Yuk, Ajari 3 Kata Ajaib ini untuk Pembentukan Karakter Anak!

29 June 2018

Membiasakan anak dengan 3 kata ajaib bisa dimulai dari rumah. Hal ini agar pembentukan karakter anak dapat tercipta. Anak itu bisa diibaratkan sebagai kertas putih polos. Mereka bisa menjadi baik ataupun buruk bergantung pada cara Anda dalam membentuk karakter mereka.

Karakter adalah sifat, kepribadian, atau watak yang dimiliki setiap orang. Karakter positif anak dapat dibentuk sejak dini melalui proses pembiasaan dan pembelajaran yang cukup panjang dan lama. Karakter juga bisa terbentuk dari pembiasaan yang terjadi di lingkungan.

Untuk mendidik dan mengajarkan anak berperilaku baik, pembiasaan sangat diperlukan. Pembiasaan juga memerlukan contoh dan contoh itu dapat diperoleh dari Anda. Anda bisa memulainya dengan menggunakan 3 kata ajaib ini. Yuk, cari tahu apa saja 3 kata itu.

 

Maaf

3 Kata Ajaib

Sumber : parenting

 

Salah satu dari 3 kata ajaib adalah maaf. Anda bisa membiasakan anak untuk selalu mengucapkan kata maaf ketika melakukan kesalahan. Kata maaf juga mengajarkan keberanian kepada anak untuk mengakui kesalahannya. Selain itu, Anda juga mengajarkan sikap untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap kesalahan yang telah dibuat lalu berusaha untuk tidak melakukannya lagi.

Kata maaf juga menunjukkan bahwa dengan meminta maaf bukan berarti mengakui kekalahan atau kelemahan, tapi juga menunjukkan rasa penghargaan terhadap orang lain. Anda bisa memberikan teladan dengan mencontohkan pada anak penggunaan kata maaf dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan membiasakan selalu mengucapkan kata maaf, anak akan terbiasa untuk berempati dan berusaha untuk tidak menyakiti perasaan orang lain. Perasaan tidak ingin menyakiti orang lain, empati, berani mengakui kesalahan, dan berani bertanggung jawab merupakan pembentukan karakter yang positif dalam penggunaan kata maaf.

 

Terima Kasih

3 Kata Ajaib

Sumber : stbaldricks

 

Salah satu dari 3 kata ajaib adalah kata terima kasih. Anda bisa membiasakan diri Anda untuk selalu mengucapkan terima kasih dalam setiap kesempatan. Dengan mendengar ucapan terima kasih, anak akan meniru kebiasaan Anda untuk selalu mengucapkan terima kasih kepada orang lain.

Kata terima kasih biasanya diucapkan setelah menerima pertolongan, mendapatkan hadiah atau barang, atau pujian dari orang lain. Anda juga bisa memberikan penghargaan berupa ucapan terima kasih ketika anak mau membantu membersihkan rumah atau mencuci piring.

Dengan membiasakan mengucapkan terima kasih, Anda telah mengajarkan anak tentang arti rasa syukur terhadap sesuatu yang telah dimiliki atau diperoleh. Mampu bersyukur merupakan sifat yang positif yang perlu dikembangkan dalam karakter anak.

 

Tolong

3 Kata Ajaib

Sumber : demandstudios

 

Kata terakhir dalam 3 kata ajaib adalah kata tolong. Membiasakan anak selalu menggunakan kata tolong ketika meminta bantuan dapat membentuk karakter positif mereka. Ketika Anda menyuruh anak untuk melakukan sesuatu, Anda bisa mendahuluinya dengan menggunakan kata tolong. Tanpa kata tolong ketika meminta bantuan, kalimat yang diucapkan akan terdengar seperti perintah dan tak sadar bisa menyinggung orang lain.

Anak juga akan merasa sungkan untuk mengerjakan perintah dari Anda. Namun jika Anda menggunakan kata tolong, Anak akan ikhlas untuk mengerjakan apa yang disuruh. Penggunaan kata tolong dalam kehidupan sehari-hari bisa membentuk karakter anak menjadi lebih menghargai bantuan orang lain, rendah hati, dan tidak semena-mena.

Kata tolong juga bisa membentuk karakter anak untuk lebih santun dan sopan ketika meminta sesuatu. Misalnya, Anda bisa menggunakan kata tolong kepada anak ketika memintanya mengambilkan segelas air.

3 kata ajaib ini sangat mudah untuk diterapkan oleh Anda di rumah. Dengan menggunakan 3 kata ajaib ini, Anda bisa membangun karakter anak menjadi lebih rendah hati, peka, menghargai, berani mengakui kesalahan, dan bertanggung jawab dalam kehidupannya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Ingin Anak Lebih Penurut? Ini 4 Hal yang Harus Dihindari para AyahAnak Suka Coret-Coret? Ternyata ini lo Manfaatnya!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!