5 Alasan Mengapa Pendidikan Karakter Sangat Penting Bagi Si Kecil

11 December 2018

Salah satu tujuan utama dari pendidikan adalah pembentukan kepribadian siswa melalui pendidikan karakter yang baik.

Pendidikan karakter tidak hanya bermanfaat untuk membentuk kepribadian seorang siswa, tapi juga mampu membantu mereka dalam memenuhi tugas-tugasnya sebagai seorang makhluk sosial yang beradab, oleh sebabitu, pendidikan ini sebaiknya sudah mulai diberikan sejak usia dini.

Untuk memperluas wawasan Anda, berikut ini adalah beberapa alasan untuk memperjelas urgensi pendidikan karakter pada anak:

Menjamin Pembentukan Kepribadian yang Baik

Pendidikan Karakter
VideoBlocks

Sebagaimana yang kita tahu, manusia adalah makhluk yang sangat dipengaruhi oleh kebiasaan, oleh karena itu apabila anak dibiasakan sejak dini untuk mempraktikkan hal-hal yang mencerminkan karakter baik seperti hemat, rajin, jujur, dan percaya diri, maka lama kelamaan sikap tersebut akan membentuk kepribadian anak secara permanen.

Dengan kata lain, pendidikan karakter sejak dini akan membentuk blueprint kepribadian yang baik pada anak Anda yang akan bertahan hingga mereka dewasa.

Mampu Mendongkrak Prestasi Akademik

Pendidikan Karakter
todaysparent.com

Secara umum, sangat sedikit orang yang mengaitkan pentingnya pendidikan karakter bagi prestasi siswa. Dalam gambaran kasar, prestasi memang berkaitan erat dengan pendidikan formal yang diterima oleh anak baik melalui sekolah ataupun lembaga lainnya.Akan tetapi, efek pendidikan karakter rupanya juga dapat memainkan peranan penting dalam pencapaian prestasi akademik anak.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kepribadian anak memiliki peran yang signifikan dalam peningkatan prestasi akademik. Hal ini dipercaya berkaitan erat dengan sikap si anak dalam menyesuaikan diri di lingkungan belajarnya.

Salah Satu Investasi Masa Depan Terbaik bagi Diri Anak

Pendidikan Karakter
theshriverbrief.org

Karakter diri adalah salah satui nvestasi masa depan terbaik bagi putra-putri Anda. Dengan pribadi yang baik,mereka kelak akan tumbuh sebagai generasi penerus bangsa yang bisa diandalkan serta memberikan manfaat bagi orang lain.

Mendorong Moral Anak yang Bermasalah

Pendidikan Karakter
ourchildren.com.au

Tidak semua anak memiliki masa kecilyang hangat dan bahagia. Sebagian anak kerap mendapatkan masalah yang mampu mengganggu perkembangan psikisnya seperti masalah keluarga atau persoalan kemiskinan.

Cara yang paling tepat untuk menjagaagar si anak tidak beranjak dewasa dengan pandangan yang pesimis adalah dengan menanamkan pendidikan karakter yang kuat sejak dini.

Memberi Efek Positif pada Lingkungan Pergaulan Anak

Pendidikan Karakter
stocksy.com

Anak dengan karakter yang terdidik secara otomatis akan menyebarkan rasa positif dan kenyamanan pada orang-orang di sekitarnya. Alih-alih mendapat dampak buruk dari lingkungan pergaulan, anak Anda justru dapat memberikan dampak positif kepada teman-teman sebayanya.

Akan tetapi, penting untuk dicatat bahwa anak-anak secara biologis memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar sehingga mudah bergaul dengan sembarang orang. Oleh sebab itu pastikan Anda memberikan pengawasan yang cukup terhadap lingkungan pergaulan anak.

Itulah 5 alasan mengapa pendidikan karakter sangat penting bagi si kecil. Sebagai penutup, penting untuk dicatat bahwa kurangnya wawasan orang tua mengenai pendidikan karakter di dalam rumah seringkali menghambat proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada anak.

Padahal, pendidikan ini sejatinya tidak hanya menjadi tugas guru yang ada di sekolah, tapi juga para orang dewasa yang ada di sekitar anak termasuk kerabat dan orang tua.

Berbeda dengan pendidikan formal yang dapat ditempuh dengan cara-cara yang pasti dan teratur, pendidikan karakter hanya bisa didapat lewat kolaborasi antara guru dengan orang tua. Oleh sebab itu pastikan Anda aktif menjalin komunikasi dengan guru formal anak Anda disekolah untuk mendapatkan gambaran yang tepat mengenai metode dan cara mendidik karakter anak Anda.

Leave a reply
5 Rekomendasi Memilih Baju Bayi Terbaik untuk Buah Hati Anda5 Cara Efektif Mengenalkan Teknologi pada Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!