5 Trik Membuat Anak Bersemangat untuk Pergi Sekolah

26 April 2019

Anak yang rewel karena enggan pergi sekolah bukanlah masalah yang aneh bagi para orang tua. Sifat anak yang cenderung mudah bosan dan sangat manja membuat mereka terkadang tidak ingin melakukan rutinitas hariannya, termasuk sekolah.
Sebagai orang tua, Anda mungkin merasa jengkel apabila anak tidak mau berangkat sekolah. Karena wawasan parenting yang masih sangat terbatas, para orang tua biasanya akan memarahi si kecil. Padahal, sejatinya ada berbagai cara “halus” yang bisa dicoba untuk membuat mereka lebih bersemangat untuk pergi sekolah.
Untuk mempermudah Anda, inilah 5 trik yang bisa dipraktikkan untuk membujuk anak pergi sekolah:

1. Membelikan Peralatan Sekolah Baru

Pergi Sekolah

pixabay.com

Membelikan peralatan sekolah baru mampu membuat anak lebih bersemangat untuk pergi ke sekolah. Seperti yang Anda tahu, anak-anak memiliki pola pikir yang sangat simpel. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk membujuk mereka berangkat ke sekolah.

Peralatan sekolah yang Anda belikan tidak harus mahal, sekadar pensil atau penghapus baru pun bisa membuat mereka kembali bersemangat lho.

2. Membuatkan Bekal Makan Siang yang Lucu

Pergi Sekolah

pixabay.com

Membuatkan bekal makan siang bagi anak merupakan hal yang menyenangkan. Saat ini, sudah ada banyak sekali cara untuk membuat bekal makan siang yang menarik, mulai dari membuat kreasi bento berbentuk kartun hingga mengubah sayuran seperti wortel ke berbagai bentuk lucu.
Selain bisa membuat si kecil lebih bersemangat pergi ke sekolah, hal ini juga seru untuk dilakukan karena Anda bisa bereksperimen dengan berbagai jenis makanan.

3. Mengajak Anak Berangkat Bersama Teman-Temannya

Pergi Sekolah

pixabay.com

Terkadang anak merasa malas pergi ke sekolah karena tidak ada teman untuk pergi bersama-sama. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mengatur keberangkatan anak Anda bersama dengan anak-anak lain.
Anda bisa patungan dengan orang tua murid lainnya untuk menyewa kendaraan antar-jemput, atau mengatur supaya anak bisa pergi bersama teman sekolahnya yang berada di dekat rumah.
Selain bisa membuat anak lebih bersemangat, cara ini juga bermanfaat bagi perkembangan interpersonalnya lho.

4. Menelepon Guru di Sekolah

Pergi Sekolah

pixabay.com

Apabila anak benar-benar terlihat enggan untuk pergi ke sekolah, cobalah untuk menelepon guru atau wali kelasnya supaya mereka bisa dibujuk. Jangan lupa pasang telepon ke mode loudspeaker sehingga anak bisa langsung mendengarkan kata-kata gurunya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa anak terkadang lebih mendengarkan omongan guru daripada orang tuanya. Karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga hubungan baik dengan guru-guru di sekolah.

5. Mengantar dan Menemani Anak ke Sekolah

Pergi Sekolah

pixabay.com

Mengantar anak ke sekolah merupakan sebuah hal sederhana yang mampu mendekatkan hubungan Anda dengan mereka. Sayangnya, tidak semua orang tua dapat melakukan hal tersebut.
Apabila ada anak yang biasanya mau pergi sekolah sendirian terlihat malas berangkat, mungkin itulah saatnya bagi Anda untuk meluangkan sedikit waktu untuk mengantar dan menemani mereka di sekolah.
Satu hal yang sangat dicari oleh anak-anak adalah perhatian, karena itu jangan heran jika mereka mendadak manja dan ingin mendapat perhatian lebih dari orang tuanya.

Dari kelima poin di atas, dapat disimpulkan bahwa ada banyak sekali trik yang bisa dicoba untuk membuat anak mau pergi sekolah.
Pada akhirnya, cara-cara di atas cukup efektif untuk membuat mereka mau berangkat. Oleh sebab itu, tidak perlu memarahi anak atau menakut-nakuti mereka dengan hal-hal yang tidak perlu. Selamat mencoba!

Leave a reply
5 Tips Mengatasi Anak Rewel di Kendaraan UmumAwas! Inilah 5 Tanda si Kecil jadi Korban Bullying di Sekolah

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!