Begini Cara Efektif Mengajari Anak Membersihkan Kamar Tidur Sendiri

28 September 2017

Beberapa orang tua mulai memberikan kamar tidur sendiri untuk si kecil saat mereka menginjak usia tahun tahun. Hal ini dilakukan untuk membiasakan si kecil memiliki sifat mandiri sejak usianya masih belia. Namun, sebagai orang tua, Anda tidak boleh lupa untuk turut mengajari anak membersihkan kamar tidur sendiri untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri mereka. Selain itu, kamar yang bersih tentu akan bermanfaat terhadap kesehatan tubuh si kecil.

 

Memang, bukan hal yang mudah untuk membuat si kecil mau merapikan kamar tidurnya sendiri. Terlebih jika mereka memiliki banyak mainan, pasti melihatnya berserakan pun sudah membuat mereka enggan. Bagi mereka, asalkan nyaman, kamar berantakan pun tak akan jadi masalah. Namun, jika itu terjadi, Anda bisa melakukan cara-cara sederhana berikut agar si kecil mau membersihkan kamarnya sendiri.

 

Mulailah dari Merapikan Mainan

Merapikan Mainan

Merapikan Mainan

Pendampingan selalu menjadi cara terbaik untuk membujuk si kecil melakukan sesuatu, termasuk saat mengajari anak membersihkan kamar tidur. Sebagai tahap awal, Anda bisa membantu si kecil merapikan mainan-mainannya yang berserakan dan meletakkannya di tempatnya semula. Anda juga bisa membuat permainan sederhana berupa mengikuti jejak agar si kecil tahu di mana harus meletakkan mainan-mainannya.

 

Lanjutkan dengan Merapikan Tempat Tidur

Merapikan Tempat Tidur

Merapikan Tempat Tidur

Setelah selesai merapikan mainan, kini Anda bisa mengajak si kecil untuk merapikan tempat tidur. Anda bisa memulainya dengan mengajari si kecil bagaimana melipat selimut, lalu menata bantal dan guling. Setelah itu, baru menata seprai. Jangan lupa buka jendela agar udara segar bisa masuk dan kamar tidak pengap. Jika tempat tidur sudah bersih, ajak si kecil melihat bagaimana Anda menyapu lantai kamarnya.

 

Mainkan Lagu Kesukaan Si Kecil

Bermain Sambil Bersih-Bersih

Bermain Sambil Bersih-Bersih

Saat Anda mengajari anak membersihkan kamar tidur, tak jarang rasa bosan dan malas datang secara tiba-tiba. Jika hal itu terjadi, Anda bisa menyiasatinya dengan memutarkan lagu kesukaan mereka. Jika perlu, ajak si kecil bernyanyi dan berjoget bersama sambil bersih-bersih. Dengan demikian, si kecil akan kembali gembira dan bersemangat. Bersih-bersih pun jadi tidak membosankan.

 

Abadikan Semangat Si Kecil Saat Merapikan Kamar

Abadikan Saat AnakMerapikan Tempat Tidur

Abadikan Saat AnakMerapikan Tempat Tidur

Foto selalu bisa menjadi pengingat terbaik atas semua hal yang pernah dilakukan. Anda bisa mengabadikan si kecil yang sedang merapikan kamar tidurnya dan menunjukkannya setelah selesai. Cetak dan bingkai foto terbaik, lalu pajang di kamar si kecil. Selain foto saat si kecil berbenah, Anda juga bisa memotret keadaan kamar si kecil sebelum dan setelah dirapikan. Kemudian tunjukkan pada si kecil perbedaannya.

 

Berikan Apresiasi atas Kerja Kerasnya

Berika Apresiasi Pada Anak

Berikan Apresiasi Pada Anak

Kemauan si kecil untuk membersihkan kamar tidur sendiri patut dihargai, lho. Sebagai bentuk apreasiasi, Anda bisa memberikan hadiah berupa mainan kesukaan si kecil atau memasakkan makanan kesukaannya. Anda juga bisa mengajaknya jalan-jalan di akhir pekan ke tempat-tempat favorit mereka. Pasti, si kecil akan semakin semangat untuk merapikan kamarnya.

 

Agar menjadi terbiasa, sebaiknya Anda mengajari anak membersihkan kamar tidur setiap hari, misalnya setelah sarapan. Dengan demikian, si kecil tidak akan lupa pada kewajibannya. Namun, perlu diingat, jangan sampai rutinitas tersebut malah menjadi beban yang membuat si kecil stres. Jika itu terjadi, tentu si kecil tidak akan mau lagi merapikan kamarnya.

 

Memang, dibutuhkan kesabaran ekstra saat mengajari anak membersihkan kamar tidur mereka sendiri. Oleh karena itu, jangan memaksa si kecil untuk melakukannya, terlebih ketika mereka sedang tidak ingin. Tidak apa jika sesekali Anda membebaskan si kecil dari pekerjaan tersebut, tentunya dengan iming-iming hadiah jika mereka mau melakukannya esok hari.

Leave a reply
Anak Kecanduan Gadget? Lakukan 5 Tips Berikut IniInilah 4 Cara Mengajarkan Anak Menerima Kekalahan

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!