Tips dan Trik Mengajak Anak ke Bioskop

19 February 2018

Saat masih pacaran, kegiatan menonton di bioskop merupakan hal yang mudah dan sederhana. Anda dan pasangan menyukai pemain dan jalan ceritanya, Anda tinggal membeli tiket dan langsung masuk ke bioskop. Namun, setelah memiliki anak, hal tersebut menjadi tidak sesederhana ketika Anda masih pacaran. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan Anda sebelum menonton di bioskop. Terlebih jika Anda akan mengajak anak ke bioskop untuk pertama kalinya. Pasti Anda akan mempertimbangkan usia anak dan faktor kesiapan anak saat diajak menonton di bioskop.

Lalu, sebenarnya usia berapakah anak boleh diajak ke bioskop? Banyak pendapat yang mengatakan bahwa anak usia empat tahun sudah bisa diajak menonton ke bioskop. Di usia itu, anak sudah bisa memahami alur cerita sebuah film dan bisa bertahan untuk duduk diam selama kurang lebih 1 jam di dalam bioskop. Selain itu, anak yang berusia 4 tahun sudah tidak terlalu sensitif terhadap lampu dan suara keras. Namun, yang harus Anda ingat, tidak hanya faktor umur dan kesiapan anak saja yang perlu diperhatikan. Ada beberapa tips dan trik mengajak anak ke bioskop agar acara menonton berjalan dengan lancar.

Menonton saat siang hari

Menonton saat siang hari cdn.idntimes.com

Menonton saat siang hari cdn.idntimes.com

Bagi Anda yang pertama kali mengajak anak ke bioskop, sebaiknya Anda memilih waktu di siang hari atau jam tayang pertama. Pada siang hari, biasanya mood anak masih bagus sehingga anak tidak akan terlalu rewel.

Memilih film yang tepat

Memilih film yang tepat cdn.idntimes.com

Memilih film yang tepat cdn.idntimes.com

Memilih film yang tepat merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan saat mengajak anak ke bioskop. Pastikan Anda memilih film yang ramah anak. Anda bisa memilih film kartun atau film drama keluarga. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan durasi filmnya. Pastikan Anda tidak menonton film berdurasi lebih dari dua jam. Hal ini untuk menghindari anak merasa bosan dan rewel saat di bioskop.

Masuk ke bioskop saat film sudah mau mulai

Masuk ke bioskop saat film sudah mau mulai ccanglican.com

Masuk ke bioskop saat film sudah mau mulai ccanglican.com

Sebelum film dimulai, biasanya akan ada banyak iklan dan trailer film-film terbaru. Nah, agar anak tidak kelamaan menunggu, sebaiknya Anda masuk paling terakhir setelah iklan berakhir atau beberapa saat sebelum iklan berakhir. Selain itu, biasanya trailer-trailer film akan menayangkan gambar yang cepat serta dengan suara yang cukup keras. Hal ini tentunya dikhawatirkan akan membuat anak menjadi takut dan rewel.

Siapkan camilan kesukaannya

Siapkan camilan kesukaannya www.merries.co.id

Siapkan camilan kesukaannya www.merries.co.id

Salah satu trik agar acara menonton Anda sukses adalah selalu siapkan camilan ataupun minuman kesukaannya. Biasanya anak akan duduk tenang jika perut kenyang. Selain itu, makanan akan mengalihkan perhatian anak dari rasa bosan karena duduk terlalu lama.

Ikuti kemauan anak

Ikuti kemauan anak site.tupperware.co.id

Ikuti kemauan anak site.tupperware.co.id

Anda terpaksa keluar bioskop lebih dahulu sebelum film selesai? Tenang, Anda bukan satu-satunya orang tua yang terpaksa keluar sebelum film berakhir karena anak menangis, merengek atau rewel. Dalam kondisi seperti ini, jangan pernah merasa menyesal karena sudah membuang tiket. Anda tidak bisa memaksakan anak untuk tetap tenang saat menonton film yang kurang mereka pahami. Anda bisa mengajaknya keluar sebentar untuk memberikan jeda kepada anak. Jika anak sudah tenang, Anda bisa membawanya kembali ke dalam bioskop.

Demikian beberapa tips dan trik yang bisa Anda jadikan panduan saat mengajak anak ke bioskop. Yang penting adalah pastikan anak sudah siap untuk diajak ke bioskop. Selamat menonton!

Leave a reply
Tidak Selalu Buruk, Ini Beberapa Dampak Positif Bermain Bagi AnakCara agar Anak Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!