8 Cara Paling Efektif Mengajar Membaca Anak TK

8 December 2018

Setiap anak memiliki pemahaman dan cara berpikir yang berbeda-beda. untuk itu, mengajar membaca anak TK harus dengan kesebaran dan pendekatan yang baik. Kekerasan atau emosi adalah cara yang paling tidak dibenarkan.

Ada kalanya anak dapat belajar dengan membaca dengan mudah, namun tidak sedikit yang harus diajari dengan lebih intens agar mampu membaca dengan lancar. Banyak pendekatan yang bisa orang tua dan guru lakukan sehingga anak dapat dengan cepat memahami cara membaca. Berikut ini 8 cara mengajar membaca anak TK yang bisa diterapkan di rumah.

Mengenalkannya pada Huruf

Mengajar Membaca Anak TK
novakdjokovicfoundation.org

Sebelum mulai membaca, Anda perlu mengenalkannya pada semua huruf. Buat si kecil memahami setiap huruf dengan baik sehingga dapat dirangkai menjadi sebuah kata.Orang tua dapat mengajarkannya dengan menuliskan semua huruf satu per satu.

Belajar dengan Cara Menyenangkan

Mengajar Membaca Anak TK
verywellfamily.com

Cara yang menyenangkan mengajar membacaa nak TK bisa dilakukan dengan berbagai hal, seperti menggunakan alat bantu mainan huruf atau poster nama-nama buah dan hewan. Bisa juga dengan sesuatu yang kreatif seperti belajar sambil liburan atau dengan memberikan hadiah bagi anak yang mampu membaca dengan benar.

Banyak cara kreatif yang bisa diterapkan untuk mengajar membaca anak TK. Anda bisa menggunakan ide kreatif sendiri denga nmemanfaatkan apa yang ada di sekitar, tidak perlu harus membelinya di toko.

Mengenalkan Berbagai Kalimat Utuh

Mengajar Membaca Anak TK
theconversation.com

Membaca secara utuh cederung lebih mudah dipahami anak dari pada membaca satu per satukata. Untuk langkah awal Anda bisa ajarkan anak membaca kalimat sederhana seperti “Ibu memasak nasi” atau “Ayah sedang bekerja”.

Membacakan Cerita Sebelum Tidur

Mengajar Membaca Anak TK
theconversation.com

Cerita sebelum tidur memiliki manfaat yang sangat baik bagi daya ingat anak. Setiap kata yang didengar akan lebih mudah diingat sehingga anak akan lebih mudah belajar membaca.

Ajarkan Pentingnya Membaca

Mengajar Membaca Anak TK
schoolstart.com.au

Anda bisa mengajari anak untuk mulai membaca apa saja yang ada di sekitar seperti papan reklame yang dilewati, tulisan pada baju; poster; atau nama jalan. Dengan begitu, cepat atau lambat anak akan terbiasa dan mengetahui bahwa membaca memberikan banyak pengetahuan baru.

Membaca Sambil Bernyanyi

Mengajar Membaca Anak TK
dyslexia.ie

Menyanyi selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa membuat sebuah atau beberapa kalimat yang dapat menjadi lagu lalu minta anak menyanyikan setelah Anda mencontohkannya. Akan lebih baik kalau ada iringan musik, namun jika tidak ada juga tidak masalah.

Tapi untuk melakukan ini, pastikan anak suka bernyanyi atau musik sehingga lebih mudah belajar. Hal ini akan menjadi boomerang bila anak tidak suka, karena akan berakibat anak semakin sulit memahami.

Belajar Rutin

Mengajar Membaca Anak TK
helim.com

Butuh latihan yang rutin agar anak dapat membaca dengan lancar. Meski dilakukan terus menerus, kalau dengan cara yang menyenangkan anak tidak akan bosan, bahkan mungkin tidak sabar menanti waktu belajar. Dengan belajar secara rutin serta didukung cara belajar yang baik, maka anak akan dapat lebih cepat membaca. Sama halnya dengan pisau yang diasah terus-menerus.

Jangan Memaksa

Mengajar Membaca Anak TK
independent.co.uk

Terakhir dan yang terpenting adalah jangan memaksa. Semakin Anda memaksa, anak akan semakin sulit memahami. Mengajar membaca anak TK harus dengan kelembutan dan kesabaran. Kemampuan dan cara berpikir setiap anak berbeda-beda, sehingga orangtua atau yang mengajarinya harus memahami si kecil dengan bijak.

Setiap anak adalah spesial, jangan memarahinya karena belum juga bisa membaca dengan benar. Anak sangat membutuhkan rangkulan orang tua yang bersedia mengajari tanpa bosan.

Leave a reply
Was-Was Terhadap Tontonan Anak? Lakukan 6 Tips Berikut Ini5 Rekomendasi Memilih Baju Bayi Terbaik untuk Buah Hati Anda

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!