Tips Mengajarkan Bahasa Inggris Untuk Anak Sejak Dini

16 November 2018

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris merupakan sesuatu yang selayaknya dimiliki oleh generasi muda di era modern. Pasalnya, batas antarnegara kini sudah semakin tipis dan semakin mudah menjalin hubungan dengan masyarakat di negara lain, baik di bidang bisnis, sosial, maupun kebudayaan. Maka, Bahasa Inggris untuk anak pun menjadi sesuatu yang penting guna menunjang kariernya di masa depan.

Namun, bagaimana caranya memperkenalkan Bahasa Inggris untuk anak sejak dini dengan mudah dan menarik? Jangan khawatir, beberapa cara sederhana dan menarik ini bisa Anda praktekkan di rumah:

1.Menempelkan Label Pada Beberapa Barang

Mengajarkan Bahasa Inggris Untuk Anak Sejak Dini

kinghtmlcode.com

Anda bisa memulai perkenalan Bahasa Inggris untuk anak menggunakan barang-barang yang ada di rumah Anda. Lekatkan label yang berisikan istilah barang yang bersangkutan dalam Bahasa Inggris.

Lama kelamaan, anak Anda pun akan hafal dengan Bahasa Inggris dari beberapa benda. Namun pastikan Anda menempelkan label yang cukup besar, kuat, tetapi juga tidak merusak benda-benda yang ada di rumah ya.

  1. Menyetel Video dalam Bahasa Inggris

Mengajarkan Bahasa Inggris Untuk Anak Sejak Dini

jukinewblog.blogspot.com

Cobalah untuk memberikan konten video edukasi Bahasa Inggris untuk anak, seperti misalnya lagu-lagu tentang cara memberi salam dalam Bahasa Inggris, lagu tentang abjad dan benda, atau lagu tentang situasi dalam Bahasa Inggris. Alih-alih menganggap sebagai pelajaran yang berat, anak Anda akan merasa gembira dan cepat dalam menghafalkan kosakata Bahasa Inggris.

Hanya saja, bila Bahasa Inggris bukan bahasa utama di rumah, kebanyakan dokter anak menyarankan untuk mengajarkan Bahasa Inggris setelah anak bisa berbicara bahasa ibu. Beberapa anak mengalami kebingungan berbahasa karena menyerap dua bahasa sekaligus dalam satu waktu, sebelum dirinya dapat berbicara.

  1. Berdialog dalam Bahasa Inggris

Mengajarkan Bahasa Inggris Untuk Anak Sejak Dini

lifestyle.okezone.com

Bagilah tugas dengan pasangan. Misalnya, Anda berbicara kepada anak dalam Bahasa Inggris, sementara pasangan berbicara dalam Bahasa Indonesia, atau sebaliknya. Lama-kelamaan, anak Anda pun akan terbiasa berbicara dalam dua bahasa secara alamiah dan lancar.

Namun, jangan terlalu menekankan pada aspek gramatikal. Ajarkan grammar Bahasa Inggris untuk anak yang benar, tapi jangan menyalahkan anak bila dia melakukan kesalahan gramatikal yang tidak fatal. Terlalu kaku dalam berbahasa akan membuat anak trauma dan malas mempelajari bahasa baru. Jadikan proses pembelajaran bahasa sebagai sesuatu yang menyenangkan untuknya.

  1. Gunakan Permainan sederhana

Mengajarkan Bahasa Inggris Untuk Anak Sejak Dini

todaysparent.com

Mengajarkan Bahasa Inggris untuk anak akan lebih menyenangkan bila menggunakan media permainan. Nah, salah satu permainan menyenangkan yang bisa Anda lakukan adalah mengajak anak keluar rumah, kemudian bermain tebak-tebakan bahasa dengan segala hal yang Anda dan anak temui di luar.

Bukan hanya mudah menyerap Bahasa Inggris, anak juga akan merasa gembira. Kegembiraan ini akan membuat proses pengenalan Bahasa Inggris untuk anak menjadi lebih mudah. Selain itu, bermain bersama anak juga akan meningkatkan kualitas hubungan Anda dan anak.

  1. Menggunakan flash-card

Mengajarkan Bahasa Inggris Untuk Anak Sejak Dini

tokopedia.com

Dilengkapi dengan gambar yang menarik, flash-card merupakan salah satu alat yang efektif dalam mengajarkan Bahasa Inggris untuk anak. Flash-card juga terdiri atas kata-kata tunggal yang mudah untuk dihafalkan dan tidak rumit. Nah, bagaimana cara mengajarkan anak dalam Bahasa Inggris menggunakan flash-card?

Pertama, Anda bisa mengajak anak untuk memilih salah satu dari sekian flash-cards tertutup yang ada di atas meja. Kemudian, mintalah anak untuk menjelaskan apa yang dia lihat di flash-cards dan mengucapkan kata dalam Bahasa Inggris yang ada di sana.

Bila anak Anda hobi meremas kartu dan barang-barang lainnya, belilah flash-cards yang anti-sobek agar flash-cards tersebut bertahan lama.

Bagaimana? Sudah siap mengajarkan Bahasa Inggris untuk anak? Selain komitmen kuat, Anda juga harus memiliki kesabaran karena anak-anak biasanya mudah bosan. Selamat menjadi orangtua serta guru yang baik, ya.

Leave a reply
Lakukan 7 Cara Sehat untuk Menurunkan Kelebihan Berat Badan si KecilSimak 5 Cara Mengolah Makanan Sehat Menjadi Camilan Untuk Anak yang Menyenangkan

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!