Mengajak Si Kecil Ingin Makan di Luar? Ini Dia 5 Tips Mengajak Anak Makan di Restoran Agar Tidak Rewel dan Merasa Nyaman

17 July 2019

Saat akhir pekan tiba, saatnya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Entah berjalan-jalan ke tempat wisata, ke taman bermain, atau sekadar mengunjungi pusat perbelanjaan. Saat tiba waktunya makan dan Anda harus mengajak anak makan di restoran, hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri. Terlebih bila si kecil masih berusia balita.

Hal yang paling sering dikhawatirkan para orang tua saat mengajak anak makan di restoran adalah ketika anak mulai rewel dan tidak bisa ‘duduk manis’. Untuk mengatasinya sepertinya mudah, dengan menyodorkan gadget lalu menyetel film atau lagu kesukaannya. Kemudian masalah terselesaikan.

Memang dengan cara demikian, si kecil akan duduk manis di kursinya sambil menatap layar ponsel. Tapi dengan begitu, justru akan membuat Anda dan anak sama-sama ketergantungan dengan ponsel.

Solusi yang terbaik adalah dengan mengajarkan sopan santun pada si kecil supaya ia terbiasa makan dengan tertib. Seperti mengenalkan tentang sopan santun melalui buku cerita dan membiasakan anak makan dengan tenang saat di rumah.

Namun, bila Anda khawatir karena baru pertama kalinya mengajak anak makan di restoran, maka tips berikut ini dapat Anda terapkan agar anak mau makan dengan tenang.

1. Pilih Restoran yang Ramah Anak

Anak Makan di Restoran

pixabay.com

Maksudnya adalah memilih restoran yang tersedia tempat bermain untuk anak (playground) dan memiliki menu khusus untuk anak-anak. Terlebih bila menu khusus anak-anak itu mendapatkan mainan, pasti si kecil akan duduk manis sambil melahap makanannya.

Selain itu, restoran yang ramah anak juga biasanya menyediakan kursi makan bayi (high chair) untuk memudahkan Anda saat menyuapi si kecil.

2. Tiba di Restoran 30 Menit Lebih Awal dari Jam Makan Si Kecil

Anak Makan di Restoran

pixabay.com

Ketika Anda berencana untuk mengajak anak makan di restoran, sebaiknya Anda tiba 30 menit lebih awal dari jam makan si kecil. Hal ini dilakukan agar anak tidak merasa bosan saat menunggu makanan atau merengek karena mulai lapar.

Anda juga bisa membawa makanan kecil kesukaan anak untuk berjaga-jaga bila si kecil sudah mulai lapar saat pesanannya tiba.

3. Memilih Tempat Duduk yang Tepat

Anak Makan di Restoran

pixabay.com

Sesaat setelah tiba di restoran, sebisa mungkin memilih tempat duduk yang dekat dengan jendela atau pintu keluar. Duduk di dekat jendela akan mengalihkan perhatiannya. Ajaklah untuk melihat pemandangan di luar jendela agar si kecil tidak bosan.

Sedangkan memilih tempat duduk yang dekat dengan pintu keluar merupakan antisipasi bila sewaktu-waktu si kecil rewel. Anda bisa mengajaknya keluar dari restoran dan menenangkannya sebelum tangisannya mengganggu pengunjung lain.

Bila si kecil duduk di kursi tinggi, maka Anda bisa menempatkan kursi makan anak di antara Anda dan suami agar si kecil merasa aman dan nyaman karena berada di antara ayah dan ibunya.

4. Ajak Anak Memilih Makanannya

Anak Makan di Restoran

pixabay.com

Ketika sedang memilih makanan yang hendak dipesan, ajaklah untuk ikut memilih menu apa yang ingin dimakan si kecil. Pada umumnya, anak berusia di atas 2 tahun sudah bisa memilih makanannya sendiri. Jika ia kesulitan, Anda dapat membantunya memilih sekaligus memperkenalkannya dengan nama-nama makanan.

5. Tetap Tenang Ketika Anak Mulai Rewel

Anak Makan di Restoran

pixabay.com

Tips berikutnya saat mengajak anak makan di restoran adalah tetap tenang dan jangan panik saat si kecil mulai rewel, berteriak, atau melempar makanan dan alat makan. Jika Anda panik dan malah membentaknya, maka si kecil akan menyadarinya sehingga membuatnya semakin rewel. Cobalah untuk tetap tersenyum dan berikan perhatian kepada anak agar mudah mengetahui keinginannya.

Jadi, apakah Anda sudah menjalankan tips mengajak anak makan di restoran seperti di atas? Kini tak perlu khawatir lagi untuk membawa si kecil makan di luar bila ia sudah terbiasa tenang.

Leave a reply
Agar Anak Tumbuh Tinggi Maksimal, Yuk Biasakan Anak Konsumsi 5 Makanan Ini!Anak Sulit Patuh? Lakukan 6 Tips Menegur Balita Ini

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!