Anak Terlambat Bicara? Pahami 7 Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

8 November 2018

Anak terlambat bicara adalah salah satu masalah yang kerap ditakuti banyak orang tua. Apalagi jika anak tetangga yang seumuran sudah mahir sedangkan si kecil masih belum lancar berbicara.

Umumnya, anak mulai bisa melafalkan kata seperti “ayah” dan “ibu” saat usia satu setengah tahun. Namun ada juga yang sedikit terlambat diakibatkan beberapa keadaan. Jangan panik, untuk mengatasi masalah anak terlambat bicara, sebaiknya Anda perlu memahami 7 penyebab anak terlambat bicara berikut ini.

  1. Mengalami Hambatan Pendengaran

Anak Terlambat Bicara

cenutku.blogspot.com

Salah satu alasan anak terlambat bicara adalah akibat ada hambatan pada indra pendengarannya. Anak umumnya belajar dengan cara meniru, ketika tidak mampu mendengar suara orang berbicara secara otomatis anak tidak bisa meniru seperti apa berbicara. Untuk penanganan masalah ini alangkah baiknya Anda memeriksakan anak ke dokter.

  1. Masalah Keturunan

Anak Terlambat Bicara

pusatalatbantudengar.com

Penyebab anak terlambat bicara selanjutnya adalah keturunan. Apabila ada keturunan yang memiliki riwayat kesulitan bicara, bisa jadi itu penyebabnya. Meski belum ada penelitian yang membenarkan, tapi hal itu seringkali terjadi.

  1. Komunikasi yang Minim

Anak Terlambat Bicara

hellosehat.com

Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah karena interaksi antara orang tua dan anak yang kurang. Anda terlalu sibuk hingga lupa untuk memerhatikan tumbuh kembangnya. Bahkan terkadang ada orang tua yang sampai lupa tanggal ulang tahun anaknya karena hampir semua hal dikerjakan oleh baby sitter

Padahal sejak masih dalam kandungan saja orang tua selalu dianjurkan untuk berkomunikasi dengan anak. Mengajaknya berbicara hal-hal baik adalah salah satu cara agar anak cepat memahami setiap kata dan menirukannya. Bukan hanya masalah bicara, perhatian dan komunikasi orang tua sangat penting dalam tumbuh kembang si kecil.

  1. Hambatan Perkembangan Otak

Anak Terlambat Bicara

bisamandiri.com

Penyebab anak terlambat bicara lainnya adalah adanya masalah pada perkembangan otak. Kondisi seperti ini berakibat pada anak kesulitan memfungsikan lidah, bibir dan rahang untuk berbicara akibat sistem di otak yang berfungsi untuk bicara terdapat masalah.

Untuk dapat mengetahui masalah ini lebih lanjut cara mengatasinya adalah dengan langsung berkonsultasi pada dokter.

  1. Pemberian Gadget

Anak Terlambat Bicara

mommyasia.id

Jangan terlalu sering membiarkannya menonton atau memegang gadget, karena itu akan berdampak buruk pada perkembangannya, salah satunya adalah anak terlambat bicara. Ada juga yang menyebut dengan istilah “sindrom anak kota”.

Selain kurangnya interaksi sosial antar orang tua dan orang di sekitarnya, gadget yang diberikan terlalu dini akan membuat anak ketergantungan. Tontonan pada gadget juga akan berdampak pada informasi yang diterima tanpa harus direspon atau tidak ada timbal balik. Ini akan menyebabkan anak menjadi pasif.

  1. Sifat Bisu Selektif

Anak Terlambat Bicara

hearingsolutions.in

Ada beberapa jenis anak yang mengalami masalah ini. Bukan tidak bisa bicara, tapi dalam kondisi tertentu terkadang ia tidak ingin bicara sama sekali. Kemungkinan besar ini akibat tidak nyaman seperti saat berada di lingkungan asing. Bisa juga akibat trauma pada suatu tempat atau orang lain. Untuk mengatasi ini, cara terbaik adalah berkonsultasi pada dokter

  1. Lidah Pendek

Anak Terlambat Bicara

hellosehat.com

Salah satu akibat anak telat bicara adalah akibat lidah yang pendek. Biasanya ini juga akan berdampak pada anak yang menjadi cadel. Tidak perlu khawatir, karena masalah ini bisa diatasi dengan cara melatihnya sejak dini secara rutin setiap hari.

Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Jadi jangan risau kalau anak terlambat bicara, yang terpenting adalah perhatian dan kasih sayang orang tua.

Leave a reply
6 Permainan Edukatif yang Baik untuk Kecerdasan Si KecilKenali 5 Masalah Umum Masalah yang Kerap Dihadapi

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!