Yuk, Coba 8 Cara Mengajarkan Anak Makan Sendiri Berikut Ini

7 September 2018

Mau tahu cara mengajarkan anak makan sendiri secara mudah? Simak tips berikut ini untuk melatih anak agar cepat bisa makan sendiri.

Orangtua merasa senang jika melihat buah hatinya bisa makan sendiri. Namun terkadang ada orangtua yang merasa tidak mudah mengajak anak agar bisa makan sendiri. Lalu bagaimanakah cara mengajarkan anak makan sendiri yang efektif? Yuk, intip caranya di bawah ini.

Mengenalkan Cara Menggunakan Sendok

Cara Mengajarkan Anak Makan Sendiri

Sumber : Parenting

Cara mengajarkan anak makan sendiri perlu dilakukan secara bertahap. Kita tidak dapat berharap diajari hari ini, esoknya anak langsung pintar makan sendiri.

Kita dapat memulainya dengan mengenalkan cara menggunakan sendok. Walau nantinya mungkin akan ada banyak makanan yang berantakan, hal ini tidak jadi masalah. Yang terpenting adalah anak bisa mengembangkan keterampilan motorik halus dengan memegang sendok. Dengan begitu, secara bertahap nantinya anak akan pintar makan sendiri.

Kita dapat mengajarkan cara memegang sendok yang benar dan kemudian mengarahkannya ke mulut anak. Dengan begitu, anak pun akan memahami cara menggunakan sendok dengan baik.

Sabar

Cara Mengajarkan Anak Makan Sendiri

Sumber : apuntes de derecho – Webnode

Kita perlu sabar saat mengajarkan anak agar bisa makan sendiri. Namanya anak-anak tentu perlu bimbingan dari kita sebagai orangtua. Kita perlu telaten untuk menuntun anak dalam melakukan tahapan-tahapan saat makan.

Begitulah cara mengajarkan anak makan sendiri. Intinya, kita perlu mendampingi anak secara konsisten sampai anak bisa makan sendiri.

Walau mungkin nantinya membuat banyak makanan mengotori lantai atau pakaian anak, kita tak perlu marah. Memang begitulah tahapan proses pembelajaran anak untuk makan sendiri. Pasti Anda pun mengalaminya dulu waktu kecil, kan?

Ajarkan Sedini Mungkin

Cara Mengajarkan Anak Makan Sendiri

Sumber : Nakita.ID – Grid.ID

Semakin cepat mengajarkan anak untuk belajar makin sendiri akan lebih baik. Kita bisa mengajarkan anak untuk makan dengan sendok sejak usia dua tahun.

Hal ini melatih kemandirian anak. Yang penting, orangtua harus mendukung anak dan memberikan semangat. Dengan begitu, anak pun makin percaya diri untuk makan sendiri.

Sediakan Peralatan Makanan Bergambar Lucu

Cara Mengajarkan Anak Makan Sendiri

Sumber : Pixabay

Untuk merangsang anak agar tertarik makan sendiri, orangtua dapat menyediakan peralatan makan yang bergambar lucu. Dengan begitu, anak pun bersemangat untuk menggunakan peralatan makan ini saat makan.

Makan Bersama

Cara Mengajarkan Anak Makan Sendiri

Sumber : happyfamily.com

Anak itu paling mudah meniru. Oleh karena itu, kita bisa membiasakan kegiatan makan bersama bersama anak. Kita sekeluarga duduk bersama dalam satu meja. Anak pun akan meniru cara yang kita lakukan saat makan.

Begitulah cara mengajarkan anak makan sendiri. Lingkungan keluarga harus memberi dukungan penuh pada anak agar bersemangat untuk makan sendiri.

Tidak Terburu-buru Membantu

Cara Mengajarkan Anak Makan Sendiri

Sumber : Vitamin ASI

Saat anak belajar makan sendiri, orangtua tidak perlu tergesa-gesa membantu anak menyendok makanan. Kita cukup perhatikan saja. Barulah setelah anak merasa kesulitan, kita dapat membantunya.

Yang utama adalah kita harus terus mendorong anak untuk belajar makan sendiri. Meskipun nantinya waktu makan anak menjadi lebih lama dari biasanya, hal ini tidak jadi soal. Yang terpenting adalah anak mau berlatih untuk bersikap mandiri sejak kecil.

Pilih Makanan yang Mudah Menempel pada Sendok

Cara Mengajarkan Anak Makan Sendiri

Sumber : Njajan.com

Untuk memudahkan anak saat makan, kita bisa memilih jenis makanan yang mudah menempel pada sendok. Dengan begitu, anak pun bisa lebih mudah untuk menyendok makanan.

Buat Makanan yang Lucu

Cara Mengajarkan Anak Makan Sendiri

Sumber : k9866.com

Cara membuat anak makin tertarik makan sendiri bisa dengan kita membuat makanan yang berbentuk lucu. Misalnya saja kita bisa membuat telur dadar yang dibentuk seperti boneka. Bentuk makanan yang lucu ini dapat meningkatkan keinginan anak untuk makan.

Kemudian kita bisa mendorong anak untuk mencoba makan sendiri. Pasti anak akan senang melahap makanan yang berbentuk lucu ini.

Kunci dalam cara mengajarkan anak makan sendiri adalah kesabaran. Kita selalu memberikan senyuman dan dukungan saat anak belajar makan sendiri. Bagi anak, dukungan itulah yang diperlukan agar berani untuk melakukan semua kegiatan secara mandiri.

Leave a reply
8 Cara Mengajarkan Anak Bernyanyi secara MenyenangkanIni lho 6 Manfaat Permainan Scrabble untuk Anak
All comments (1)
  • twenty oktavia
    18 June 2020 at 21:26

    Artikel yang menarik.. Masak makanan anak dengan bahan alami untuk gantikan MSG.. Cek link https://fk.unair.ac.id/untuk-anak-manfaatkan-msg-dari-bahan-alami/

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!