6 Permainan Edukatif yang Baik untuk Kecerdasan Si Kecil

7 November 2018

Setiap anak pada dasarnya sangat suka bermain.Oleh karena itu, salah satu cara baik dalammendidik anak adalah dengan menerapkan permainan edukatif.

Bukan hanya permainan biasa, tapi permainan yang membuatnya mengeksplorasi kinerja otak.Nah, permainan apa saja yang dimaksud. Berikut ini 6 permainan edukatif yang baik untuk kecerdasan anak.

  1. Mengarang Cerita

Permainan Edukatif

appletreebsd.com

Mengarang sebuah cerita dapat melatih daya imajinasi anak. Anda dapat memberikan beberapa buah kata yang tidak berhubungan lalu dibuat sebuah carita dari itu. Cobalah, dan Anda akan menemukan imjainiasi yang luar biasa dari si kecil.

Tahukah Anda bahwa berimajinasi memiliki beberapa manfaat yang sangat baik bagi otak. Selain mengasah otak, berimajinasi juga dapat menajamkan memori, meningkatkan empati dan mengeksplorasi ini. Jadi, mengarang cerita adalah permainan edukatif yang sebaiknya Anda terapkan di rumah. Tentu dengan cara yang menyenangkan.

  1. Menciptakan Dongeng

Permainan Edukatif

hetanews.com

Anda bisa menciptakan dongeng bersama. Permainan edukatif ini juga merupakan bagian dari melatih imajinasi anak. Tapi sedikit berbeda dengan mengarang cerita yang harus ditulis, menciptakan dongeng bersama dilakukan secara lisan.

Pertama, kumpulkan beberapa anak dalam suatu ruangan lalu bentuk lingkaran. Anda sebagai orang dewasa dapat memulai permainan dengan awalan “pada suatu haru hiduplah …” lalu dilanjutkan dengan anak selanjutnya, begitu seterusnya. Anak bebas melanjutkan cerita  sesuai apa yang ada dalam imajinasi mereka

Permainan ini sebenarnya sangat menarik, apalagi kalau Anda mampu mengkreasikannya sehingga anak-anak lebih bersemangat mengembangkan permainan ini.

  1. Bermain Puzzle

Permainan Edukatif

Jatik.com

Puzzle, seperti yang sudah diketahui banyak orang, adalah permainan edukatif yang sangat mengasah otak. Anak dilatih untuk memecahkan masalah, melatih koordinasi tangan dan mata, hingga mengembangkan keterampilan motorik dan kognitif.

  1. Permainan Tradisional

Permainan Edukatif

dik.my.id

Permainan Tradisional di Indonesia seperti petak umpet, lompat tali, congklak, gundu hingga ular tangga merupakan permainan yang sangat edukatif. Permainan tradisional sangat baik dalam melatih kekompakan, bersosialisasi hingga sifat sportif. Selain itu juga berguna untuk mengenalkan budaya Indonesia pada anak-anak.

Meskipun zaman sudah modern, jangan lupa untuk mengenalkan permainan tradisional pada anak Anda, ya?

  1. Catur

Permainan Edukatif

orami.co.id

Anda tentu tahu bahwa catur sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasaan anak. Permainan edukatif yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat, di antaranya meningkatkan IQ, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kreativitas, melatih kreativitas dan melatih berpikir.

Untuk langkah awal, Anda bisa mengenalkan bidang catur dan masing-masing tugasnya. Atau Anda juga bisa memperlihatkan anak bagaimana asiknya bermain catur dengan teman atau kerabat.

  1. Olahraga

Permainan Edukatif

appletreebsd.com

Kegiatan edukatif terakhir adalah olahraga, selain mendidik, olahraga tentu baik bagi kesehatan. Seperti sepak bola yang melatih kekompakan dan kerja sama tim, mengesampingkan ego demi tujuan bersama.

Tidak perlu permainan mewah nan mahal, cukup dengan apa saja yang ada di sekeliling saja sudah cukup membuat permainan edukatif yang sederhana dan menyenangkan.

Tidak semua permainan edukatif ini bisa Anda terapkan pada anak. Pilih salah satu atau beberapa di antaranya. Tapi kembali lagi pada si kecil, jangan dipaksa yang justru menjadi beban untuknya.Permainan ini sangat menyenangkan, jadi buat si kecil juga berpikir demikian. Jangan justru membuat ia menjadi anti dan membencinya.

Leave a reply
Anak Susah Makan? Ketahui 7 Cara Meningkatkan Nafsu MakanAnak Terlambat Bicara? Pahami 7 Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Contact Us
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!