Anak Masuk TK? Ini Cara Agar Dia Cepat Beradaptasi

15 January 2019

Bayi mungil yang dahulu Anda lahirkan akan segera masuk TK? Sebagai orang tua, sangat wajar apabila Anda merasa cemas dan gugup ketika mengetahui si kecil akan memasuki lingkungan baru. Namun tentunya, TK bisa menjadi tempat yang tepat bagi anak-anak untuk berinteraksi dengan teman sebaya dan mendapatkan pelajaran hidup yang berharga seperti mengerti caranya berbagi dan mematuhi aturan. Karena itu, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu si kecil beradaptasi dengan sekolahnya.

Membangun ikatan antara guru dan anak

 

Anak-anak perlu merasa terhubung dengan orang dewasa yang mereka pikir akan membuat mereka tetap aman. Jadi ketika mereka tidak bersama orang tua, anak-anak dapat mengalihkan fokus kepada guru di sekolah. Maka, bila Anda melihat si kecil merasa tidak senang dengan sekolahnya, segera hubungi gurunya. Jelaskan bahwa si kecil belum bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya, sehingga Anda berharap staf sekolah dapat membantunya untuk merasa lebih nyaman.

Mendorong si kecil untuk menjalin pertemanan

Si kecil perlu merasa terikat dengan setidaknya satu anak di sekolahnya. Coba tanyakan kepada gurunya apakah dia memperhatikan dengan siapa anak Anda bergaul. Atau coba tanyakan kepada si kecil, siapa anak yang ingin ia undang untuk bermain ke rumah. Jika si kecil merasa tidak yakin tentang bagaimana anak lain akan menanggapi undangannya, Anda dapat mengundang ibu beserta anak yang dimaksudnya untuk makan es krim bersama sepulang sekolah. Dan siapa tahu, Anda dan orang tua anak tersebut juga akan cocok.

Melakukan sebuah ritual perpisahan

Bagi kebanyakan anak, tantangan terbesar saat hendak masuk TK adalah mengucapkan selamat tinggal kepada orang tua. Karena itu, Anda bisa melakukan sebuah ritual perpisahan yang disukainya, seperti memberinya pelukan dan ucapan: “Ibu mencintaimu, kamu mencintai ibu, semoga harimu menyenangkan dan ibu akan menjemputmu jam 12!”. Selain itu, anak-anak biasanya juga suka memasang foto keluarga yang dilaminasi di ransel mereka. Intinya, berikanlah anak Anda sebuah token yang dapat ia bawa sebagai penyemangat ketika merasa sendirian.

Menenangkan ketakutan si kecil

Anak-anak diprogram untuk meminta jaminan pada orang tua tentang apa yang berbahaya dan apa yang tidak. Jadi saat Anda merasa berempati dengan kecemasan si kecil, pastikan bahwa Anda sudah memantapkan hati jika ia akan aman dan bahagia di sekolahnya. Jelaskan kepadanya bahwa sangat wajar jika ia merasa sedikit cemas tentang lingkungan barunya. Lalu ceritakan kepadanya tentang pengalaman pertama Anda saat masuk TK. Kemudian akhiri setiap percakapan dengan “Kita akan selalu bersama lagi”, sehingga ia dapat mengulangi mantra ini untuk dirinya sendiri saat sedang cemas.

Tetap terhubung dengannya

Ketika si kecil pertama kali masuk TK, ia akan membutuhkan banyak perhatian dari Anda. Maka, luangkan waktu setiap pagi, setidaknya 10 menit untuk meringkuk bersamanya di tempat tidur atau sofa. Pada saat itu, berikan 100% perhatian Anda kepadanya. Pun, setiap pulang sekolah, ketika Anda bertemu lagi dengannya, berikan waktu khusus untuk mendengarkan segala hal tentang harinya.

Selalu menjemputnya tepat waktu

Si kecil pertama kali masuk TK? Pastikan bahwa Anda datang beberapa menit lebih awal sebelum jam pulang. Karena jika si kecil keluar sekolah dan tidak langsung melihat Anda, itu bisa memperburuk kecemasannya. Akibatnya, ia bisa merasa tidak nyaman untuk kembali ke sekolah.

Inilah enam hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu si kecil beradaptasi dengan lingkungan barunya. Semoga bermanfaat!

Leave a reply
Bikin Si Kecil Lepas dari Empeng? Coba Cara Ini Deh!Si Kecil Merengek Minta HP? Coba Bikin Kontrak Ini dengannya

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!