Pertimbangkan 6 Hal Ini Saat Memilih Daycare

29 June 2019

Banyak alasan memilih daycare sebagai tempat untuk menitipkan anaknya. Misalnya tidak ada orang di rumah, memiliki kakek dan nenek yang sakit, atau ingin anak bersosialisasi dengan sebayanya. Selain itu, tempat penitipan yang dekat dengan kantor juga jadi pertimbangan utama karena orang tua bisa menjenguk anak kapan saja.

Apa pun alasan Anda, terdapat hal-hal mendasar yang harus dipertimbangkan saat memilih daycare. Pastikan Anda memilih daycare yang tepat, sesuai kebutuhan, dan sesuai anggaran karena di sinilah Anda akan menitipkan buah hati Anda.

Lihat interaksi di dalam daycare

Memilih Daycare

pixabay.com

Ketika Anda mengunjungi daycare yang potensial, perhatikan bagaimana staf berinteraksi dengan anak-anak. Idealnya, seorang pengasuh harus berada di lantai untuk bermain bersama anak. Di tahun-tahun pertama kehidupan, anak harus berada di dalam hubungan yang penuh kedekatan, kasih sayang, interaktif dengan orang dewasa.

Penting untuk menemukan pengasuh pertama anak yang hangat dan responsif. Meski di daycare banyak anak, pengasuh harus bisa memberikan waktu satu persatu pada bayi atau anak yang lebih dewasa.

Tanya mengenai komitmen

Bayi memiliki pengasuhan yang konsisten dan bisa diprediksi. Ini akan membantu bayi membentuk attachment yang aman dengan pengasuhnya. Jika Anda mencari pengasuh yang bekerja di rumah, maka Anda harus membuat kontrak kerja satu tahun.

Jika Anda memilih daycare di luar rumah, maka Anda harus mencari tahu berapa lama pengasuh telah bekerja di sana dan seberapa sering pergantian pegawai terjadi di sana

Cek aturan di sana

Memilih Daycare

pixabay.com

Cari tahu filosofi pola asuh yang ada di sana, seperti disiplin (apakah pengasuh memberikan time-out?), televisi (apakah pengasuh membatasi penggunaan televisi), makanan (makanan atau minuman apa yang diberikan pada bayi), tidur (kapan anak tidur siang?), dan lainnya.

Selain itu, tanya aturan jika anak sakit. Misalnya, gejala penyakit apa yang dialami anak sehingga tidak boleh datang ke daycare. Semakin banyak pertanyaan yang dikemukakan, maka semakin sedikit Anda akan menemukan hal-hal yang mengejutkan dan tidak menyenangkan nantinya.

Mampirlah sewaktu-waktu

Biasanya rekomendasi dari mulut ke mulut adalah referensi yang dipercaya bagi orang tua. Selain itu, Anda juga harus melihat sendiri tempat tersebut dan lihat apakah daycare itu dapat memenuhi kebutuhan Anda atau tidak.

Memilih daycare yang baik harus memiliki lingkungan ramah anak, bersih, aman buat anak, dan banyak mainan atau buku yang cocok dengan usia anak. Tempat bayi dan anak dewasa harus dipisah, karena jika anak dewasa main mainan kecil, ini akan berisiko dimakan bayi dan tersedak.

Anda harus mampir secara mendadak sewaktu-waktu untuk melihat bagaimana staf berinteraksi dengan anak-anak dan bagaimana rutinitasnya. Kunjungan mendadak ini bisa jadi konfirmasi bahwa ini adalah tempat yang terbaik untuk anak Anda, tetapi kadang bisa membuka mata Anda.

Terus berkomunikasi

Memilih Daycare

pixabay.com

Sebelum bayi Anda bisa bicara, Anda akan mengandalkan apa yang dikatakan oleh pengasuh sepenuhnya tentang keseharian anak Anda. Oleh karena itu, penting untuk menjaga komunikasi dengan pengasuh. Katakan pada mereka kualitas tidur anak tadi malam, apakah ia sedang tumbuh gigi, atau apakah ia sudah sarapan atau belum.

Anda juga bisa tanya pada pengasuh berapa popok yang anak Anda habiskan, apakah ia tidur siang, atau apakah ia senang atau tidak. Sebaiknya Anda bisa berkomunikasi dengan pengasuh secara langsung. Jika tidak mungkin, minta waktu untuk menelepon di jam tidur siang.

Segera selesaikan masalah

Masalah antara Anda dan pengasuh adalah yang tidak dapat dihindarkan, Anda dapat mengalaminya dalam skala besar atau kecil. Kemukakan masalah segera daripada mengabaikannya sebelum semakin membesar. Beberapa masalah dapat diselesaikan dengan cepat, dan masalah lainnya memerlukan diskusi lebih lanjut.

Perlu diperhatikan bahwa Anda harus memperlakukan pengasuh dengan tata karma yang baik. Tanyakan pendapatnya. Misalnya, daripada meminta anak tidur lebih siang lebih cepat agar tidur malamnya cepat, tanyakan pada pengasuh apa idenya agar si kecil tidak kelelahan di malam hari.

Entah berapa lam jam kerja Anda, Anda adalah sumber utama cinta dan kasih sayang dalam hidup anak Anda. Dengan memilih daycare dan pengasuh yang baik, anak Anda akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan bahagia.

Leave a reply
7 Cara Cerdas Memberi Obat pada Anak6 Cara Menata Rambut Anak Perempuan yang Mudah Dilakukan

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!