7 Kiat Memotivasi Anak Agar Semangat Belajar

8 February 2018

Kegiatan rutinitas harian di sekolah sering kali membuat seorang anak menjadi malas. Belum lagi dengan tambahan tugas-tugas dari sekolah yang harus dilakukan di rumah. Peran orang tua dalam memotivasi anak agar semangat belajar sangatlah penting, terlebih belajar bukanlah sebuah keterpaksaan. Belajar yang dilakukan karena keterpaksaan akibat takut dimarahi orang tua sama sekali tidak memberikan dampak yang positif bagi anak-anak.

Tidak perlu memaksa atau memarahi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk memotivasi anak agar semangat belajar. Ini dia kiat-kiat yang bisa Anda lakukan

Menciptakan Ruang Belajar yang Nyaman

 

Menciptakan Ruang Belajar yang Nyaman www.mediafire.com

Menciptakan Ruang Belajar yang Nyaman www.mediafire.com

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam memotivasi anak agar semangat belajar adalah menciptakan ruang belajar yang nyaman. Ruang belajar yang nyaman dengan penerangan cukup akan meningkatkan mood seseorang untuk berlama-lama berada di ruangan tersebut.

 

Mempersiapkan Kebutuhan Sekolah anak

Mempersiapkan Kebutuhan Sekolah anak bukalapak.com

Mempersiapkan Kebutuhan Sekolah anak bukalapak.com

Masa awal bersekolah sering kali membuat anak bersemangat melakukan aktivitas barunya. Tidak heran jika hal tersebut membuat mereka lupa untuk menyiapkan perlengkapan sekolahnya. Sebagai orang tua yang baik, Anda bisa membantunya mempersiapkan kebutuhan sekolah, seperti mengatur kotak pensil, merapikan buku, atau menyiapkan seragam sekolah. Jangan lupa untuk melibatkan si kecil dalam melakukannya ya. Selain dapat memotivasi anak untuk lebih semangat belajar, cara ini akan membantu melatih rasa tanggung jawab serta kemandiriannya.

 

Memberikan Pujian

Memberikan Pujian media.licdn.com

Memberikan Pujian media.licdn.com

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Namun, hindari menekan serta membebani mereka dengan cara memberikan hal yang terbaik versi Anda. Sebagai contohnya, saat anak meraih nilai kecil saat ujian sebaiknya jangan memarahinya. Kepercayaan diri seorang anak berasal dari penilaian keluarga mereka. Saat orang tua memberikan reaksi positif, anak cenderung berkeinginan untuk memberikan yang lebih baik kepada Anda

 

Mendukung Kreativitas Anak

 

Mendukung Kreativitas Anak www.satujam.com

Mendukung Kreativitas Anak www.satujam.com

Selain mendukung pendidikan formalnya, Anda juga perlu membantu mengembangkan anak di bidang lain, seperti bermusik, menggambar, menari, dan sebagainya. Bangun kreativitas si kecil dan arahkan bakat mereka dengan cara edukatif serta menyenangkan. Cara ini juga dapat membantu memotivasi anak agar semangat belajar dengan cara yang mereka sukai.

 

Menumbuhkan Kebiasaan Membaca pada Si Kecil

 

Menumbuhkan Kebiasaan Membaca pada Si Kecil pathwayskids.org

Menumbuhkan Kebiasaan Membaca pada Si Kecil pathwayskids.org

Meskipun era teknologi yang semakin canggih menawarkan penyajian informasi secara instan dan praktis, bukan berarti Anda mengabaikan kegiatan membaca dalam keluarga. Sebagai orang tua, penting bagi Anda untuk menumbuhkan kebiasaan membaca pada si kecil sejak dini.

 

Menciptakan Suasana yang Santai dan Menyenangkan

Menciptakan Suasana yang Santai dan Menyenangkan .bp.blogspot.com

Menciptakan Suasana yang Santai dan Menyenangkan .bp.blogspot.com

Proses belajar tidak selalu dilakukan di sekolah, melainkan juga di rumah. Oleh karena itu, Anda perlu membimbing anak selama proses belajar berlangsung. Ciptakanlah suasana yang santai dan menyenangkan agar anak semangat selama melakukan kegiatan belajar.

 

Memberikan Nutrisi yang Tepat

 

Memberikan Nutrisi yang Tepat img.inews.id

Memberikan Nutrisi yang Tepat img.inews.id

Bunda, semangat belajar yang dimiliki oleh si kecil tidak akan berhasil jika asupan gizi tidak tercukupi dengan baik. Saat proses belajar, seseorang memerlukan asupan gizi yang baik dan tepat bagi otaknya karena otak adalah pusat bagi pemahaman dan konsentrasi. Jadi, sudah pasti bahwa seseorang yang memiliki gizi buruk cenderung tidak dapat berkonsentrasi dengan baik.

Itu dia 7 kiat yang bisa Anda lakukan untuk memotivasi anak agar semangat belajar. Ingat, peran Anda sebagai orang tua sangat penting sehingga hindari memaksa atau memarahi anak dalam proses belajar. Sebaliknya, ajarkan anak dengan pelan dan beri pengertian bahwa belajar adalah aktivitas penting yang sangat penting bagi kehidupan mereka kelak.

Leave a reply
4 Manfaat Tidur Siang bagi Perkembangan Anak yang Wajib Anda TahuBunda, Ini Dia Cara Mengatasi Penyakit Gondongan pada Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!