Anak Suka Jajan? Yuk, Simak 6 Tips Mengatasi Anak Suka Jajan!

31 August 2018

Banyaknya makanan yang dijual di sekitar lingkungan dapat menciptakan kebiasaan anak suka jajan. Apalagi beragam jenis jajanan mudah ditemukan karena letaknya dekat rumah. Anak-anak biasanya akan membeli makanan yang menarik tanpa tahu dampak negatif dari apa yang dimakannya. Bisa jadi makanan tersebut mengandung pewarna, pengawet, atau senyawa berbahaya lainnya  yang berbahaya bagi kesehatan.

Lalu, apakah anak suka jajan juga menjadi masalah yang mengganggu Anda? Yuk, simak 6 tips mengatasi anak suka jajan berikut ini.

Membuat Sendiri Camilan Sehat untuk Anak

anak suka jajan

sumber : superhealthykids.com

Salah satu tips untuk mengatasi anak suka jajan adalah dengan sering menyediakan camilan sehat dan enak untuk anak di rumah. Anda bisa berkreasi membuat berbagai makanan sederhana dengan bahan-bahan yang disukai anak-anak. Jika bingung membuat camilan sehat untuk anak, Anda bisa mencari resep-resepnya di internet. Dengan membuatnya sendiri, Anda bisa menjamin kebersihan dan nutrisi camilan untuk anak Anda.

Membatasi Uang Saku

Anak Suka Jajan

solusisehatku.com

Tips lain yang bisa membantu mengatasi anak suka jajan adalah dengan membatasi pemberian uang saku. Jika Anda biasa memberikan uang saku berlebih untuk anak, maka sudah saatnya untuk membatasinya. Dengan membatasi uang saku, Anda bisa mengurangi kesempatan anak untuk banyak jajan di luar.

Memberikan Pengertian dan Akibat dari Jajan Sembarangan

Anak Suka Jajan

lifestely.okezone.com

Tips lain untuk mengatasi anak suka jajan adalah dengan memberikan anak Anda pengertian tentang risiko yang dihadapi jika gemar jajan sembarangan, misalnya tentang penyakit yang bisa ditimbulkan akibat kandungan berbahaya atau proses pembuatan yang kurang higienis.

Namun, penjelasan saja tidaklah cukup karena anak lebih sering meniru kebiasaan yang orang tuanya lakukan. Jadi, sambil memberikan pengertian, akan lebih baik jika Anda menyertainya dengan memberikan contoh sikap untuk tidak jajan sembarangan. Dengan demikian diharapkan kesukaan anak untuk jajan di luar bisa berkurang.

 Memberikan Edukasi tentang Jajanan Sehat dan Bersih

Anak Suka Jajan

serihusada.co.id

Selanjutnya, berikanlah anak Anda edukasi tentang jajanan sehat dengan cara mengajaknya makan di tempat yang bersih dan bebas dari lalat. Atau jika memungkinkan, ajaklah ia untuk memasak camilan bersama. Melalui kegiatan memasak, Anda bisa menjelaskan bahan-bahan yang sehat, kandungan nutrisinya dan proses pengolahan yang higienis. Dalam kegiatan ini Anda juga bisa sekaligus memberikan edukasi tentang akibat mengkonsumsi jajanan yang tidak sehat.

Mengatur Waktu Makan dan Jajan

Anak Suka Jajan

bentocantik.wordpres.com

Untuk mengatasi anak yang gemar jajan, cobalah untuk mengatur waktu makan dan jajannya secara teratur. Misalnya, berlakukanlah aturan jajan maksimal 1x dalam sehari, itu pun dengan waktu yang sudah ditetapkan, misalnya jam 10 pagi, di jam snack-nya. Jika di luar waktu tersebut anak Anda masih ingin jajan, Anda bisa menggantinya dengan memberi camilan sehat yang Anda buat sendiri atau yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

 Menyiapkan sarapan dan bekal untuk sekolah

Anak Suka Jajan

ceritaeka.com

Tips terakhir yang bisa dicoba untuk mengatasi anak suka jajan adalah dengan menyiapkan sarapan dan bekal sekolah setiap hari. Hal ini bertujuan agar anak Anda terhindar dari jajan sembarangan. Anak Anda akan kenyang karena sudah sarapan di rumah. Ketika waktu makan di sekolah, anak bisa menyantap bekal yang telah Anda siapkan dari rumah. Untuk itu, Anda harus memiliki menu yang bervariasi serta tampilan makanan yang menarik agar anak Anda tidak mudah bosan memakan bekalnya.

Semoga 6 tips di atas dapat membantu Anda mengatasi kebiasaan anak suka jajan. Selamat mencoba!

Leave a reply
Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sejak Usia DiniBikin Lucu dan Cantik, Ini 7 Cara Menata Rambut Anak Perempuan

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!