Penyakit Saat Musim Hujan 

7 January 2020

Awal tahun 2020 ini dimulai dengan curah hujan yang cukup ekstrim yang membuat beberapa tempat maupun daerah terendam banjir. Hujan turun begitu lebat dan tidak berhenti, kondisi tersebut tentu saja harus diwaspadai oleh setiap orang tua, terutama ketika Anda memiliki anak balita akan terkena wabah penyakit yangs sering menyerang saat musim hujan.

Cuaca seperti ini memang sangat rentan sekali untuk kesehatan anak-anak, kondisi yang lembab saat hujan akan membuat virus dan bakteri lebih mudah berkembang biak dan menyebar dan akan membuat anak lebih mudah tertular dan jatuh sakit.

Sebagai orang tua kita harus lebih ekstra menjaga kesehatan anak kita, dan ada juga beberapa penyakit yang sering menimpa anak anak ketika musim hujan dibandingkan musim kemarau atau musim lainnya.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar anak kita tetap terjaga dari penyakit dan tetap sehat meski cuaca saat ini masih cuaca hujan.

  • Jaga Kebersihan

Musim hujan memang akan membuat kita sering membersihkan tempat main anak kita, baik di dalam rumah maupun di luar rumah, anak anak sering sekali bermain di genangan air.

“Bermain di genangan air atau banjir akan membuat anak anak bias terkena sakit ISPA, hal tersebut rentan terjadi ketika daya tahan tubuh anak sedang menurun, jaga stamina tubuh anak dengan meningkatkan daya tahan tubuh anak kita agar sang anak tidak mudah tertular dengan ISPA,” kata dr. Frieda yang merupakan dokter spesialis anak.

 

  • Diare dan DBD

Penyakit lain yang sering terjadi di musim hujan dan menyerang anak adalah diare dan demam berdarah, dan tentu saja penting untuk memastikan sistim kekebalan tubuh sang anak agar tetap terjaga dari sakit penyakit, selain itu kita harus menjaga pola makan sehat, mengatur pola tidur, dan biasakan anak anak mengonsumsi makanan sehat dan yang mengandung vitamin C.

Selain itu, Anda juga harus bias mengontrol anak Anda ketika hujan tiba agar tidak bermain hujan-hujanan karena ketika bermain hujan-hujanan anak akan memiliki daya tahan tubuh yang rendah dan akan rentan dengan penyakit yang akan membuat anak kita akan mengalami sakit yang lebih parah, terutama ketika dalam musim dingin dan musim banjir seperti ini, hal tersebut akan membuat anak-anak lebih sering terkena penyakit jika mereka tidak menjaga daya tahan tubuh mereka.

Sebagai orang tua kita juga harus memberikan vitamin dan makanan yang dibutuhkan oleh anak kita agar anak kita tetap sehat dan fit untuk menghadapi berbagai musim yang ada, dan tentu saja hal tersebut memang akan membuat kita harus ekstra hati-hati menjalani musim hujan seperti ini, apalagi jika daerah kita menjadi daerah banjir yang akan membuat kita lebih rentan terkena penyakit yang ada dan disebabkan oleh daerah banjir tersebut yang sudah pasti kotor.

 

Leave a reply
Buah Untuk Anak? Butuh Banyak?Gejala Umum Malaria Pada Anak 

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!