Ini Dia Penyebab Anak Umur 2 Tahun Susah Makan

13 February 2019

Mengurus buah hati adalah hal yang paling membahagiakan buat Ayah Bunda. Namun, betapa khawatirnya Ayah Bunda saat anak anda sudah berusia dua tahun, sedang aktif-aktifnya, tapi buah hati anda ternyata susah makan. Padahal untuk menunjang tumbuh kembangnya, anak harus makan-makanan yang bergizi. Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab anak anda susah makan? Intip jawabannya di bawah. Kami akan mengupas tuntas penyebab anak umur 2 tahun susah makan.

Bosan dengan Menu Makanan

Betul sekali, bisa jadi anak anda tidak mau makan karena bosan dengan menu makanan yang ada, serta cara penyajiannya. Terlebih saat usianya di bawah 2 tahun, menu makanan buah hati anda biasanya campur aduk. Anda sebagai orang dewasa pun pastinya bosan bukan kalau setiap hari makan dengan menu yang sama, begitupun buah hati anda.

Untuk menghindari kebosanan si kecil, salah satu cara mengatasi anak umur 2 tahun susah makan adalah variasi menu. Buatlah menu yang tidak dicampur aduk dan memiliki tampilan yang menarik. Apalagi jika tampilan makanannya bisa menyerupai tokoh kartun favorit si kecil.

 

Camilan Sebelum Makan

Ini akibatnya kalau anak diberikan camilan padat kalori sebelum makan, anak umur 2 tahun jadi susah makan karena sudah kenyang terlebih dahulu. Makanan padat kalori ini antara lain permen, cokelat, dan kue dengan kandungan karbohidrat dan MSG yang tinggi. Sebenarnya boleh-boleh saja membeli camilan, tapi aturlah watunya supaya jauh dengan jarak makan, yakni antara 2 – 3 jam sebelum makan. Berikanlah camilan sehat buat si kecil antara lain, potongan buah, sayur kukus, yoghurt, es krim dan kue buatan sendiri.

Terlalu Banyak Minum Susu

Susu tidak bisa menggantikan makanan utama seperti nasi dan lauk pauk ya, Ayah Bunda. Melatih anak untuk makan dengan teratur memang tantangannya besar, kadang kala orang tua khawatir anaknya kelaparan karena tidak mau makan, akhirnya makanan tersebut digantikan oleh susu yang berlebihan. Padahal, setelah anak anda berusia lebih dari 1 tahun, susu itu bukanlah makanan wajib. Susu hanya memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Bahkan kalsium dan fosfor bisa kita temukan juga di kandungan ikan, sayur mayur, dan buah-buahan. Mulai dari sekarang kurangi konsumsi susu anak anda. Kebutuhan susu hanya dua gelas per hari atau kurang lebih 500 ml.

Kebiasaan Orang Tua

Sudah rahasia umum bahwa anak itu meniru kebiasaan orang tua. Apabila anda tipikal orang tua yang malas makan, maka anak anda pun akan meniru kebiasaan tersebut. Jadi, jangan heran apabila anak umur 2 tahun susah makan, karena anda sebagai orang tua tidak memberikan contoh supaya anak gemar makan makanan yang bergizi. Oleh karena itu, ubah kebiasaan anda. Perlihatkan pada anak bahwa orang tuanya mempunyai jadwal makan tiga kali sehari yang teratur dan makan-makanan yang bergizi. Hindari juga menyuapi anak anda hingga usia masuk sekolah karena akan membuat anak anda tidak terlatih makan sendiri dan tidak mandiri.

Anak Anda sedang Sakit

Bisa jadi penyebab anak umur 2 tahun susah makan karena sakit di area gigi, gusi, dan tenggorokan. Penyebab utama sakit di area gusi biasanya adalah sariawan. Sariawan sendiri letaknya tersembunyi, oleh karena itu orang tua sering tidak menyadari bahwa penyebab anak susah makan karena merasakan sakit di area mulut. Oleh karena itu, selalu perhatikan perilaku anak anda. Apabila anak anda yang sehari-harinya riang gembira kemudian mendadak pendiam, bisa jadi karena dia merasa tidak enak badan sehingga menyebabkan buah hati anda tidak nafsu makan.

Demikian beberapa penyebab anak umur 2 tahun susah makan dari kami. Semoga berguna informasinya Ayah Bunda. Terus semangat melatih anak anda untuk makan makanan yang bergizi ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Ini Dia 6 Rekomendasi Mainan Anak Usia 2 Tahun yang EdukatifIni Lho 4 Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Agar Disiplin

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!