Anak Susah Makan? Ketahui 7 Cara Meningkatkan Nafsu Makan

6 November 2018

Tidak perlu risau dan panik kalau anak susah makan. Masalah ini sangat umum dan hampir semua balita mengalaminya. Meski begitu, jangan dianggap sepele. Anak yang susah makan akan berdampak langsung pada tumbuh kembangnya. Jika dibiarkan, pertumbuhan terhambat dan itu berakibat fatal.

Untuk mengantisipasinya, sebaiknya Anda perlu mengetahui 7 cara meningkatkan nafsu makan anak berikut ini.

  1. Jangan Dipaksa

Anak Susah Makan

hellosehat.com

Semakin dipaksa, anak akan semakin susah diatur. Kadang orang tua sering tidak sabaran dalam menghadapi masalah ini. Memaksa adalah cara yang salah. gunakan cara yang lembut dan halus. Jangan lelah untuk selalu membujuknya makan setiap hari. Menjadi orang tua memang membutuhkan kesabaran yang tinggi

  1. Buat Pola Makan Teratur

Anak Susah Makan

hellosehat.com

Kenalkan pada si kecil bahwa makan 3 kali sehari adalah wajib. Lakukan ini setiap hari secara terus menerus, jangan sampai terlambat. Tapi jangan dipaksa, usahakan saja ia mau makan walaupun sedikit.

Dengan pola makan rutin, masalah anak susah makan akan teratasi sedikit demi sedikit. Dan kebiasaan makan teratur ini akan ia bawa hingga beranjak dewasa.

  1. Berikan Camilan yang Sehat dan Lezat

Anak Susah Makan

wartakesehatan.com

Terkadang anak mau makan tapi porsinya terlalu sedikit. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua. Untuk mengantisipasi itu, Anda bisa memberikan cemilan yang lezat namun tetap bergizi tinggi.

Untuk memastikan makanan itu sehat, Anda bisa membuatnya di rumah. Tidak bisa masak? Jangan khawatir, sekarang banyak sekali info seputar resep yang bisa Anda coba mulai dari website hingga video di youtube. Buat camilan sederhana seperti salad buah atau puding.

  1. Ajak Anak Berkreasi dengan Makanannya

Anak Susah Makan

educenter.id

Bukan hanya menyuruhnya makan, Anda juga bisa melibatkannya langsung ketika memasak, seperti saat memasukkan bumbu di atas wajan. Dengan ini Anda juga bisa menimbulkan kedekatan personal antara orang tua dan anak. Selain itu, anak jadi tahu bagaimana proses dari awal hingga makanan siap saji. Secara tidak langsung ia akan belajar bahwa membuang makanan adalah hal yang tidak baik karena proses memasaknya membutuhkan perjuangan yangtidak mudah.

  1. Sajikan Menu yang Bervariasi

Anak Susah Makan

dapuronlinequ.blogspot.com

Bisa jadi alasan anak susah makan adalah karena bosen dengan pola yang itu-itu saja. Karena itu, untuk menarik minat makan anak, Anda bisa menyiasatinya dengan menyajikan menu makan yang bervariasi. Jangan menyajikan masakan yang sama selama beberapahariberturut-turut.. Dengan menu yang bervariasi, ia akan tertarik. Tapi jangan lupa untuk selalu menyajikan makanan yang bergizi tinggi.

  1. Buat Suasana Makan jadi Menyenangkan

Anak Susah Makan

njajan.com

Salah satu alasan yang membuat anak susah makan adalah karena suasana makan yang menyebalkan. Ubah pola pikir itu. Tanam pemikiran bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan dan selalu ditunggu-tunggu. Contohnya Anda bisa menghias makanan bergizi menjadi seperti kartun favoritnya, atau mungkin sesekali Anda bisa mengundang teman si kecil untuk ikut makan bersama-sama.

  1. Kenalkan Anak pada beragam jenis Makanan Bergizi

Anak Susah Makan

vanthulau.wordpress.com

Untuk mengantisipasi anak susah makan, cara lainnya adalah Anda bisa mengenalkan beragam jenis makanan bergizi pada anak. Selain membuat ia tertarik dan ingin tahu lebih jauh, cara ini juga menambah ilmu pengetahuannya. Sudah pernah coba?

Nah, bagaimana? Anda bisa menerapkan 7 cara tersebut untuk mengantisipasi anak susah makan. Kalau cara tersebut masih gagal, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Leave a reply
Mengembangkan Soft Skill Anak Sejak Dini6 Permainan Edukatif yang Baik untuk Kecerdasan Si Kecil

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Contact Us
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!