5 Cara Melatih si Kecil agar Mudah Bergaul dengan Teman Sebaya

21 September 2018

Kemampuan interpersonal adalah satu di antara beberapa skill dasar yang perlu dikembangkan sejak dini. Kemampuan interpersonal yang baik akan membuat anak mudah bergaul dengan teman sebayanya serta membantunya untuk tumbuh menjadi bagian dari masyarakat.

Karena keterampilan si kecil untuk bergaul sangat bergantung pada kemampuan interpersonal yang dimiliki, Anda harus bisa mendorong dan melatih anak untuk berkomunikasi secara lugas dan efektif dengan orang lain. Hal ini secara alamiah akan menumbuhkan rasa percaya diri pada si anak serta membentuk karakter positif yang mudah menjalin relasi dengan orang lain.

Untuk melatih kemampuan interpersonal si kecil dan membuatnya mudah bergaul teman sebayanya, Anda bisa menggunakan 5 cara di bawah ini:

Memulai Pendidikan Keterampilan Interpersonal dari Rumah

Mudah Bergaul

blse.info

 

Rumah adalah lahan pendidikan pertama bagi Anak. Karena itu keterampilan interpersonal juga harus mulai dilatih dari rumah. Ajaklah anak Anda untuk berdiskusi berbagai hal yang sesuai dengan segmen umurnya. Hal ini secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa percaya diri dan berani menyatakan pendapat pada diri si kecil.

Sebagai saran, manfaatkanlah waktu kumpul keluarga seperti saat makan malam atau pada waktu sarapan untuk mengajak anak berdiskusi ringan mengenai berbagai hal.

Ajak Anak Bermain ke Rumah Teman atau Tetangga

Mudah Bergaul

merries.co.id

 

Jangan biarkan anak Anda terlalu betah di rumah. Ajaklah anak Anda untuk bermain ke rumah tetangga atau ke rumah temannya saat Anda sedang tidak sibuk. Cara ini akan membuat anak terbiasa untuk bergaul secara langsung dan tidak pasif.

Tidak hanya membuat anak mudah bergaul, dalam jangka panjang metode ini juga dapat membantu anak mengembangkan keterampilan bersosialisasi serta menumbuhkan rasa empati terhadap orang lain.

Dorong Anak untuk Bergabung dalam Suatu kelompok Sosial

Bergaul Mudah

szulokhazamagazin.hu

 

Jika anak Anda sudah berada di usia sekolah (>5 tahun), doronglah ia untuk mulai berpartisipasi aktif dalam satu kelompok sosial. Misalnya dengan merayunya masuk ke dalam klub olahraga atau mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Cara ini sangat baik dilakukan karena sangat efektif dalam melatih anak bersosialisasi dengan beragam jenis watak dan kepribadian yang berbeda.

Selain baik untuk melatih keterampilan interpersonal dan membuatnya mudah bergaul, cara ini juga akan membantu anak menemukan minat dan bakat yang terpendam.

Memberi Ruang bagi Anak untuk Bersosialisasi

Bergaul Mudah

julietemagz.com

 

Sebagai orang tua, melindungi anak tentu sudah menjadi naluri alamiah dalam diri Anda. Sayangnya, terkadang orang tua kurang mengontrol naluri ini sehingga terbiasa dengan sikap over protective. Padahal, anak juga membutuhkan kebebasan untuk belajar bersosialisasi dengan orang lain.

Bagi Anda yang masih sulit untuk tidak bersikap terlalu protektif, cobalah untuk menjaga jarak Anda saat anak tengah bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Melatih Anak dengan Permainan Sederhana

Bergaul Mudah

tehranmehr.ir

 

Jika anak Anda masih berada di usia dini, Anda bisa melatih kemampuan interpersonal dengan cara bermain bersama. Mainkanlah permainan yang membuat anak aktif berkomunikasi di level tertentu, misalnya bermain rumah-rumahan, atau bermain pasar-pasaran dengan Anda menjadi penjual dan anak Anda menjadi pembelinya.

Cara ini adalah metode yang paling efektif untuk melatih keterampilan bersosialisasi sejak dini. Anda juga bisa melibatkan teman atau saudara yang seumuran dengan anak Anda supaya permainan menjadi lebih menarik.

Itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih anak agar mudah bergaul dengan teman sebayanya. Sebagai catatan, sebagai orang tua Anda juga harus terus memantau cakupan pergaulan anak Anda. Seiring dengan waktu, Anda harus memberikan edukasi pada anak untuk dapat memilih dan memilah lingkup pergaulan yang mereka.

Leave a reply
3 Tips Persiapkan si Kecil untuk Menjadi Kakak5 Cara Memaksimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!