Jadikan Rumah Lebih Nyaman bagi Anak dengan 4 Perubahan Kecil Ini

30 April 2019

Rumah merupakan istana bagi sebuah keluarga. Oleh karena itu, membuat rumah lebih nyaman bagi anak adalah hal yang wajib dipikirkan oleh setiap orang tua. Rumah yang nyaman tidak hanya membuat anak merasa tenang, namun juga mampu memberikan mereka kekuatan untuk tumbuh menjadi pribadi yang positif.

Dari perspektif psikologi, rumah bagi anak tidak hanya berperan sebagai tempat bernaung, tapi juga sebagai tempat belajar, beribadah, beristirahat, dan berbagi opini. Tanpa hal-hal tersebut, anak akan cenderung tidak betah tinggal di rumah sehingga dapat tumbuh menjadi remaja yang senang “keluyuran”.

Berikut ini adalah 4 perubahan yang bisa Anda lakukan demi membuat rumah lebih nyaman bagi anak:

1. Memanfaatkan Halaman sebagai Tempat Bermain

Rumah Lebih Nyaman Bagi Anak

pixabay.com

Bagi Anda yang memiliki halaman agak luas, ruang tersebut tentu akan menjadi sia-sia apabila tidak dimanfaatkan dengan baik. Dengan menyulap halaman menjadi tempat bermain yang asyik, Anda dapat membuat rumah lebih nyaman bagi anak.

Ada banyak hal yang bisa Anda kembangkan di halaman rumah. Anda bisa membuat teras yang luas, membangun taman bermain sederhana, atau kebun yang dipenuhi tanaman hias. Selain bisa membuat anak senang, hal-hal tersebut juga akan membuat rumah Anda tampak lebih cantik.

2. Mewujudkan Lingkungan Rumah yang Bersih dan Rapi

Rumah Lebih Nyaman bagi Anak

pixabay.com

Rumah yang bersih dan rapi tentu akan membuat seluruh penghuninya merasa nyaman, termasuk anak-anak. Akan tetapi, hal ini jelas tidak bisa terwujud tanpa adanya kesadaran yang tinggi dari Anda selaku orang tua.

Supaya anak dapat ikut menghargai kebersihan dan kerapian rumah, cobalah untuk mengajaknya membereskan rumah bersama-sama. Berilah ia pekerjaan yang mudah dilakukan seperti mengelap kaca, membereskan mainan, atau merapikan buku-buku.

Anda bisa melakukan kegiatan ini di akhir pekan atau sekitar dua minggu sekali. Pastikan hal tersebut menjadi rutinitas Anda bersama si kecil agar ia tak hanya merasa lebih nyaman di rumah, tapi juga tumbuh sebagai anak yang mencintai kebersihan.

3. Membuka Pintu Lebar-Lebar pada Teman Anak yang Datang Ke Rumah

Rumah Lebih Nyaman Bagi Anak

pixabay.com

Membiarkan anak bermain di dalam rumah bersama temannya merupakan hal yang wajib Anda lakukan agar rumah lebih nyaman bagi anak. Tidak perlu khawatir rumah akan menjadi berantakan karena hal tersebut sepadan dengan dampak positif bagi anak Anda.

Membiarkan anak bermain bersama temannya di rumah dapat membantunya untuk mengembangkan aspek-aspek interpersonal. Selain itu, Anda pun tidak perlu khawatir soal keamanan, karena rumah adalah tempat terbaik untuk membiarkan anak bermain.

4. Membuat Tradisi Berkumpul untuk Makan Malam atau Menonton Televisi Bersama

Rumah Lebih Nyaman bagi Anak

pixabay.com

Tak peduli sesibuk apa pun Anda dan pasangan, biasakanlah untuk membuat tradisi berkumpul bersama anak-anak di dalam rumah untuk melakukan suatu aktivitas bersama-sama, misalnya menonton televisi atau menyantap makan malam.

Cara ini tak hanya membuat rumah lebih nyaman bagi anak, tapi juga bisa menguatkan hubungan kekeluargaan. Sebisa mungkin peliharalah tradisi tersebut hingga anak tumbuh dewasa. Dijamin mereka akan menjadi sosok yang mencintai keluarga.

Demikianlah 4 perubahan yang bisa mulai Anda lakukan supaya rumah lebih nyaman bagi anak. Selain cara-cara di atas, sikap Anda terhadap anak juga memiliki pengaruh yang signifikan untuk membuat rumah lebih nyaman bagi mereka.

Jadikanlah rumah sebagai “istana” bagi anak di mana mereka dapat merasa aman dan disayangi. Hal ini kelak akan membantu mereka tumbuh menjadi seorang anak yang berkepribadian positif dan cinta terhadap keluarga.

Leave a reply
Inilah 5 Tips Supaya Anak Mau Belajar BerenangYuk, Kenali Beberapa Penyebab Anak Mudah Terserang Flu

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!