5 Kiat Menambah Kepercayaan Diri Anak Pemalu

19 March 2019

Jika Anda mengalami kesulitan untuk menambah kepercayaan diri anak pemalu, maka ketahuilah bahwa sejatinya hal tersebut juga dirasakan oleh banyak orang tua lain.

Sifat pemalu pada anak sebagian besar bukanlah bawaan dari karakter asli si anak. Ada banyak faktor yang berpengaruh dalam pembentukan kepribadian anak di usia dini. Bahkan, anak-anak dengan sifat pemalu bawaan pun sebenarnya masih bisa dilatih untuk menjadi lebih percaya diri di depan orang banyak.

Untuk membantu Anda menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri anak, cobalah 5 kiat berikut ini:

Membiarkan si Kecil Bermain dengan Teman Sebaya

Teman-teman sebaya anak adalah jalur termudah untuk menambah kepercayaan diri anak, serta memperluas pergaulannya. Cobalah untuk lebih sering membiarkan anak Anda bermain dengan anak-anak lainnya baik di rumah sendiri atau di luar rumah.

Apabila si kecil rewel, Anda dapat menemaninya bermain sebentar. Ketika ia sedang asyik, maka diam-diam tinggalkan saja si kecil untuk mengawasinya dari jauh. Meski pada awalnya ia bisa saja menangis, lama-kelamaan si kecil akan terbiasa untuk berinteraksi dengan orang lain tanpa kehadiran Anda.

Memaksimalkan Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter punya peran yang besar dalam pembentukan kepribadian anak. Untuk memaksimalkan hal tersebut, cobalah untuk mencari tahu penyebab utama mengapa si kecil merasa malu untuk berinteraksi dengan orang lain atau tampil di muka umum.

Penting untuk diingat bahwa pendidikan karakter sangat dipengaruhi oleh sifat dan perilaku yang ditunjukkan oleh orang tua di rumah. Apabila Anda ingin anak memiliki karakter yang percaya diri, Anda pun harus bersikap percaya diri di depan mereka.

Perbanyak Interaksi dengan Lingkungan Sekitar

Banyak berinteraksi dengan lingkungan sekitar akan menambah kepercayaan diri anak. Interaksi yang dimaksud tidak hanya membiarkan anak bermain dengan anak seusianya, tapi juga membiasakan anak untuk hadir di tengah-tengah orang banyak.

Salah satu cara yang bisa  Anda lakukan adalah dengan menggelar acara keluarga atau arisan di rumah. Mintalah tamu-tamu Anda untuk membawa anak mereka yang masih kecil supaya anak Anda bisa berinteraksi dengan lebih mudah.

Meminta Bantuan Guru di Sekolah

Menambah kepercayaan diri anak sebaiknya tidak hanya dilakukan di rumah, tapi juga di lembaga pendidikan formal seperti sekolah. Anda bisa meminta bantuan guru atau wali kelas untuk menambah intensitas interaksi dengan anak.

Anda pun bisa meminta guru-guru untuk lebih sering meminta anak Anda maju ke depan kelas untuk mengerjakan soal, serta menyuruhnya untuk mengajari teman-teman lain yang belum memahami pelajaran.

Membantu Anak Menemukan Minat dan Bakatnya

Memiliki minat di bidang tertentu dapat membantu anak untuk tampil lebih percaya diri. Apalagi jika minat tersebut ternyata mampu mengeluarkan bakat terpendam anak Anda.

Anak yang pemalu biasanya memiliki kelebihan yang jarang diperlihatkan pada orang lain. Akan tetapi Anda selaku orang terdekat harusnya bisa mengetahui minat dan bakat apa yang ada dalam diri si kecil.

Doronglah ia untuk terus mengembangkan minat dan bakatnya. Anda pun bisa mencoba untuk memasukkan anak ke lembaga kursus yang sesui dengan minatnya. Hal ini akan sangat membantu dalam menambah kepercayaan diri anak secara perlahan-lahan.

Itulah beberapa kiat untuk menambah kepercayaan diri anak. Akhir kata, membuat anak pemalu tampil lebih percaya diri membutuhkan proses yang panjang. Oleh sebab itu Anda harus bersikap konsisten untuk mengubah kebiasaan tersebut.

 

Leave a reply
3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memasukkan Anak ke Tempat LesYuk, Ajari Anak untuk Mencintai Alam Sejak Dini Melalui 3 Aktivitas Ini!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!