Tips Mengahadapi Anak yang Susah Makan

22 January 2018

Menghadapi anak yang susah makan menjadi hal yang melelahkan bagi orang tua, khususnya ibu. Padahal di masa perkembangan, anak-anak membutuhkan nutrisi yang cukup, sehingga wajar bila orang tua selalu menerapkan pola makan teratur bagi anak. Biaya yang mahal saat anak sakit menjadi alasan lain mengapa mereka selalu memperhatikan asupan gizi si kecil.

Meski begitu, ada kalanya anak rewel dan melakukan mogok makan akibat pilih-pilih makanan. Bila sudah begini, suasana makan mejadi tidak menyenangkan. Si kecil merasa tertekan karena terus dipaksa menghabiskan makanan. Sementara itu, Anda merasa khawatir jika kebutuhan nutrisi si kecil tidak terpenuhi dengan benar.

Sebagai orang tua yang bijak, pastinya Anda akan memutar otak untuk mencari jalan keluar dari masalah ini. Yuk, simak bagaimana menghadapi anak yang susah makan dengan cara berikut ini.

Tidak memaksa

Mengahadapi Anak yang Susah Makan

i0.wp.com

Cobalah bersikap tenang dan tidak memaksa ketika anak menolak menyantap makanan yang Anda tawarkan. Bila Bunda terus memaksa, mereka akan menganggap acara makan sebagai hal yang tidak menyenangkan. Coba tanyakan alasan kenapa ia tidak mau makan, setelah itu beri alternatif makanan lain yang menarik minat si kecil.

Makan bersama

Mengahadapi Anak yang Susah Makan

www.merries.co.id

Makan bersama menjadi strategi lainnya dalam menghadapi anak yang susah makan. Waktu makan adalah momen yang penting bagi keluarga untuk mempererat ikatan antara orang tua dengan anak.

Selain itu, ketika makan bersama, anak terkadang meniru makanan yang Anda makan. Jadi, jangan lupa untuk makan buah dan sayur agar mereka juga menginginkan makanan tersebut.

Batasi minum dan camilan

Mengahadapi Anak yang Susah Makan

magazine.orami.co.id

Telalu banyak minum bisa membuat perut cepat kenyang. Oleh karenanya, Anda harus membatasi minum si kecil saat mendekati jam makan. Selain minuman, camilan menjadi faktor lain mengapa anak malas makan. Hal ini diakibatkan kandungan gula dan msg pada camilan menyebabkan perut cepat kenyang.

Hidangkan makanan dalam porsi kecil

Mengahadapi Anak yang Susah Makan

4.bp.blogspot.com

Strategi selanjutnya yang bisa dicoba saat menghadapi anak yang susah makan yaitu menghidangkan makanan dalam porsi kecil. Ya, anak memiliki porsi yang berbeda dengan orang dewasa. Sebaiknya sediakan makanan dengan porsi sedikit. Bila mereka suka, Anda bisa menambahnya.

Beri ramuan penambah nafsu makan

Mengahadapi Anak yang Susah Makan

organicdailypost.com

Kunyit adalah salah satu tumbuhan obat yang bagus untuk anak, termasuk menambah nafsu makan. Anda bisa memberikan ramuan kunyit untuk buah hati agar selera makan mereka bertambah. Lebih dari itu, kunyit membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah anak jatuh sakit.

Biarkan anak makan sendiri

Mengahadapi Anak yang Susah Makan

magazine.orami.co.id

Terkadang, anak langsung menolak jika disuruh makan sesuatu. Sebaliknya, mereka cenderung tertarik saat ia memegang kendali. Sekali-kali sajikan makanan di meja yang dapat dijangkau oleh anak agar mereka bisa memilih makanan yang disukai. Selanjutnya, biarkan anak makan sendiri. Selain melatih mereka untuk bertanggung jawab atas makanan yang mereka ambil, hal tersebut bisa melatih motorik mereka.

Variasikan menu makanan

Mengahadapi Anak yang Susah Makan

blog.gotomalls.com

Cara selanjutnya untuk menghadapi anak yang susah makan adalah membuat beragam kreasi makanan. Umumnya, anak mudah bosan dengan menu yang itu-itu saja. Karena itu, Bunda harus lebih kreatif dalam mengolah makanan untuk menggugah selera mereka.

Karena anak suka sesuatu yang berwarna-warni dan unik, Anda bisa menghiasi tampilan makanan menyerupai karakter yang mereka suka. Bila seperti itu, anak akan menganggap aktivitas makan sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Sajikan makanan favorit anak

Mengahadapi Anak yang Susah Makan

magazine.orami.co.id

Jika makanan di atas meja sudah bervariasi tetapi si kecil tetap tidak nafsu makan, menyajikan makanan favorit mereka adalah pilihan terakhir. Siapa pun pasti akan tergugah bila berhadapan dengan makanan favoritnya, begitu juga dengan si kecil. Cara ini terbilang cukup ampuh agar nutrisi mereka tetap terpenuhi.

Setelah menyimak tips-tips di atas, mulai sekarang jangan keliru dalam menyikapi anak yang susah makan ya, Bunda. Meski anak menolak makanan bukan berarti mereka tidak suka, lo. Mungkin saat itu mereka memang belum lapar. Nah, semoga tips-tips tersebut bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Manfaat Bermain di Luar Rumah Bagi AnakBunda, Ajarkan Anak Arti Kegagalan

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!