5 Contoh Gambar Buatan Anak dan Maknanya

13 June 2019

Si kecil suka menggambar? Berarti otak kreatifnya terasah sejak dini. Di usia dini, anak sudah mulai mengenal dan memahami bentuk serta warna. Kegiatan menggambar merupakan salah satu hal yang menyenangkan bagi mereka. Tapi, tahukah Anda, ada beberapa contoh gambar buatan anak dan maknanya?

Tidak hanya kegiatan menyenangkan, menggambar merupakan sarana berekspresi si kecil. Bisa jadi, sesuatu yang sulit mereka ungkapkan dengan kata-kata dapat terbaca lewat gambar hasil karya mereka. Inilah lima (5) contoh gambar buatan anak dan maknanya:

Gambar monster atau mahluk mengerikan lainnya

Contoh Gambar Buatan Anak dan Maknanya

pixabay.com

Jangan panik dulu bila melihat si kecil hobi menggambar yang seram-seram seperti ini. Bila si monster merupakan fokus utama gambar, ada kemungkinan anak ingin dilihat sebagai pribadi yang kuat. Meskipun belum tentu karena menonton film horor, bisa jadi karakter monster itu terinspirasi dari buku cerita anak atau film kartun.

Namun, bagaimana bila anak malah menggambar monster saat diminta menggambar orang? Ini salah satu contoh gambar buatan anak dan maknanya yang harus diwaspadai: mungkin anak sedang mencemaskan sesuatu. Ini berlaku bila sosok monster ini berasal dari seseorang yang ditakutinya di dunia nyata.

Gambar rumah

Contoh Gambar Buatan Anak dan Maknanya

pixabay.com

Rumah merupakan salah satu objek yang sering digambar anak-anak saat kecil. Sebagai salah satu contoh gambar buatan anak dan maknanya, kita bisa perhatikan detail-detail yang ditambahkan si kecil pada rumah buatannya.

Bila rumah yang digambar anak berdetail lengkap, seperti ada pintu, jendela, dinding, dan atap, berarti dia merasa aman di dalam rumahnya. Bila pintunya banyak dan besar, berarti dia anak yang berkepribadian terbuka.

Namun bila rumah yang digambar si kecil sangat sederhana dan cenderung mirip penjara, kemungkinan ada sesuatu yang membuatnya tidak nyaman berada di rumahnya sendiri.

Benda-benda di angkasa

Contoh Gambar Buatan Anak dan Maknanya

pixabay.com

Matahari, bulan, bintang, awan, dan pelangi merupakan benda-benda langit yang sering digambar si kecil. Bila matahari dan pelangi yang digambar, berarti anak sedang merasa senang dan positif. Begitu pula bila langit malamnya berhiaskan bintang-bintang dan bulan purnama.

Namun, waspadai bila gambar matahari ditutupi awan oleh si kecil. Contoh gambar buatan anak dan maknanya yang paling jelas soal ini bila langitnya mendung atau hujan. Ada kemungkinan si kecil sedang merasa sedih karena sesuatu.

Anggota keluarga

Contoh Gambar Buatan Anak dan Maknanya

pixabay.com

Inilah contoh gambar buatan anak dan maknanya yang juga paling jelas. Bila suasana rumah baik-baik saja, si kecil biasanya menggambar Papa, Mama, Kakak, dan dirinya seperti foto keluarga bahagia. Misalnya: bergandengan tangan sambil tersenyum atau sambil membawa hati.

Kebalikannya, suasana rumah mungkin sedang bermasalah bila si kecil menggambar Papa yang sedang terbakar. Tapi, bisa jadi ini juga pengaruh tontonan televisi yang tidak sesuai umurnya. Misalnya: berita kebakaran. Bisa jadi si kecil takut hal yang sama menimpa keluarganya, terutama karena imajinasinya yang tinggi.

Hanya menggunakan satu warna

Contoh Gambar Buatan Anak dan Maknanya

pixabay.com

Ini bukan karena si kecil sedang kehabisan spidol, krayon, atau pensil berwarna. Bila anak cenderung menggunakan satu warna saja, perhatikan nuansanya. Bila warna-warna gelap seperti hitam lebih sering dia gunakan, kemungkinan anak sedang merasa sedih dan kecewa karena sesuatu.

Ada anak yang memang pemalu dan sulit mengungkapkan perasaannya. Anda dapat membaca pesan tak tersirat si kecil lewat gambar buatannya. Namun, sebaiknya dekati mereka pelan-pelan. Jangan memaksa anak untuk langsung bercerita. Awali dengan bujukan seperti: “Adik lagi sedih? Mau cerita sama Papa/Mama?”

Inilah lima (5) contoh gambar buatan anak dan maknanya. Semoga si kecil hanya berimajinasi tinggi, namun tetap bahagia.

Leave a reply
Anak Hanya Dekat dengan Salah Satu Orang Tua? 3 Hal Ini Mungkin PenyebabnyaKenali 5 Mitos Parenting yang Salah

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!