5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Memilih Sekolah untuk Pertama Kali

14 December 2018

Sekolah merupakan lembaga formal yang menjadi sumber pendidikan bagi anak segala umur. Sebagai orang tua, memilih sekolah yang tepat bagi anak Anda merupakan suatu hal yang harus dilakukan secara bijak, terutama jika si kecil baru mulai bersekolah untuk pertama kali.

Kebanyakan orang tua saat ini cenderung menyekolahkan anak ke sekolah yang paling dekat dengan tempat tinggal tanpa memedulikan kualitas lembaga pendidikan tersebut. padahal, sejatinya ada banyak hal yang patut dijadikan pertimbangan selain jarak tempuh sekolah kerumah.

Untuk memilih sekolah yang tepat bagi anak untuk pertama kali, Anda wajib memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

Mencari Tahu Reputasi Lembaga Pendidikan

Memilih Sekolah
blog.cengage.com

Tidak dapat dipungkiri, reputasi sebuah lembaga pendidikan merupakan poin pertama yang harus Anda perhatikan saat memilih sekolah. Reputasi sekolah yang baik menunjukkan bahwa pihak sekolah serius dalam menjalankan perannya sebagai lembaga pendidikan yang baik.

Hindarilah sekolah-sekolah dengan reputasi yang buruk atau pernah terlibat kasus serius seperti tindak asusila atau kekerasan pada anak. Jangan ragu untuk mengorek informasi dari orang-orang di sekitar Anda untuk memperoleh informasi yang jelas soal reputasi sekolah yang hendak Anda pilih.

Memahami Sistem Pengajaran dan Metode Pendidikan yang Digunakan

Memilih Sekolah
TeenLife.com

Kualitas sekolah tidak hanya dicerminkan dari gedung sekolah yang bagus, fasilitas yang lengkap, atau manajemen yang baik, tapi juga dari sistem dan metode pendidikan yang digunakan.

Untuk itu, pastikan Anda memahami betul sistem pengajaran dan metode pendidikan yang diterapkan di sekolah pilihan Anda. Jangan ragu untuk bertanya secara rinci kepada pihak sekolah tentang hal ini.

Memilih Sekolah Sesuai dengan Karakter Anak

Memilih Sekolah
ParentMap.com

Saat ini ada banyak sekali pilihan sekolah yang tersedia untuk anak usia dini, mulai dari sekolah alam, sekolah rumah, hingga sekolah bertema pendidikan agama. Pastikan untuk selalu mempertimbangkan karakter anak Anda sebelum memilih sekolah yang dikehendaki.

Anak yang hiperaktif dan senang bergerak tentu kurang cocok untuk sekolah yang mengandalkan ruang kelas sebagai tempat belajar utama. Sebaliknya, anak yang tenang dan pemalu tentu tidak akan merasa nyaman berada di lingkungan belajar yang selalu menuntut mereka untuk bergerak.

Memperhatikan Lingkungan di Sekitar Sekolah

Memilih Sekolah
TheConversation.com

Lingkungan di sekitar sekolah juga harus menjadi poin yang Anda perhatikan saat memilih sekolah untuk anak. Sebisa mungkin hindari sekolah yang berada di lingkungan yang kotor atau rawan akan tindak kejahatan.

Lingkungan sekitar sekolah yang kotordapat membahayakan kesehatan anak. Meskipun area sekolah tampak bersih, kondisilingkungan di sekitar sekolah yang jorok lama-kelamaan tetap berisiko menimbulkan masalah kesehatan serius.

Perhatikan Kebijakan Sekolah

Memilih Sekolah
Hallr.com

Setiap sekolah biasanya memiliki kebijakan-kebijakan khusus yang berbeda. Kebijakan ini biasanya bersifat wajib dan tidak bisa ditawar. Misalkan, pihak sekolah mewajibkan siswa untuk menggunakan jasa antar-jemput siswa yang disediakan oleh pihak sekolah, atau sekolah mewajibkan siswa untuk membeli sejumlah modul belajar setiap bulan.

Sebelum menjatuhkan pilihan, pastikan untuk menelaah tiap-tiap kebijakan sekolah dengan seksama. Jangan sampai kebijakan tersebut justru membebani Anda dan si kecil.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai beberapa poin yang harus Anda perhatikan saat hendak memilih sekolah untuk si kecil. Sebagai pengingat, sekolah dapat disebut sebagai rumah keduaanak karena banyaknya waktu yang akan ia habiskan di sana. Oleh sebab itu pilihlah sekolah yang dapat membuat si kecil nyaman untuk belajar.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Inilah Beberapa Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan bagi AnakMengenal 5 Kesalahan Umum yang Dilakukan Orang Tua Dalam Membesarkan Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!