Inilah Beberapa Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan bagi Anak

13 December 2018

Saat ini, keberadaan hewan peliharaan di rumah sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-sehari. Seiring dengan perkembangan zaman, jenis hewan yang dipelihara di rumah pun menjadi semakin beragam. Jika dulu peliharaan identik dengan kucing dan anjing saja, kini ada banyak jenis hewan lainnya yang menarik untuk dipelihara mulai dari sugar glider, kelinci, hingga kura-kura.

Bagi sebagian orang, memberikan hewan peliharaan untuk anak bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan. Selain karena merepotkan, keberadaan hewan peliharaan di rumah juga berisiko menimbulka ngangguan kesehatan, terutama bagi anak dengan daya tahan tubuh yangl emah.

Di balik semua sisi negatif tersebut, sejatinya ada banyak manfaat dari keberadaan hewan peliharaan di rumah bagi anak. Inilah beberapa manfaat tersebut:

Mengajarkan Rasa Tanggung Jawab

Hewan Peliharaan
maxizoo.ie

Memelihara hewan di usia dini akan memberikan anak pengalaman langsung untuk mengurus sesuatu secara rutin dan teratur. Hal ini sangat bermanfaat untuk melatih rasa tanggung jawab anak terhadap tugas dan kewajibannya.

Jangan lupa untuk ikut mengawasi dan melibatkan diri secara langsung ketika anak berinteraksi dengan hewan peliharaannya. Pastikan anak mengerti bahwa hidup si hewan sangat bergantung pada dirinya selaku pemilik.

Menanamkan Rasa Kasih Sayang Kepada Binatang

Hewan Peliharaan
therealisticmama.com

Memelihara hewan akan menanamkan rasa kasih sayang terhadap binatang di dalam diri anak. Dengan demikian, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mengasihi makhluk-makhluk ciptaan tuhan.

Dalam jangka panjang, hal ini juga akan menumbuhkan rasa empati di dalam diri anak sehingga mereka akan lebih menyayangi orang-orang di sekitarnya. Dengan demikian, dapat disebut bahwa merawat hewan peliharaan juga termasuk ke dalam pendidikan karakter yang memiliki manfaat besar dalam proses tumbuh-kembang anak.

Memperlunak Watak Anak yang Keras

Hewan Peliharaan
pchvet.com

Bagi Anda yang memiliki anak dengan watak agak keras, memiliki peliharaan juga dipercaya dapat memperhalus karakter dari waktu ke waktu. Kuncinya adalah memilih hewan yang sesuai dengan kemauan anak.

Berilah anak kebebasan untuk memilih hewan yang ia suka dan ajarilah cara merawat hewan tersebut dengan baik. Metode ini lama-kelamaan akan membuat anak lebih lunak dan tidak keras kepala.

Memperluas Wawasan Anak

Hewan Peliharaan
blog.animalclinicofmorrisplains.com

Keanekaragaman dunia binatang merupakan salah satu hal yang wajib dipelajari anak sejak dini. Dengan memberikan anak hewan peliharaan, Anda dapat secara langsung mengenalkan anak pada keajaiban dunia binatang.

Dalam merawat peliharaan, anak lambat-laun akan memahami soal makanan, daun hidup, serta perilaku binatang. Hal ini jauh lebih bermanfaat daripada sekadar mengajak anak belajar melalui gambar atau buku.

Tak hanya itu, memiliki peliharaan dirumah juga dapat membangkitkan antusiasme anak untuk mempelajari dunia fauna disekolah.

Mengajarkan Makna Kehidupan dan Kematian

Hewan Peliharaan
companionanimalpsychology.com

Hewan peliharaan pada umumnya memiliki harapan hidup yang jauh lebih pendek daripada manusia. Dengan kata lain, cepat atau lambat, pada suatu titik hewan tersebut akan mati setelah dirawat oleh si kecil.

Pada momen ini Anda dapat mengajarkan makna hidup dan mati pada anak. Pelajaran berharga ini tentu jarang Anda temukan pada kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa manfaat memiliki hewan peliharaan bagi anak. Pada akhirnya, penting untuk diingat bahwa perlu ada pertimbangan yang matang sebelum Anda memutuskan jenis hewan yang akan Anda pelihara di rumah.

Jangan lupa untuk memastikan hewan yang Anda pilih telah mendapat vaksin serta tidak menimbulkan reaksi alergi pada anak dengan melakukan konsultasi bersama dokter anak atau dokter hewan.

Leave a reply
5 Cara Efektif Mengenalkan Teknologi pada Anak5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Memilih Sekolah untuk Pertama Kali

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!