Yuk, Kenali Beberapa Penyebab Anak Mudah Terserang Flu

1 May 2019

Flu adalah salah satu penyakit yang sangat rentan menyerang anak-anak. Virus RNA yang dapat menyebar melalui udara membuat anak mudah terserang flu , terutama di waktu peralihan musim atau di awal musim hujan.
Meski merupakan penyakit yang umum ditemui, Anda mesti waspada apabila anak terlalu mudah terkena penyakit ini. Sebab sejatinya anak-anak yang sehat memiliki sistem kekebalan tubuh yang mampu mencegah virus tersebut berkembang biak di dalam tubuh.Untuk meningkatkan kewaspadaan Anda, inilah beberapa penyebab utama anak mudah terserang flu:

1. Kurang Asupan Vitamin C dan D

Anak Mudah Terserang Flu

pixabay.com

Asupan vitamin dan mineral merupakan pertahanan utama yang dapat menjauhkan anak dari virus flu. Tanpa asupan yang cukup, anak jelas akan mudah terserang penyakit, tidak hanya flu, tapi juga berbagai jenis penyakit lainnya.
Vitamin yang paling vital bagi peningkatan daya tahan tubuh anak adalah vitamin C dan D. Kedua jenis vitamin ini mampu memberi mereka perlindungan ekstra dari berbagai jenis virus dan bakteri. Kandungan vitamin tersebut dapat Anda temukan dalam buah dan sayuran seperti jeruk dan brokoli.

2. Kurang Minum

Anak Mudah Terserang Flu

pixabay.com

Salah satu penyebab flu yang sering kali tidak disadari oleh para orang tua adalah dehidrasi. Kurangnya cairan tubuh dapat berdampak langsung terhadap daya tahan tubuh anak. Oleh sebab itu, pastikan si kecil selalu minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari.
Uniknya, masalah dehidrasi justru kerap muncul di musim hujan. Kondisi cuaca yang dingin membuat banyak anak tidak merasa haus. Hal ini pada akhirnya dapat membuat mereka mengalami dehidrasi ringan.

3. Tidur Terlalu Malam

Anak Mudah terserang Flu

pixabay.com

Anak-anak merupakan makhluk yang sangat rentan terhadap angin malam. Oleh karena itu, kebiasaan tidur terlalu larut dapat membuat virus flu mudah menyerang tubuh mereka.
Jangan biarkan anak tidur terlalu malam karena asyik menonton televisi atau bermain gadget. Aturlah jam tidur mereka sebaik mungkin untuk memastikan anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap harinya.
Sebagai tambahan, bersihkanlah tempat tidur anak secara berkala untuk munculnya virus di sana. Virus flu mampu bercokol di kasur dan sarung bantal sehingga anak mudah terserang flu.

4. Kebiasaan Tidak Mencuci Tangan Sebelum Makan

Anak Mudah Terserang Flu

pixabay.com

Membiasakan anak untuk mencuci tangan sebelum makan merupakan sebuah keharusan. Meskipun anak makan menggunakan sendok, tetap saja ada risiko bakteri dan virus masuk melalui tangannya.
Selain di waktu-waktu makan, kebiasaan untuk mencuci tangan sebaiknya juga dilakukan saat anak pulang sekolah, atau setelah waktu bermain di luar rumah.
Cara ini merupakan salah satu metode yang paling simpel, namun juga paling efektif untuk mencegah anak mudah terserang flu.

5. Kondisi Lingkungan yang Kurang Bersih

Anak Mudah Terserang Flu

pixabay.com

Kondisi lingkungan memegang peranan yang sangat penting terhadap kesehatan anak secara umum. Lingkungan yang kotor dapat menyebabkan beragam jenis penyakit, salah satunya adalah flu.
Seperti yang kita tahu, virus flu dapat menyebar melalui udara. Virus ini juga dapat berkembang biak di tempat yang kotor dan lembap dalam jangka panjang. Alhasil, anak tetap dapat terkena flu meskipun telah diobati dengan berbagai macam obat dan diberikan berbagai macam suplemen.

Itulah beberapa penyebab mengapa anak mudah terserang flu. Sebagai tambahan, asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi si kecil juga memegang peranan penting untuk mencegah virus flu datang. Oleh sebab itu perhatikan pola makan si kecil juga, ya!

Leave a reply
Jadikan Rumah Lebih Nyaman bagi Anak dengan 4 Perubahan Kecil IniTidak Flu, Tapi Anak Sering Bersin? Bisa Jadi Alergi Rhinitis

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!