Ramuan Alami untuk Menjaga Kesehatan Rambut Si Kecil

12 March 2018

Membuat ramuan untuk menjaga kesehatan rambut dari bahan alami sebenarnya mudah dilakukan serta tidak memerlukan keahlian khusus. Merawat rambut dengan bahan alami juga merupakan cara sempurna untuk mempertahankan kelembapan rambut anak yang hilang setelah seharian beraktivitas. Penggunaan bahan alami juga lebih aman diaplikasikan pada anak dibanding produk perawatan kimia. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut serta membuatnya tampak berkilau.

Minyak Zaitun dan Madu

Minyak Zaitun dan Madu-3.bp.blogspot.com

Minyak Zaitun dan Madu-3.bp.blogspot.com

Kandungan nutrisi dalam minyak zaitun dan madu membuat ramuan ini sering digunakan dalam perawatan wajah. Namun, ternyata minyak zaitun dan madu juga bermanfaat bagi kesehatan rambut. Agar rambut si kecil tetap sehat dan berkilau, aplikasikan campuran minyak zaitun dan madu secara berkala.

Caranya campur 6 sendok makan minyak zaitun dan 4 sendok makan madu murni dalam satu wadah. Aduk rata dan aplikasikan ramuan ini sebagai masker rambut. Tutupi rambut menggunakan handuk atau plastik dan diamkan selama 15-30 menit agar ramuan bekerja maksimal.

Madu dan Susu

Madu dan Susu-static.viva.co.id

Madu dan Susu-static.viva.co.id

Ramuan madu dan susu dipercaya sebagai perawatan kesehatan rambut sejak zaman dahulu. Perpaduan dua bahan ini sangat baik digunakan untuk mengatasi rambut kering. Gunakan campuran madu dan susu satu atau dua kali dalam seminggu untuk membuat rambut menjadi tidak kering dan lebih sehat.

Cara membuat ramuan alami ini, pertama siapkan setengah gelas susu dan 2 sendok makan madu. Aduk rata keduanya lalu oleskan pada rambut dan biarkan selama kurang lebih satu jam. Terakhir bilas rambut menggunakan sampo seperti biasa. Lakukan perawatan ini secara rutin agar rambut menjadi sehat, bersinar, dan lembut.

Minyak dari Kemiri

Minyak dari Kemiri-www.satujam.com

Minyak dari Kemiri-www.satujam.com

Kemiri termasuk ke dalam bahan dapur yang digunakan dalam berbagai masakan tradisional. Namun, tahukah Anda kalau kemiri dapat diolah menjadi minyak yang  bisa merawat kesehatan rambut anak secara alami. Selain mampu merawat kilau rambut, minyak kemiri juga bermanfaat menyuburkan serta menghitamkan rambut.

Cara membuat minyak kemiri adalah sebagai berikut, pertama bakar beberapa buah kemiri hingga keluar minyaknya. Lalu tumbuk kemiri hingga halus dan oleskan ramuan ini ke seluruh kulit dan rambut kepala. Tunggu sekitar 30 menit dan bilas dengan sampo seperti biasa.

Buah Alpukat dan Putih Telur

Buah Alpukat dan Putih Telur-www.mukaberminyak.com

Buah Alpukat dan Putih Telur-www.mukaberminyak.com

Kandungan lemak baik dalam buah alpukat sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, buah alpukat juga bermanfaat mengatasi rambut kering serta susah diatur. Perawatan rutin menggunakan buah ini akan membuat rambut menjadi halus dan tidak bercabang.

Cara mengolahnya, pertama ambil buah alpukat dan haluskan daging buahnya. Campur alpukat halus dengan 2 butir putih telur dan oleskan ke seluruh kulit dan rambut kepala. Tunggu ramuan ini meresap ke rambut kira-kira selama 30 menit dan bilas dengan sampo seperti biasa.

Lidah Buaya

Lidah Buaya-static.viva.co.id

Lidah Buaya-static.viva.co.id

Bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kesehatan rambut berikutnya, adalah lidah buaya. Khasiat lidah buaya hampir sama dengan minyak kemiri, yaitu menyuburkan rambut. Untuk mendapatkan manfaatnya, ambillah daging lidah buaya yang berbentuk seperti gel. Usapkan gel tersebut ke setiap bagian kulit kepala dan biarkan hingga semalaman. Bungkus rambut dengan handuk atau plastik agar hasilnya maksimal. Keesokan harinya, bilas rambut menggunakan sampo seperti biasanya.

 

Setelah Anda tahu ramuan alami yang bisa digunakan untuk merawat kesehatan rambut anak, mulailah mengganti produk perawatan rambut Anda dengan bahan-bahan tersebut. Selain itu, hindari pemakaian alat pengering rambut dan biarkan rambut kering alami setelah keramas. Hal ini karena penggunaan alat pengering rambut dapat merusak kelembapan alami rambut.

Leave a reply
Ingin Gigi Anak Sehat? Yuk, Ajak Buah Hati Mengonsumsi Makanan IniTips Memilih Pakaian Anak untuk Menghadapi Musim Hujan

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Contact Us
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!