Aktivitas Mengasyikkan yang Melatih Kreativitas Anak

23 August 2018

Anak-anak pada usia dini memiliki keunikan tersendiri. Mereka dilimpahi rasa ingin tahu, antusiasme, dan semangat mengeksplorasi yang luar biasa. Ketiga hal tadi merupakan modal awal yang sangat penting dalam perkembangan kreativitas anak. Kreativitas diyakini sebagai salah satu pondasi yang menunjang keberhasilan anak di masa depan. Aktivitas-aktivitas yang akan diulas berikut, tidak hanya mengasyikan tetapi juga dapat menjadi sarana untuk melatih kreativitas anak agar kian terasah.

Aktivitas di Alam Terbuka

melatih kreativitas anak

Sumber : Studio614.com

Bertualang di alam terbuka bersama anak, akan membuatnya melihat banyak hal baru yang menarik untuk dieksplorasi. Jika dia gemar melukis atau menggambar, ini saat yang tepat untuk melatih kreativitasnya. Bebaskan imajinasi anak dalam melukiskan keindahan alam yang terhampar di hadapannya.

Anda tidak perlu mengajari, biarkan dia mencoret-coret dan memberi warna sesuai apa yang diimajinasikan. Dengan begitu maka imajinasi dan fantasi yang ada dalam dirinya akan mulai tumbuh. Ketika lukisan selesai, pujilah hasil karyanya. Itu akan membuat si Kecil bersemangat untuk terus berkreasi.

Membaca Bersama

 Melatih Kreativitas Anak

Sumber : tanotofoundation.org

Aktivitas membaca bersama bisa sangat mengasyikkan untuk anak-anak usia dini. Sediakan buku-buku bertema menarik dengan ilustrasi yang mengundang perhatian anak. Beri mereka kebebasan untuk memilih buku yang akan dibacakan. Buat anak terlibat secara aktif saat Anda membacakan buku tersebut, misalnya dengan menebak seperti apa tokoh yang ada dalam cerita.

Usai membacakan buku, pancing anak untuk menceritakan kembali apa yang dibacakan tadi. Selain melatih kreativitas anak, aktivitas ini dapat mengasah kecerdasan verbal, daya tangkap, dan daya ingatnya.

Bermain Peran

 Melatih Kreativitas Anak

Sumber : orami.co.id

Aktivitas lain yang dapat melatih kreativitas anak adalah bermain peran. Pilih cerita yang paling mereka sukai dari buku-buku yang pernah dibacakan. Minta  mereka untuk bermain bersama memerankan tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita tersebut. Buat kostum sederhana dari bahan yang ada di sekitarnya.

Membuat Prakarya

Melatih Kreativitas Anak

Sumber : Tugas CB Pancasila 2015

Jika anak memiliki tokoh kartun atau pahlawan super yang sangat disukai, ajak mereka membuat kostum mirip yang dipakai idolanya. Bisa juga membuat kelengkapan untuk bermain peran dengannya. Aktivitas ini selain memberikan stimulasi bagi kreativitasnya, juga melatih kemampuannya bekerjasama, membangun kedekatan Anda dan si Kecil, dan tentu mengasyikkan untuk dilakukan bersama.

Melipat Kertas

 Melatih Kreativitas Anak

Sumber : kittymanu.com

Aktivitas melipat kertas dan membentuknya menjadi binatang atau benda-benda yang pernah mereka lihat, merupakan sesuatu yang menyenangkan untuk anak usia dini. Apalagi ketika mereka mencoba sendiri. Walau mungkin ada sedikit rasa frustrasi ketika tidak berhasil melipat dengan benar, namun di sinilah anak belajar berkonsentrasi dan tidak mudah menyerah.

Disamping dapat melatih kreativitas anak, kegiatan melipat kertas juga mengajarkan kesabaran, ketelitian, serta kerapian.

Menari

melatih kreativitas anak

Sumber : salsalover.com

Putarkan lagu dengan irama yang dinamis, ajak anak menggerakkan tubuhnya. Untuk anak usia dini tidak perlu terlalu rumit, cukup bebaskan mereka bergerak mengikuti irama lagu. Aktivitas ini akan melatih kreativitas anak. Membuat mereka belajar berekspresi sekaligus melatih keberanian.

Bermain Puzzle

Melatih Kreativitas Anak

Sumber : friso.co.id

Aktivitas menyusun kepingan-kepingan puzzle sangat baik sebagai stimulan dalam melatih kreativitas anak, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikirnya. Puzzle dapat dibuat sendiri dari kertas karton yang digambari lalu digunting menjadi potongan-potongan yang bisa dibongkar pasang.

Usia dini merupakan usia yang tepat untuk mulai menumbuhkan dan memupuk kreativitas anak. Ada begitu banyak alasan mengapa kreativitas pada anak perlu dikembangkan semaksimal mungkin. Anak yang kreatif relatif lebih mampu memecahkan masalah, mendapatkan solusi yang bahkan tidak terpikirkan oleh orang lain, dan menggagas ide-ide baru.

Tunggu apa lagi? Segera agendakan untuk mengajak buah hati Anda melakukan aktivitas-aktivitas seperti yang telah diulas di atas. Selamat berkreasi dan menjadi kreatif bersamanya.

Leave a reply
Tips Belajar yang Menyenangkan untuk Anak Usia DiniYuk, Intip Rekomendasi Buku Parenting Kekinian agar Menjadi Orangtua Kece

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!