Makanan Untuk Kesehatan Mata

18 November 2019

Setiap orang dewasa pasti akan mengetahui bahwa makanan yang bisa memberikan manfaat lebih kepada mata setiap orang adalah wortel, hanya sayur tersebut yang selama ini mungkin kita tahu bagus untuk kesehatan mata kita.

Meski begitu, tidak banyak yang tahu selain wortel atau vitamin A yang dikandung oleh vitamin A dapat menjaga kesehatan mata Anda, makanan lain dengan kandungan zat gizi lain juga tentu saja memiliki manfaat untuk kesehatan mata Anda.

Makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, seng, lutein, zeaxanthin, dan asam lemak omega 3 juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan mata Anda, semua ini dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula.

Dan selain wortel ada beberapa makanan lain yang bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan mata Anda, seperti berikut ini:

  • Sayur Hijau

Makan makanan sayur hijau yang memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin akan menjaga kesehatan mata Anda, kandungan yang ada di sayuran seperti lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid yang Anda bisa temukan pada retina. Makanan yang mengandung dua zat gizi ini memiliki sifat antioksidan yang dapat menurunkan risiko pengembangan degenerasi makula dan juga katarak.

Antioksidan dapat melindungi mata dari kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh sinar matahari, asap rokok, dan juga polusi udara.

Lutein dan zeaxanthin bekerja dengan cara meningkatkan pigmen dalam makula yang menyerap kelebihan cahaya biru dan juga ultraviolet serta menetralkan radikal bebas, hal tersebut akan membuat lutein dan zeaxanthin dalam makanan dapat melindungi mata dari kerusakan.

Sayuran hijau sendiri yang memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang tinggi adalah bayam, sawi, brokoli, dan juga lobak hijau, selain sayuran hijau, dalam kacang polong dan alpukat, mereka memiliki kandungan tersebut yang bisa membantu kita menjaga kesehatan mata kita.

 

  • Telur

Telur merupakan salah satu yang memiliki kandungan banyak zat gizi yang bisa meningkatkan kesehatan mata, dalam telur, ada lutein, zeaxanthin, vitamin A dan juga seng. Lutein dan vitamin A dapat melindungi mata Anda dari kebutaan di malam hari dan kekeringan pada bagian mata, tentu saja hal tersebut akan membuat mata Anda tidak berair dan tetap tidak memiliki masalah apabila Anda sering dan rajin mengonsumsi makanan tersebut.

 

  • Buah Sitrus dan Berry

Buah sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk bali serta stroberi, bluberi, dan raspberry memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan tentu saja vitamin C sendiri mengandung antioksidan paling tinggi yang membuat makan makanan yang mengandung vitamin C dapat mengurangi risiko katarak, makanan lain yang mengandung vitamin C selain itu adalah papaya, paprika, tomat, kiwi, dan juga jambu biji.

 

  • Gandum

Gandum atau biji-biji utuh seperti beras merah, oat, roti gandum, dan pasta gandum akan meningkatkan kesehatan mata karena makanan tersebut mengandung vitamin E, seng, dan niasin, makanan yang mengandung indeks glikemik rendah tersebut dapat membantu mengurangi risiko degenerasi yang disebabkan oleh faktor usia, selain itu, minyak gandum juga mengandung vitamin E.

 

  • Ikan

Mengandung asam lemak omega-3, ikan tentu saja bermanfaat bagi kesehatan mata, asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi mata dari kekeringan, dan juga katarak, hal tersebut juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 memiliki sifat antiperadangan yang dapat mengurangi risiko degenerasi.

Asam lemak sendiri sebenarnya juga ada di retina mata kita dan jika kadar asam lemak rendah pada retina, maka bisa membuat mata kita menjadi kering, ikan yang mengandung asam lemak omega-3 adalah salmon, tuna, sarden, dan juga makarel.

Selain menjaga kesehatan mata anak Anda, kita juga harus rajin memberikan makanan makanan yang dapat menjaga kesehatan mata anak kita, termasuk mata kita sendiri, karena dengan hal tersebut, mata kita akan terus sehat dan membuat kita masih bisa melihat jelas tanpa menggunakan bantuan apapun seperti kacamata atau lensa kotak yang bisa saja membuat pergerakan kita terbatas atau tidak nyaman akan hal tersebut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Mengajari Anak Mengatur WaktuJaga Kesehatan Mata Anak 

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!