5 Cara Efektif Mengenalkan Teknologi pada Anak

12 December 2018

Sebagai orang tua, mengenalkan teknologi pada anak merupakan sebuah kewajiban. Apalagi pada saat ini penggunaan teknologi sudah menjadi bagian dari keseharian yang tidak bisa ditinggalkan.

Teknologi yang dimaksud di sini tidak hanya sebatas teknologi gawai atau perangkat komunikasi saja, tapi juga mencakup teknologi-teknologi lain yang umum digunakan sehari-hari, seperti komputer dan alat-alat elektronik.

Mengenalkan teknologi pada anak sangat penting karena hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan adaptasi si kecil terhadap berbagai perangkat otomatis sekaligus membentuk si kecil menjadi pribadi yang “melek teknologi”. Sayangnya belum banyak orang tua yang paham bagaimana cara mengenalkan teknologi secara efektif kepada anak.

Untuk mempermudah Anda, berikut ini adalah 5 cara yang efektif untuk mengenalkan teknologi pada anak:

Mulai Dari Hal Kecil

Mengenalkan Teknologi pada Anak
jenloveskev.com

Memulai dari hal yang kecil merupakan cara paling aman dan efektif untuk mengenalkan teknologi pada anak. Jika anak Anda masih berusia di bawah 5 tahun, sebaiknya batasilah penggunaan teknologi pada benda-benda sederhana yang umum dipakai di rumah seperti remot televisi atau remot AC.

Seiring dengan pertumbuhan si anak, Anda pun dapat meningkatkan variasi penggunaan teknologi seperti mengajari anak membuat es krim dengan alat-alat dapur atau mengajarkan cara mengetik teks sederhana di komputer.

Jangan terlalu cepat memberikan akses terhadap teknologi yang kompleks seperti gawai atau tablet yang terhubung langsung dengan internet karena hal tersebut justru bisa berdampak negatif bagisi kecil.

Membatasi Penggunaan Teknologi pada Gadget

Mengenalkan Teknologi pada Anak
brisbanekids.com.au

Bagi anak-anak di usia lebih dari 5tahun, Anda sudah boleh mengenalkan teknologi gawai melalui smartphone atau tablet kepada si kecil. Akan tetapi, batasilah penggunaan teknologi tersebut secara tegas.

Jangan biarkan anak mengakses internet melalui browser atau peramban. Batasilah penggunaan gadget hanya pada aplikasi game atau Youtube dengan fitur kontrol orang tua (parental control) yang diaktifkan.

Belikan Mainan yang Menstimulasi Rasa Penasaran Anak Terhadap Teknologi

Mengenalkan Teknologi pada Anak
MobileShop.eu

Mainan juga dapat menjadi alat yang efektif untuk mengenalkan teknologi pada anak. Tak hanya menggunakan permainan dalam bentuk digital di smartphone atau komputer, saat ini ada banyak sekali mainan yang canggih sekaligus edukatif sehingga bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil.

Tentu saja mainan yang Anda gunakan untuk mensti mulasi rasa penasaran anak terhadap teknologi harus disesuaikan dengan umur si anak. Apabila anak sudah berada di usia sekolah, Anda dapat mulai membelikan mainan canggih dengan kontrol yang lebih kompleks sepertimobil remote controlatau mini drone.

Melakukan Pengawasan secara Serius

Mengenalkan Teknologi pada Anak
digitaltrends.com

Penting untuk diingat bahwa penggunaan gawai atau perangkat elektronik sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan orang dewasa untuk menjamin keamanan si kecil.

Tak hanya perangkat elektronik, Anda juga melakukan pengawasan saat anak-anak bermain dengan mainan yang menggunakan listrik dan baterai. Sebagian anak memiliki rasa penasaran yang lebih tinggi sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan hal konyol seperti memakan baterai atau memegang komponen listrik secara langsung.

Beri Contoh yang Baik

Mengenalkan Teknologi pada Anak
CNBC.com

Memberi contoh secara langsung merupakan cara yang paling efektif untuk mengenalkan teknologi pada anak.

Dengan kata lain, apabila Anda tidak ingin anak Anda kecanduan teknologi dan menggunakan gawai secara berlebihan, Anda harus memberi contoh dengan tidak memainkan gadget di depan anak secara berlebihan.

Itulah 5 cara efektif untuk mengenalkan teknologi pada anak. Sebagai penutup, dengan kemajuan perkembangan teknologi saat ini, Anda sebagai orang tua dituntut untuk lebih jeli dalam mencari dan menyeleksi apa saja teknologi yang dapat memberi manfaat bagiperkembangan si kecil. Oleh karena itu, Anda tidak boleh “gaptek” dan harus senantiasa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

Leave a reply
5 Alasan Mengapa Pendidikan Karakter Sangat Penting Bagi Si KecilInilah Beberapa Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan bagi Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!