Ketahui Bakat Musik Anak dengan 5 Cara Berikut

13 June 2017

Setiap anak dianugerahi bakat yang berbeda-beda. Ada yang memiliki bakat berhitung, menulis bahkan bermusik. Dengan menyadari bakat yang dimiliki si kecil sejak dini, orang tua dapat melakukan langkah-langkah tepat untuk mendorong anak memaksimalkan bakatnya.

Salah satu bakat yang kadang terlambat dideteksi adalah bakat musik. Padahal bila dikembangkan dengan baik sejak dini, kelak anak bisa menghasilkan karya berkualitas bahkan berprestasi di tingkat dunia.

Cara sederhana untuk mendeteksi bakat musik anak yakni melihat perilaku mereka yang cepat merespon musik. Anak-anak memang menyukai musik. Mereka bisa meresponnya melalui ketukan jari, goyangan kepala, atau menggoyangkan pinggang saat mendegar irama musik. Bila masih ragu-ragu, Anda dapat menemukan bakat musik anak dengan 5 cara berikut.

  1. Miliki Bakat Musik tak Berarti Bersuara Merdu
Source - pixabay

Source – pixabay

Anak yang memiliki bakat musik tak selamanya memiliki suara yang merdu. Hal ini yang harus diingat para orang tua sebelum mendeteksi bakat musik si kecil. Kadang banyak orang yang memahami bahwa berbakat dalam musik berarti memiliki suara merdu. Padahal dunia musik sangat luas cakupannya. Memang ada anak-anak yang dikaruniai suara merdu sekaligus kemampuan musikalitas yang tinggi.

Untuk menjadi seorang komposer atau pianis hebat, seseorang tak perlu memiliki suara merdu. Cukup paham terhadap notasi dan piawai mengelola alunan nada saja untuk menciptakan sebuah karya yang bagus. Bila anak Anda tak memiliki suara merdu jangan anggap ia tak berbakat. Bisa saja, ia justru piawai memainkan beberapa alat musik sekaligus.

  1. Lakukan Tes Nada
Source - pixabay

Source – pixabay

Anak-anak yang memiliki bakat dalam bidang musik memiliki kecenderungan untuk menghafal nada di lagu tertentu. Dari sekian banyak lagu yang ia dengarkan, pasti ada salah satu yang menjadi favoritnya.

Cobalah mainkan lagu favorit anak dengan nada yang keliru. Bila anak Anda berbakat secara musikal, ia akan memperhatikan terdapat kesalahan dalam lagu tersebut. Anda juga bisa bermain tebak lagu dengan sang buah hati. Mainkan instrumen lagu tersebut. Bila ia cepat menebak judulnya, kemungkinan ia berbakat dalam bidang musik.

  1.  Berikan Alat Musik
source - pixabay

source – pixabay

Dorong anak untuk memainkan alat musik. Mulailah dengan membeli alat musik mainan seperti drum atau piano. Bila mereka terlihat menikmati dan terus memainkannya selama berhari-hari, kemungkinan ia tertarik pada dunia musik.

Untuk lebih meyakinkan, Anda dapat memainkan instrumen sebuah lagu di piano. Bila ia bisa menangkap nada dan memainkannya kembali dengan benar, berarti bakat musik anak tergolong tinggi.

  1. Memproduksi Musik Sendiri
Source - ibudanbalita

Source – ibudanbalita

Meskipun tidak dibekali alat musik, anak memiliki talenta musik dapat memproduksi musik dengan alat-alat sederhana di sekitarnya. Entah dari kombinasi kaleng susu dan sendok atau hanya sekedar membunyikan tas kresek. Mereka bisa lebih menikmati membuat musik sendiri daripada berkutat dengan gawainya.

Dengarkan juga musik yang ia produksi dengan mulutnya. Biasanya mereka yang memiliki bakat musik dapat meniru berbagai bunyi. Mulai dari bunyi klakson mobil hingga bunyi air terjun. Mulai meramu musiknya sendiri juga turut merangsang kreativitas anak.

  1. Datangi Ahlinya
Source - pixabay

Source – pixabay

Sebagai orang tua yang masih awam, kemungkinan Anda belum bisa memastikan bakat musik anak meskipun telah melakukan cara-cara diatas. Anda bisa meminta bantuan seorang profesional di bidang untuk mengevaluasi kemampuan si kecil. Misalnya, mintalah penilaian seorang guru musik atau pelatih paduan suara profesional. Bila terbukti anak Anda memiliki bakat musik, segeralah ikutkan kursus atau memasukan anak ke sekolah musik.

Mendeteksi bakat anak sejak dini akan sangat berguna. Anda dapat mengambil andil dalam menentukan arah langkah anak di masa mendatang. Selamat mencoba!

 

 

Leave a reply
Anak Kurang Pandai Bergaul? Bangun Percaya Dirinya Yuk, Bunda!Masuki Usia Sekolah, Yuk Mulai Ajak Anak Berhemat
All comments (1)

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!