Inspirasi Bekal Makanan Sehat untuk Anak TK

28 February 2017

Saat ini, banyak jajanan yang dibubuhi beragam zat berbahaya dengan jumlah melampaui batas maksimal. Jajanan tersebut tentunya berbahaya bila sampai termakan oleh buah hati Anda. Anak TK, PAUD, dan SD kerap menjadi korbannya, karena mereka mudah tergiur oleh tampilan manis jajanan tersebut.

Membuat sendiri bekal makanan sehat untuk anak tentu menjadi sebuah langkah yang tepat. Nah, ini dia inspirasi bekal makanan sehat yang cocok untuk anak TK, PAUD, maupun SD.

  1. Telur Dadar Isi Sayur

Telur Dadar Sayur

Telur Dadar Sayur – Kulinersehat.com

Telur merupakan sumber protein yang tepat untuk si kecil. Bekal makanan berupa telur dadar isi sayur merupakan makanan sehat dan kaya nutrisi. Selain sayuran, misalnya wortel, sawi, dan bayam, Anda juga bisa menambahkan daging tanpa lemak ke dalamnya.

Telur dadar isi sayur cocok disajikan dengan kentang rebus atau kentang kukus. Selain itu, nasi merah juga bisa Anda gunakan untuk melengkapinya.

  1. Burger Buah

Burger Buah

Burger Buah – Qraved.com

Buah-buahan adalah salah satu makanan wajib untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Bekal makanan berupa burger buah merupakan bekal makanan sehat dan menarik untuk anak TK, PAUD, maupun SD. Untuk membuatnya, Anda memerlukan 1 buah apel dan beberapa buah lain kesukaan anak Anda.

Cara membuatnya cukup mudah, lo. Potong apel menjadi dua bagian hingga menyerupai dua buah roti burger. Kerok bagian bijinya. Kemudian, letakkan satu potong apel tersebut di wadah. Tumpuk dengan buah lain, misalnya buah pisang yang sudah diiris tipis-tipis. Jika sudah diisi dengan buah kesukaan anak Anda, tutup dengan sisa potongan apelnya.

  1. Sandwich Roti Tawar Selada
Sandwich Roti Tawar Selada

Sandwich Roti Tawar Selada – Cantikinfo.net

Jika anak Anda menginginkan makanan selain nasi sebagai bekal makan di sekolah, Anda bisa membuatkannya sandwich roti tawar selada. Caranya cukup mudah, kok. Siapkan 2 lembar roti tawar tanpa pinggiran, selada, daging ayam tanpa lemak, dan mayones.

Ambil satu lembar roti tawar dan olesi dengan mayones atau saus tomat. Kemudian, tata selada dan daging ayam di atasnya. Olesi lagi dengan mayones atau saus tomat. Terakhir, tutup dengan roti tawar yang masih tersisa. Mudah, bukan?

  1. Roti Bakar Pisang Cokelat

Bekal makanan sehat lainnya yang berbahan dasar roti tawar adalah roti bakar pisang cokelat. Anda hanya perlu menyiapkan 2 lembar roti tawar tanpa pinggiran, margarin, 1 buah pisang matang, dan selai cokelat.

Pertama, olesi wajan antilengket dengan margarin. Kemudian, panggang satu buah roti tawar di atasnya. Olesi bagian dalam dengan margarin dan selai cokelat. Kemudian, tata pisang di atasnya. Setelah itu, tutup dengan roti tawar yang telah diolesi margarin.

Balikkan roti agar merata matangnya. Setelah roti berwarna kecokelatan, angkat dan gulung menjadi gulungan besar. Roti bakar pisang cokelat siap menemani hari si kecil di sekolah.

  1. Nasi Gulung Daging

Nasi Gulung Daging

Nasi Gulung Daging – Sukamemasak.com

Jika Anda ingin memberikan bekal makan berupa nasi, ubahlah tampilannya supaya lebih menarik. Anda bisa mencoba membuat nasi gulung daging. Pertama, siapkan semangkuk kecil nasi putih. Siapkan juga daging ayam tanpa lemak yang telah dikukus dengan bumbu dan disuwir-suwir.

Ambil penggulung sushi, kemudian tata dan ratakan semangkuk nasi putih di atasnya. Setelah itu, letakkan suwiran daging ayam di salah satu pojok penggulung sushi. Kemudian, gulung dengan sedikit tekanan agar hasilnya rapi, ya.

Itulah tadi 5 bekal makanan sehat untuk anak TK, PAUD, maupun SD. Mau membuat bekal makanan yang lai? Simak saja di artikel ini, dijamin anak Anda akan minta dibuatkan lagi dan lagi.

Leave a reply
Tips Mengajarkan Anak TK untuk MenabungCara Mengajarkan Gaya Hidup Sehat pada Anak TK
All comments (1)
  • […] Bekal yang dibawa dari rumah, tentu lebih sehat dan terjamin kualitasnya. Selain itu, dengan membawa bekal sendiri, anak tak perlu mendapatkan uang saku dari […] Read More[…] Bekal yang dibawa dari rumah, tentu lebih sehat dan terjamin kualitasnya. Selain itu, dengan membawa bekal sendiri, anak tak perlu mendapatkan uang saku dari orang tua. Anak-anak usia 3-5 tahun memang belum paham benar mengenai konsep uang. Mereka cenderung membelanjakannya sesuka hati hingga habis. […] Read Less

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!