Bosan ke Mal? Inilah Pilihan Aktivitas Kreatif untuk Menghabiskan Akhir Pekan

25 October 2017

Bagi Anda dengan jadwal pekerjaan yang padat, biasanya akhir pekan dapat menjadi waktu yang tepat untuk bersantai dan mengakrabkan diri dengan si kecil. Di kota-kota besar, banyak orang tua yang menghabiskan akhir pekan bersama buah hatinya dengan mengunjungi taman bermain atau mal.

Akan tetapi, Anda mungkin lelah mengajak si kecil mengunjugi mal atau taman bermain yang selalu dipadati pengunjung, terutama di akhir pekan. Selain itu, si kecil pun mungkin merasa jenuh dengan tempat yang sama. Ditambah lagi, suasana tempat yang ramai mungkin membuat Anda dan buah hati tidak bisa menikmati hiburan dengan nyaman.

Sebenarnya, ada beberapa aktivitas kreatif yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menghabiskan akhir pekan, loh! Selain bisa mengembangkan kreativitas, aktivitas-aktivitas seperti ini juga tidak menguras banyak biaya. Ingin tahu apa saja pilihannya? Simak ulasannya berikut ini.

Konser Mini di Rumah

Konser Mini - 2.bp.blogspot.com

Konser Mini – 2.bp.blogspot.com

Si kecil senang bernyanyi? Anda bisa memanfaatkan hobinya sebagai salah satu aktivitas untuk menghabiskan akhir pekan di rumah. Tak perlu memasang properti atau dekorasi yang rumit! Atur furnitur dan siapkan area kosong di ruang keluarga sebagai panggung. Setelah itu, Anda bisa mempersiapkan penampilan si kecil agar tampil keren di panggung ketika bernyanyi.

Jika Anda bisa memainkan instrumen musik, Anda bisa berkolaborasi bersama si kecil untuk menampilkan lagu-lagu yang ia sukai. Ajak anggota keluarga yang lain untuk menonton konser kecil dan memberikan tepuk tangan meriah. Selain dapat meningkatkan kepercayaan diri, aktivitas ini juga mengasah bakat bermusik buah hati Anda.

Finger Painting

Finger Painting - webneel.com

Finger Painting – webneel.com

Ingin berkreasi dengan beragam bentuk dan warna? Finger painting dapat menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan di akhir pekan. Selain menjadi media eksplorasi seni visual, si kecil juga bisa bersenang-senang dengan mencelupkan tangannya pada cat warna-warni dan membuat bentuk atau objek yang diinginkan dengan tangannya.

Anda bisa menyiapkan beberapa lembar kertas karton putih besar dan beberapa kaleng cat air dengan beragam warna. Agar lebih bebas dan tidak mengotori furnitur, Anda dan si kecil bisa membuat karya di halaman. Jika mau, si kecil juga bisa membuat karya dengan jejak kakinya. Setelah selesai, Anda bisa memamerkan karya-karya tersebut di dalam rumah dan menempelkan label judul lukisan, layaknya sebuah galeri seni.

Ular Tangga Raksasa

Main Ular Tangga Raksasa - 3.bp.blogspot.com

Main Ular Tangga Raksasa – 3.bp.blogspot.com

Bosan dengan permainan ular tangga klasik? Cobalah buat papan ular tangga raksasa bersama si kecil dan jadilah pion dalam permainan. Anda bisa menggunakan beberapa lembar kertas karton besar sebagai papan, kemudian membuat petak-petak, tangga, dan ular pada papan permainan dengan spidol berwarna atau cat air. Libatkan pula si kecil pada proses pembuatan papan. Selain menjadi alternatif hiburan untuk menghabiskan akhir pekan, permainan ini juga bisa melatih kreativitas buah hati Anda.

Setelah papan selesai, Anda dan si kecil berperan sebagai pemain dan pion. Agar lebih mengasyikkan, di petak kepala ular, cantumkan hukuman ringan yang harus dilakukan oleh pemain, seperti berhitung atau bernyanyi. Jika mau, Anda juga bisa membuat dadu raksasa dari boks karton yang sudah dipotong membentuk dadu.

Bioskop Mini

Bioskop Mini - i.pinimg.com

Bioskop Mini – i.pinimg.com

Ingin menonton film tanpa takut kehabisan tiket? Anda bisa menyiapkan sendiri bioskop mini. Ini dapat menjadi aktivitas sederhana untuk menghabiskan akhir pekan, tanpa meninggalkan rumah. Siapkan pilihan tontonan yang sesuai dengan usia si kecil, dan biarkan ia menentukan apa yang ingin ditonton. Setelah itu, tutup tirai dan matikan lampu untuk membangun nuansa bioskop.

Jika mau, Anda juga bisa menyiapkan popcorn dan minuman untuk menemani sesi menonton. Selain popcorn, Anda juga bisa menyediakan camilan lain yang lebih sehat, seperti biskuit gandum atau roti selai.

Itulah pilihan aktivitas yang bisa dilakukan untuk menghabiskan akhir pekan bersama si kecil. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Ingin Memperkenalkan Musik pada Anak? Ikuti Tips Berikut IniCara Asyik Mengenalkan Sains pada Anak Sejak Dini

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!