Jaga Kesehatan Mata Anak 

19 November 2019

Tidak peduli berapapun usia Anda, mata merupakan hal yang perlu dijaga dan perlu diberikan yang terbaik, terlebih jika Anda sudah memiliki anak-anak, kesehatan mata yang tergganggu dapat mengganggu aktivitas anak Anda.

Kondisi mata yang kurang optimal bisa membuat anak-anak dalam beraktivitas, terutama dalam hal akademis, sosial, dan juga hobi mereka, dan di masa kanak-kanak otak akan belajar mengenai bagaimana mata dapat untuk melihat, sama halnya seperti belajar tentang bagaimana menggunakan kaki untuk berjalan maupun berlari dan juga tangan untuk menulis dan juga sebagainya.

Penglihatan tentu saja menjadi peran penting dalam perkembangan fisik, kognitif, dan sosial anak-anak, karena itu, pemeriksaan mata bagi anak sangat penting dilakukan untuk mengetahui adanya gangguan mata sejak dini pada anak Anda.

Karena sering banyak masalah kesehatan mata yang tidak terdeteksi lebih dini, maka lebih baik kita sebagai orang tua untuk tetap menjaga kesehatan mata anak kita.

Apa yang bisa kita lakukan agar mata anak tetap terjaga?

Berikut adalah beberapa hal yang Anda dapat lakukan untuk menjaga kesehatan mata anak Anda:

  • Periksa Secara Rutin

Periksakan mata anak Anda ke dokter mata setidaknya dua tahun sekali, hal tersebut akan memastikan anak mata Anda tetap sehat atau untuk mengetahui apakah ada masalah pada mata anak Anda lebih dini, seperti ambylopia, hyperopia, atau miopi, karena semaki ncepat masalah terdeteksi, maka akan semakin optimal juga hasil pengobatan yang dapat Anda lakukan kepada anak Anda agar mata anak Anda tetap terjaga.

 

  • Berikan Nutrisi Pada Anak

Berikanlah anak Anda makan makanan yang bisa memberikan nutrisi pada mata, berikan sayur dan buah-buahan, seperti wortel, tomat, stroberi, dan hal lainnya, hal ini tentu saja untuk memastikan anak Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata, ada antioksidan, vitamin C, vitamin E, asam lemak Omega-3, dan juga lutein. Makanan seperti ikan salmon, udang, ikan tuna, dan ikan patin juga tentu saja merupakan hal yang baik untuk menjaga kesehatan anak Anda.

 

  • Berikan Topi Atau Kacamata Hitam

Anda bisa melindungi anak Anda dari sinar UV yang bisa merusak penglihatan anak Anda, terutama jika mata anak Anda berwarna terang, Anda dapat melindungi mata anak Anda dengan menggunakan kacamata hitam atau topis ketika anak Anda sedang beraktivitas di luar rumah dengan matahari yang terik pada siang hari.

 

  • Main Di Luar Rumah

Hal yang ini harus Anda llakukan agar anak Anda bisa tercegah dari rabun dekat atau miopi karena hal itu bisa terjadi jika anak Anda terlalu sering bermain di dalam ruangan, meski begitu, Anda juga harus ingat bahwa Anda harus tetap melindungi anak Anda dari sinar UV yang juga bisa merusak mata anak Anda.

 

  • Rangsang Indra Penglihatan

Dengan perkembangan mata anak Anda sejak bayi hingga sekitar usia anak Anda nanti berusia delapan tahun, penting bagi Anda untuk dapat membantu merangsang perkembangan visual anak Anda, Anda bisa berikan permainan dengan bermacam warna, puzzle, blok susun atau lainnya agar anak Anda dapat terangsang indra penglihatan anak Anda dan membuat anak Anda dapat mengetahui banyak tentang penglihatan yang dilihatnya.

 

  • Berikan Contoh

Jika Anda sedang berada di rumah bersama anak Anda, Anda bisa memberikan contoh yang tepat kepada anak Anda, Anda jangan pernah menonton TV terlalu dekat, menggunakan gadget terlalu sering, orang tua sendiri juga pasti menyuruh anak mereka memakan sayur atau buah-buahan, dan juga larangan lainnya yang bisa membuat mata anak Anda rusak, meski begitu, Anda juga harus bisa menjadi contoh bagi anak Anda, lakukanlah yang Anda perintahkan kepada anak Anda untuk diri Anda sendiri, karena anak selalu mencontoh perilaku orang yang berada di sekitar mereka.

Anda harus menjaga anak Anda dari masalah yang bisa menyebabkan mata anak Anda memiliki gangguan, berikanlah buah-buahan dan jagalah anak Anda agar tidak terlalu dekat ketika sedang bermain dengan gadget maupun menonton TV.

 

Leave a reply
Makanan Untuk Kesehatan MataManfaat Bermain Boneka Untuk Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!