat merepotkan dan membingungkan.

Anda tidak perlu khawatir karena kebiasaan seperti ini dapat hilang secara perlahan, terutama jika para orang tua memberikan dukungan secara penuh. Seiring dengan bertambahnya usia si kecil, mereka akan mulai menyadari pentingnya variasi serta nutrisi menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para orang tua dalam mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan.

Menaati Jadwal Makan Rutin

Menaati Jadwal Makan Rutin-www.agenlaperma.com

Menaati Jadwal Makan Rutin-www.agenlaperma.com

Buatlah jadwal makan anak secara teratur, misalnya menyajikan makanan berat serta camilan pada waktu yang bersamaan setiap harinya. Jika Anda membiarkan anak untuk minum susu, jus, atau mengonsumsi camilan sepanjang hari, ini akan mengurangi nafsu makan ketika waktunya tiba.

Menghargai Keinginan Anak Saat Enggan Makan

Menghargai Keinginan Anak Saat Enggan Makan-hellosehat.com

Menghargai Keinginan Anak Saat Enggan Makan-hellosehat.com

Hindari memaksa anak untuk makan saat mereka mengatakan tidak lapar. Sebagian orang tua sering memaksakan anaknya untuk menyantap sesuatu, padahal hal ini akan membuat mereka menganggap kegiatan makan menjadi aktivitas yang menyebalkan. Solusinya, Anda bisa menyajikan makanan dengan porsi yang lebih kecil untuk mencegah anak kekenyangan. Berilah si kecil kesempatan untuk menambah porsi sendiri.

Membuat Kegiatan Makan Menyenangkan

Membuat Kegiatan Makan Menyenangkan-rockingmama.id

Membuat Kegiatan Makan Menyenangkan-rockingmama.id

Anda bisa membuat kegiatan makan menjadi menyenangkan, misalnya menyajikan brokoli dan sayuran lain dengan bumbu atau saus favorit. Supaya lebih menarik, potonglah makanan menjadi bentuk lucu dengan cetakan kue.

 

Ajak Si Kecil untuk Terlibat dalam Menyiapkan Makanan

Ajak Si Kecil untuk Terlibat dalam Menyiapkan Makanan-1.bp.blogspot.com

Ajak Si Kecil untuk Terlibat dalam Menyiapkan Makanan-1.bp.blogspot.com

Mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan bisa dilakukan dengan cara memintanya untuk terlibat. Anda bisa mengajaknya berbelanja ke supermarket maupun pasar untuk memilih sayur-sayuran, buah-buahan, atau makanan lainnya. Setelah di rumah, ajak si kecil untuk mencuci sayur atau buah-buahan dan mengatur meja makan.

 

Menggunakan Kreativitas

Menggunakan Kreativitas-hellosehat.com

Menggunakan Kreativitas-hellosehat.com

Anda bisa menambahkan potongan paprika hijau ataau brokoli di dalam saus spaghetti. Irisan buah di atas sereal kesukaannya juga bisa menjadi alternatif yang tepat. Cara ini dapat membantu si kecil untuk mendapatkan asupan nutrisi yang baik, meskipun sebenarnya dia tidak menyukai beberapa makanan tertentu, seperti sayur.

 

Memberi Contoh yang Baik

Memberi Contoh yang Baik-www.thesun.co.uk

Memberi Contoh yang Baik-www.thesun.co.uk

Para orang tua bisa memberi contoh yang baik untuk mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan. Anak cenderung akan mengikuti apa pun yang dilakukan oleh orang tuanya, termasuk soal makanan. Jika Anda makan berbagai makanan sehat, tentunya membuka peluang si kecil untuk mengikuti kebiasaan tersebut.

 

Jangan Langsung Mengganti Menu Makanan

Jangan Langsung Mengganti Menu Makanan-www.getorganisedandbeyond.com

Jangan Langsung Mengganti Menu Makanan-www.getorganisedandbeyond.com

Masih banyak orang tua yang memilih untuk menyiapkan hidangan terpisah untuk si kecil setelah mereka menolak menu makanan yang telah disiapkan. Hal ini justru akan semakin membuat mereka pilih-pilih makanan. Solusinya, Anda perlu mendorong anak untuk tetap di kursi saat jam makan, meskipun tidak menyantap apa pun. Berusahalah untuk selalu menyajikan pilihan menu makanan sehat sampai si kecil terbiasa dan mau memakannya.

Itu dia cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan. Jika Anda bingung, cobalah untuk konsultasikan dngan dokter terkait kebiasaan yang dapat memengaruhi pertumbuhan serta perkembangannya. Sementara itu, Anda perlu ingat bahwa kebiasaan makan si kecil tidak bisa langsung berubah dalam waktu semalam. Namun, percayalah bahwa setiap langkah kecil yang Anda lakukan akan membuahkan hasil pada masa mendatang.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Bunda, Ini Dia Faktor yang Memicu Anak Menjadi Tukang BullyIni Dia Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak yang Bisa Dilakukan oleh Para Orang Tua

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!