Inilah 5 Tips Supaya Anak Mau Belajar Berenang

29 April 2019

Berenang merupakan sebuah keterampilan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tak hanya itu, belajar berenang sejak dini juga terbukti efektif untuk membentuk postur tubuh anak sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Sayangnya, tidak semua anak mudah untuk diajak belajar berenang. Sebagian anak kerap merasa ketakutan saat pertama kali masuk ke kolam. Apabila tidak ditangani dengan baik, mereka bahkan bisa trauma dan enggan untuk kembali belajar berenang.

Apabila Anda merupakan orang tua yang kesulitan dalam membujuk anak agar mau belajar renang, cobalah ikuti 5 tips di bawah ini:

1. Mulai dari Kolam Kecil

Belajar Berenang

pixabay.com

Setiap tempat renang memiliki ukuran kolam yang bervariasi. Beberapa memiliki ukuran ekstra luas dengan kedalaman kolam yang berbeda, sementara beberapa lainnya menggunakan kolam terpisah khusus anak-anak.

Supaya anak bisa belajar berenang dengan tenang, pilihlah kolam khusus anak yang dangkal dan tidak terlalu besar. Kolam yang terlalu luas dapat membuat anak “terintimidasi” sehingga takut untuk terjun ke air.

2. Berikan Sumbat Telinga dan Kacamata Renang

Belajar Berenang

pixabay.com

Salah satu hal yang membuat anak malas untuk belajar berenang adalah karena air kolam mudah masuk ke telinga dan mata mereka. Selain membuat mereka merasa tidak nyaman, air kolam yang mengandung kaporit juga bisa membuat mata mengalami iritasi.

Untuk mengatasi hal ini, berilah anak sumbat telinga dan kacamata renang. Apabila memungkinkan, Anda juga bisa memberikan mereka tutup kepala ala perenang yang berfungsi untuk melindungi rambut dan telinga dari air.

Cara ini akan membuat anak merasa lebih nyaman sehingga mereka tidak takut untuk memasukkan muka ke dalam air.

3. Cari Pengajar Renang yang Berpengalaman Mengajari Anak Kecil

Belajar Berenang

pixabay.com

Mengajari anak-anak berenang membutuhkan kesabaran ekstra dan teknik khusus. Karena itu, tidak semua orang dapat melakukannya. Supaya aman, carilah pengajar renang yang memiliki pengalaman melatih anak kecil sebelumnya.

Pantaulah perkembangan anak dari minggu ke minggu. Apabila tidak ada kemajuan berarti dalam satu bulan, mungkin Anda harus mengganti pelatih.

4. Rutin Mengajak Anak ke Taman Bermain Air

Belajar Berenang

pixabay.com

Mengajak anak ke taman bermain air merupakan salah satu langkah yang efektif untuk membuat mereka mau belajar berenang.

Ajaklah anak untuk main ke taman bermain air yang memiliki fasilitas cukup lengkap, mulai dari kolam ombak, kolam arus, hingga aneka permainan air yang menyenangkan. Langkah ini sangat efektif untuk membiasakan anak turun ke air.

Tak hanya itu, bermain ke taman bermain air juga bisa menjadi aktivitas bonding yang menyenangkan bersama anak, terutama apabila Anda adalah orang tua sibuk yang menghabiskan lebih banyak waktu di kantor daripada di rumah.

5. Ikut Berenang Bersama Anak

Belajar Berenang

pixabaya.com

Tak peduli sepandai apa pun pelatih renang anak yang Anda pekerjakan, pada akhirnya anak akan merasa jauh lebih termotivasi apabila Andalah yang ikut menemani mereka berenang.

Jangan hanya menonton dari pinggir kolam saja, ikutlah menceburkan diri bersama anak agar mereka merasa lebih aman dan percaya diri.

Selain bisa membuat anak bersemangat untuk belajar berenang, cara ini juga akan menegaskan status Anda sebagai role model bagi anak. Alhasil, anak akan lebih menghormati Anda karena mau memberikan contoh secara langsung.

Itulah 5 tips untuk supaya anak mau belajar berenang. Sebagai tambahan, dukungan Anda sebagai orang tua sangat berpengaruh terhadap keinginan belajar si kecil. Karena itu pastikan Anda terus mendampingi anak sampai mereka mahir berenang sendiri. Semoga berhasil!

Leave a reply
Awas! Inilah 5 Tanda si Kecil jadi Korban Bullying di SekolahJadikan Rumah Lebih Nyaman bagi Anak dengan 4 Perubahan Kecil Ini
All comments (1)
  • Newsteen
    26 January 2020 at 15:02

    Ini yang ibu sering lupa, beri sumbat telinga pada anak ketika dia berenang

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!