Ingin Memperkenalkan Musik pada Anak? Ikuti Tips Berikut Ini

24 October 2017

Selain menjadi sumber hiburan, musik juga memberikan manfaat, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Kesadaran terkait manfaat musik mendorong banyak orang tua untuk memperkenalkan musik pada anak.

Akan tetapi, proses pengenalan musik kepada si kecil buah hati perlu dilakukan secara bertahap. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan, seperti pemilihan jenis musik yang sesuai, preferensi anak, ketersediaan perangkat penunjang, serta aktivitas-aktivitas lainnya yang mendukung buah hati untuk berkreasi dengan musik.

Selain memberikan pilihan hiburan, pengenalan ini juga diharapkan membantu menggali potensi si kecil di bidang musik. Meskipun terkesan rumit, ada beberapa tips mudah yang bisa Anda ikuti untuk memperkenalkan musik kepada anak. Ingin tahu seperti apa tips-tips tersebut? Berikut adalah ulasannya.

Perdengarkan Musik Setiap Hari

Mendengarkan Musik - gudangkesehatan.com

Mendengarkan Musik – gudangkesehatan.com

Sebelum memperkenalkan musik lebih jauh, tentunya Anda perlu menumbuhkan ketertarikan dan kecintaan anak terhadap musik. Untuk menumbuhkannya, Anda bisa memutar musik setiap hari. Anda bisa memilih musik-musik yang ceria dan bersemangat.

Di samping pemilihan musik yang ceria, Anda juga bisa memilih musik dengan konten edukatif, seperti konten berhitung atau pembelajaran bahasa Inggris. Sambil menikmati musik dan bernyanyi bersama, Anda bisa memandu si kecil untuk mempelajari konten yang ditampilkan melalui lirik atau tarian (terutama pada video musik). Selain menghibur, tentunya si kecil pun bisa mempelajari hal-hal baru.

Perkenalkan Alat Musik pada si Kecil

Bermain Alat Musik - maestromusicians.com

Bermain Alat Musik – maestromusicians.com

Setelah memperdengarkan lagu-lagu, Anda bisa memperkenalkan musik pada anak dengan menunjukkan alat-alat musik. Ajarkan pada si kecil bahwa alat-alat tersebut bisa menghasilkan suara dan digunakan untuk menciptakan musik. Jika Anda memiliki alat-alat musik di rumah (misalnya, piano atau gitar) dan mampu memainkannya, Anda bisa mencontohkan cara memainkan alat musik tersebut.

Dewasa ini, banyak tersedia alat musik dengan ukuran yang lebih kecil sehingga cocok dimainkan oleh si kecil. Anda bisa membeli perangkat keyboard kecil sebagai alat musik pertama untuk si buah hati. Jika Anda bisa menyediakan beberapa instrumen, cari tahu instrumen yang lebih disukai si kecil, kemudian perdalam pengenalan instrumen tersebut.

Perkaya Repertoir Musik si Kecil dengan Mengenalkan Genre Baru

Perkaya Repertoir Mausik - sanguinischoraliensis.files.wordpress.com

Perkaya Repertoir Mausik – sanguinischoraliensis.files.wordpress.com

Seiring berkembangnya pengetahuan buah hati Anda tentang musik, Anda bisa memperkenalkan genre-genre musik baru kepada si kecil. Jika Anda menyukai musik ballad, Anda bisa memutar beberapa pilihan lagu ballad dan mendengarkannya bersama si kecil, sambil meminta pendapatnya mengenai aspek-aspek musik yang ia dengar (misalnya, warna suara penyanyi atau aransemen).

Selain itu, jika Anda mampu memainkan instrumen, kenalkan genre baru dengan memainkan lagu dari genre yang Anda pilih menggunakan instrumen musik. Untuk instrumen piano, misalnya, Anda bisa mengenalkan musik klasik dengan memainkan karya-karya kecil di piano. Tips ini juga membantu Anda memperluas pengetahuan si kecil dan mengetahui preferensi musiknya.

Ajaklah si Kecil Menonton Konser atau Acara Musik

Acara Musik - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Acara Musik – s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Apakah Anda menyukai acara musik? Anda bisa memperkenalkan musik pada anak dengan mengajaknya menonton acara atau konser musik. Ada beragam acara yang bisa dikunjungi, dari mulai festival musik hingga konser musik klasik. Tentunya, pastikan genre musik atau acara yang dihadiri cukup “ramah” bagi si kecil.

Jika tidak memiliki waktu untuk menonton konser secara langsung, Anda bisa memanfaatkan situs portal video untuk menonton acara atau konser musik dari rumah. Meskipun suasananya berbeda, Anda dan si kecil tetap bisa menikmati musik bersama.

Daftarkan si Kecil ke Sekolah Musik

Sekolah Musik - brianlauritzen.files.wordpress.com

Sekolah Musik – brianlauritzen.files.wordpress.com

Tips terakhir untuk memperkenalkan musik pada anak adalah mendaftarkannya ke sekolah musik. Anda bisa mendaftarkannya ke kelas instrumen yang ia sukai. Selain mengasah bakat bermusiknya lebih jauh, kelas musik pun membantu meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan bersosialisasi.

Itulah beberapa tips memperkenalkan musik pada anak. Meskipun sederhana, langkah-langkah tersebut diharapkan dapat memberikan dampak yang positif. Selamat mencoba!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Pilihan Aplikasi Permainan untuk AnakBosan ke Mal? Inilah Pilihan Aktivitas Kreatif untuk Menghabiskan Akhir Pekan

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!