Mengajari Anak Mengatur Waktu

16 November 2019

Ketika anak sudah bertambah dewasa, anda harus memastikan anak anda dapat mengatur waktu, kemampuan tersebut perlu dilatih sejak anak anda kecil agar semua bisa berjalan dengan baik, anda sendiri tidak perlu merasa khawatir, ada beberapa cara mengajari anak agar dapat mengatur waktu, dan hal tersebut membuat anak dengan baik ketika dirinya sudah dewasa.

Semakin besar, anak tentu saja akan memiliki kegiatan, entah di rumah ataupun di sekolah, agar kegiatan semuanya dapat dilakukan dengan tepat waktu, anda bisa mengajari anak anda untuk mengatur waktu anda.

Hal seperti itu,tentu saja akan membuat anak anda memiliki kegiatan satu dengan kegiatan lainnya tidak bentrok dan akan membuat anak anda kerepotan, pandai mengatur waktu juga mengajarkan anak anda untuk dapat hidup disiplin, menurun Kids Health, anak berusia empat tahun dapat menunjukkan sikap mandiri dan bisa mengatur sesuatu.

Ia sendiri sudah bisa merasa mengandalkan kemampuan mereka sendiri, pada usia tersebut, anda juga sudah bisa mengatur anak anda untuk menjalani kegiatan mereka sehari-hari, jika anak anda makan sendiri, membereskan mainan, mandi, dan aktivitas lainnya akan membuat anda membiasakan anak untuk menjalani berbagai kegiatan sesuai dengan waktu yang anda telah pastikan.

Dan berikut adalah beberapa tips yang anda bisa ikuti agar anak anda memiliki kemampuan untuk mengatur waktu mereka.

  • Buat Jadwal Kegiatan

Untuk membiasakan anak mengatur waktu, ajak anak anda untuk membuat jadwal anak anda sehari-hari, hal ini akan membuat anak anda lebih terarah dalam menjalani kegiatan anak pada hari itu.

Awali jadwal dengan kegiatan sederhana, mulai dari bangun tidur hingga anak tidur kembali, lengkapi jadwal tersebut dengan waktu supaya anak anda juga sudah mengenal waktu dan sudah mengetahui kapan dirinya harus memulai aktivitas sebelum melakukan aktivitas lainnya.

Ajak anak anda melakukan kegiatan dengan alat tulis yang mereka miliki agar lebih menyenangkan, kemudian tempelkan jadwal tersebut agar lebih muda terlihat.

  • Sediakan Waktu Luang

Mengajari anak mengatur waktu bukan berarti anda akan memenuhi seluruh jadwal anak anda dengan seluruh kegiatan, saat membuat jadwal, anda bisa memastikan sang anak membuat jadwal untuk waktu bermain atau waktu luangnya.

Waktu tersebut bisa dimanfaatkan oleh anak anda untuk bermain sendiri, tidur, atau melakukan sesuatu yang anak anda sukai, dengan begitu, anak anda tentu saja tidak merasa terbeban dengan jadwal yang dirinya atau anda buat bersama.

  • Berikan Hadiah

Ketika anak anda bisa mengatur waktu, maka anak anda akan terbiasa dengan jadwal yang mereka buat, ajak anak anda memberi tanda tentang kegiatan yang dirinya buat dengan coretan.

Hal tersebut bertujuan agar anak anda mengerti apa saja kegiatan yang telah dilakukannya di hari tersebut dan telah mengerjakannya dengan baik.

Dan ketika anak anda mulai melanggar jadwal, maka anda bisa mengingatkan hal tersebut kepada anak anda, dan jika anak anda berhasil mengatur jadwal tersebut dengan baik, maka anda juga bisa memberikan hadiah atau pujian, tetapi ingat, anda tidak boleh berlebihan ketika memberikan hal tersebut kepada anak, karena bukan untuk memotivasi melainkan akan memanjakan anak anda apabila anda terlalu berlebihan memberikan anak anda seperti hal tersebut.

  • Jangan Berikan Jadwal Padat

Kebanyakan orang tua melakukan kesalahan dimana mereka mengajari anak mereka mengatur waktu dengan memberikan anak anda jadwal yang memiliki banyak kegiatan, seperti les, dan juga pelajaran di luar sekolah lainnya.

Tidak ada salahnya mengenai hal tersebut, tetapi anda harus memastikan bahwa kegiatan tersebut tidak berlebihan dan malah membuat beban bagi anak anda.

Banyak kegiatan yang akan membuat anak anda menjadi aktif, tetapi jika berlebihan, tentu saja anak anda akan menjadi kewalahan dan juga kelelahan yang akan membuat anak anda bukan menjalankan semua jadwal, maka akan membuat anak anda menjadi sakit dan jadwal anak anda akan menjadi berantakan.

  • Berikan Nutrisi Yang Cukup

Biar anak anda dapat mengikuti semua kegiatan yang telah anda jadwalkan, anak tentu saja perlu energi, dan untuk itulah anda perlu memastikan anak anda kebutuhan nutrisi anak yang tercukupi, disamping terus mengajari cara mengatur waktu.

Siapkan makanan yhang sehat, termasuk memberikan anak anda cemilan, makanan yang sehat tidak akan membuat anak anda menyiapkan energi saja, tetapi juga bisa membantu anak anda fokus dengan kegiatan yang akan dilakukan oleh anak anda.

Dengan begitu, anda bersama anak anda dapat bersama-sama menyelesaikan jadwal yang telah anda buat bersama-sama.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Waspadai Penyakit Mata Si KecilMakanan Untuk Kesehatan Mata

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!