Agar Anak Punya Tubuh Tinggi, Yuk Bantu dengan Makanan Ini!

21 December 2018

Ketika membahas tentang tinggi badan, berbagai faktor memainkan peran penting. Salah satu faktor memengaruhi tinggi tubuh seseorang adalah genetika. Selain faktor keturunan, asupan nutrisi dan stimulasi fisik juga penting agar anakbisa punya tubuh tinggi.

Dalam hal ini, hormon pertumbuhan manusia (atau HGH) bertugas mengaturtinggi badan. Hormon tersebut dikeluarkan oleh kelenjar pituitari. Karena itu,Anda perlu mendorong anak untuk makan makanan yang dapat meningkatkan produksi HGH. Nah, berikut ini beberapa makanan yang bisa membantu anak punya tubuhtinggi ideal.

Susu

Punya Tubuh Tinggi
nationalpost.com

Susu kaya akan kalsium yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan anak. Minuman sehat ini juga membuat tulang kuat. Selain itu, vitamin A yang terdapat dalam susu bisa membantu penyerapan kalsium oleh tulang. Susu sendiri adalah sumber protein yang dapat membantu pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Oleh karenanya, anak-anak disarankan untuk minum dua hingga tiga gelas susu setiap hari.

Buah dan sayuran segar

Punya Tubuh Tinggi
lynnrossy.com

Asupan buah dan sayuran segar sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal ini karena mereka mengandung banyak serat, vitamin, potassium, dan folat. Vitamin A dalam sayuran dan buah juga bisa membantu perkembangan tulang dan jaringan tubuh. Beberapa sumber vitamin A yang baik untuk dikonsumsi adalah pepaya, wortel, brokoli, bayam, ubi jalar, mangga, semangka, dan aprikot. Di samping itu, makanan kaya vitamin C seperti jeruk juga dapat membantu mengatasi masalah pertumbuhan pada anak.

Biji-bijian

Punya Tubuh Tinggi
brighamhealthhub.org

Biji-bijian adalah sumber energi yang baik untuk tubuh. Mereka adalah sumber serat, vitamin, besi, magnesium, dan selenium. Biji-bijian juga mengandung banyak kalori penting yang dibutuhkan tubuh selama masa pertumbuhan. Oleh sebab itu, makanan seperti beras merah dan gandum utuh baik dikonsumsi untuk anak yang ingin punya tubuh tinggi.

Oatmeal

Punya Tubuh Tinggi
shutterstock.com

Oatmeal adalah makanan yang dapat membantu anak punya tubuh tinggi ideal. Ini merupakan sumber protein nabati yang dapat membantu meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak. Maka dari itu, yuk ajak anak Anda untuk menikmati sarapan gandum setiap pagi!

Telur

Punya Tubuh Tinggi
marthastewart.com

Telur mengandung banyak protein dan vitamin B12. Untuk membuat anak punyatubuh tinggi, maka berikan ia makan setidaknya satu hingga tiga telur setiap hari.

Ayam

Punya Tubuh Tinggi
parents.com

Ayam adalah makanan kaya protein. Bahkan, ayam adalah salah satu yang paling bergizi dalam daftar sumber makanan hewani. Karena itu, mengonsumsi ayam dapat membantu perkembangan otot dan jaringan yang memiliki pengaruh langsung terhadap tinggi badan.

Kedelai

Punya Tubuh Tinggi
alibaba.com

Kacang kedelai merupakan salah satu sumber protein tertinggi dalam daftar makanan nabati dan jika dikonsumsi secara proporsional dapat membantu perkembangan jaringan tubuh, termasuk tulang pada masa anak-anak.

Daging sapi

Punya Tubuh Tinggi
Fiveprime.com

Daging merah mengandung protein dalam jumlah tinggi, termasuk daging sapi. Untuk itu, sesekali hidangkanlah daging sapi untuk buah hati Anda di rumah. Namun, jangan makan daging sapi secara berlebihan karena dapat memicu masalah kolesterol.

Ikan

Punya Tubuh Tinggi
en.wikipedia.org

Ikan juga termasuk salah satu makanan yang dapat mendorong pertumbuhan tubuh. Dalam hal ini, salmon dan tuna adalah dua jenis ikan yang sangat kaya vitamin D dan protein. Karena itu, mengonsumsi tuna dapat membantu meningkatkan pertumbuhan badan anak Anda.

Kacang-kacangan

Punya Tubuh Tinggi
health.harvard.edu

Kacang-kacangan juga dikemas dengan nutrisi yang sangat penting, tidak hanya untuk pertumbuhan badan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Makan segenggam kenari, almond, kacang mete, atau pistachio setiaphari, akan memberi anak asupan protein, vitamin, mineral, dan serat makanan.

Faktanya, genetika menentukan 60 hingga 80 persen tinggi anak. Sisanya ditentukan oleh faktor lingkungan seperti nutrisi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan nutrisi yang tepat sejak fase awal pertumbuhan anak.

Leave a reply
8 Kesalahan Mendisiplinkan Anak yang Harus Dihindari Orang TuaAnak Suka Mengisap Jempol? Lakukan Tips Ini untuk Menghentikan Kebiasaannya!

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!