Ini lho 6 Manfaat Permainan Scrabble untuk Anak

8 September 2018

Anak Bunda tidak bisa dipisahkan dari gadget? Sudah waktunya Bunda menjauhkannya dari perangkat tersebut dan mengenalkan permainan yang murah dan memuat banyak unsur edukasi. Seperti misalnya scrabble. Sebagai salah satu permainan yang populer di seluruh dunia, permainan ini ternyata memiliki banyak manfaat jika dikenalkan sejak dini kepada anak. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk, simak 6 manfaat permainan scrabble untuk si kecil berikut ini.

Menghitung cepat

Manfaat Permainan Scrabble

sumber : wajibbaca.com

Salah satu manfaat permainan scrabble untuk anak adalah melatih kemampuan berhitung cepat. Saat bermain scrabble, kemampuan dasar matematika anak secara tidak langsung akan terasah.  Saat menyusun kata demi kata, anak tentunya akan memperhitungkan jumlah kata yang akan diperoleh. Tidak hanya itu, anak pun bisa belajar mengalikan angka yang diperoleh dari double letter, tripple letter, double word, dan tripple word. Semakin sering melakukan permainan ini, kecepatan berhitung anak Bunda akan lebih meningkat.

Menambah perbendaharaan kata dan memperbaiki ejaan

 Manfaat Permainan Scrabble

sumber : seminarparenting.com

Manfaat permainan scrabble yang kedua adalah bisa dijadikan ajang untuk menambah kosakata anak. Hal ini dikarenakan karena selama permainan berlangsung pasti muncul banyak kata-kata, yang sebagian mungkin jarang dipakai atau bahkan sama sekali baru. Tidak hanya jumlah kosa katanya bertambah, kemampuan anak dalam menyusun dan mengingat ejaan setiap kata pun menjadi lebih baik.

Meningkatkan kemampuan anagram

 Manfaat Permainan Scrabble

sumber : mirantibanyu.com

Selanjutnya, manfaat permainan scrabble bagi anak adalah meningkatkan kemampuan anak dalam mengolah atau menyusun kata (anagram). Huruf-huruf terbatas dan acak yang diperoleh dalam permainan ini melatih anak Bunda untuk berpikir cepat untuk menemukan kata yang sesuai dengan huruf yang tersedia.

Mengembangkan strategi

 Manfaat Permainan Scrabble

sumber : lighthouse.indonesia.com

Selanjutnya, melalui permainan scrabble, anak terlatih untuk berpikir strategis. Permainan ini membutuhkan pemikiran dan strategi yang tepat agar bisa mendapatkan nilai yang maksimal dari kata-kata yang disusun. Di antaranya adalah menentukan bagaimana caranya huruf-huruf yang tersedia di rak (rack leave) bisa membentuk kata-kata yang bernilai tinggi, baik itu double word atau triple word.

Selain itu, anak Bunda juga bisa mengatur strategi agar susunan katanya mampu memblokade lawan. Setidaknya mereka tidak bisa menambah nilai karena kesulitan menyusun kata-kata dari huruf-huruf yang ada.  

Melatih kesabaran dan sportivitas

Manfaat Permainan Scrabble

sumber : majalahfahma.com

Manfaat lain dari permainan scrabble ini adalah melatih kesabaran dan sikap sportif pada anak. Dalam proses bermain, anak akan menunggu bergantian hingga gilirannya datang. Anak juga belajar menerima dan berusaha memanfaatkan dengan baik apapun huruf yang diperolehnya. Tidak hanya itu, Anak juga bisa belajar menghargai usahanya ketika memenangkan pertandingan sekaligus belajar untuk menerima kekalahan jika ternyata tidak bisa memenangkan pertandingan tersebut. Hal ini tentunya suatu langkah yang baik untuk melatih sportivitasnya.

Meningkatkan daya ingat

Manfaat Permainan Scrabble

sumber : critalxs.com

Banyak kata-kata baru yang akan muncul dalam permainan ini. Anak tentu bisa belajar menghapal kata-kata asing tersebut beserta arti dan pengejaannya tanpa disadari. Kemampuan daya ingat anak tentunya akan semakin baik seiring dengan seringnya anak melakukan permainan ini.

Bagaimana, Bunda? Ternyata, ada banyak sekali, kan, manfaat permainan scrabble untuk anak. Selain dengan si kecil, Bunda juga bisa, kok, mengajak anggota-anggota keluarga lainnya untuk bermain bersama saat sedang santai. Selain menyenangkan dan bermanfaat, permainan ini juga bisa mempererat hubungan satu sama lain jika sering dimainkan bersama. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Leave a reply
Yuk, Coba 8 Cara Mengajarkan Anak Makan Sendiri Berikut IniAnak Bertengkar dengan Teman. Haruskah Melerai Mereka?

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!